Login

Email
Password


Mybody

Trik atau cara mengatasi PMS

16 Februari 2018

PMS atau Pre Menstrual Syndrome adalah siklus yang pasti bakal kita sebagai cewek lewatin sebelum ngadepin PMS. Mulai dari kram perut, mood swing, kembung sampe pusing adalah gejala yang paling umum bakal kita rasain dan biasanya hal ini terjadi 5-10 hari sebelum menstruasi (haid). Sindrom ini tentunya bakal berpengaruh banyak sama aktivitas kita sehari-hari, bahkan nggak jarang lho beberapa cewek yang akhirnya milih stay di kamar daripada bikin perang dunia. Nggak mau kan ngalamin kayak gini? Buat ngindarin resiko yang nggak kita inginkan, ini ada beberapa cara dan tips buat mengatasi PMS biar nggak makin ribet!

 

1. OLAHRAGA

Ini adalah cara yang paling efektif buat ngilangin PMS. Olahraga setidaknya 2 - 3 kali seminggu 30 menit sehari akan meningkatkan mood dan menyalurkan energi sehingga lelah apalagi bad mood akan hilang. Paling bagus lagi kalo kita berolahraga di luar ruangan, sesimple jalan keliling komplek sambil menghirup udara luar pagi hari itu udah bikin perasaan kita segar lho!

 

2. HINDARIN CAFFEINE DAN GULA

Ini penting banget. Kafein dan gula ternyata hanya bikin PMS kita malah tambah parah. Bukan berarti dilarang nggak minum, hanya aja dikurangi atau dibatasi konsumsinya. Atau selama PMS atau menstruasi (haid) kafein dan gula bisa diganti dengan teh hijau dan madu.

 

3. UBAH MOOD DENGAN MELAKUKAN HOBI YANG KITA SUKA

Punya hobi baca buku, nyanyi di karaoke, atau jalan-jalan window shopping? Lakukan semua hobi itu kalo PMS kita datang. Melakukan hobi yang kita suka akan meningkatkan mood dan mengalihkan fokus, yang tadinya sibuk mikirin PMS, dengan melakukan hobi yang kita suka kita bakal nggak akan sadar sama PMS yang lagi datang. Kalo perlu ajak teman-teman untuk melakukan hobi yang kita suka biar makin seru.

 

 

4. BOOSTING MOOD DENGAN MAKANAN

PMS is also the time buat kita excuse makan banyak. Tapi bukan berarti makan sembarangan ya dan kita juga harus mengatur timingnya supaya malah nggak bloated (perut kembung). Menurut everydayhealth, lebih baik makan porsi kecil secara sering daripada makan porsi besar 2 - 3 kalil dalam sehari. Apalagi kalo porsi besarnya terdiri dari karbohidrat yang justru malah memperparah mood swing PMS karena kadar gula darah kita naik turun. Coba makan enam meals sehari supaya kadar gula darah kita tetap seimbang. Selain itu, pilih makanan yang kaya kalsium ya.

 

5. BEBAS DIRI DARI STRESS

Believe it or not, kesalahan terkecil bikin mood hancur. Misalnya pacar telat jemput 3 menit udah kayak berasa 3 jam dan akhirnya bikin kita jadi stress sendiri. Stress di kala PMS akan bikin PMS kita makin parah. Kalo ketemu kejadian yang nggak ngenakin, coba deh tarik nafas dan relaks-in pikiran kita. Lalu, misalnya kita punya unek-unek, coba tuangin di tulisan (bikin blog) atau curhat sama temen (jangan sama social media, yang ada malah tambah drama). Intinya, usahain selama PMS jangan menyiksa diri sendiri sama stress. If anything happens, better sleep hehe...

 


Foto : Shutterstock & Cockatoo Design.

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.