Login

or

Email
Password


Mybody

SERING LUPA RAWAT BAGIAN TUBUH INI?

19 November 2017


Meski cewek relatif lebih sering dan rajin ngebersihin dan merawat tubuh, pasti kita sebenernya juga kerap kali ngelupain beberapa bagian tubuh kita. Bukan karena males, tapi lebih kepada nggak ngeh dan kelupaan karena letaknya yang tersembunyi dan bahkan ada yang nggak keliatan mata. Hmmm, coba yuk mulai perhatiin bagian tubuh yang ini.

 

BELAKANG TELINGA DAN DAUN TELINGA

Setiap kali membersihkan telinga dengan cutton bud, pasti area utama yang kita bersihkan adalah lubang telinga. Tapi ngaku deh kalo kita sering banget skip sama daun telinga dan belakang telinga. Padahal, produksi minyak di area tersebut yang bercampur dengan kotoran, nyebapin daerah tersebut menimbun kotoran, apalagi dengan bentuknya yang berlipat dan susah untuk dibersihkan. Untuk area daun telinga, gunakan cutton bud yang sudah diolesi baby oil atau lotion, agar kotoran lebih mudah terangkat di sela area yang sulit untuk terjangkau. Sementara untuk area belakang telinga, biasain untuk membersihkannya di saat kita sedang menjalankan rutinitas membersihkan wajah dan makeup sebelum tidur. Menggunakan kapas, bubuhkan micellar water atau cleansing lotion, dan mulai bersihkan area ini dengan perlahan.

LEHER DAN TENGKUK

Lagi-lagi area ini sering kali kita skip saat membersihkan makeup dan kotoran setiap harinya, karena kita biasanya hanya fokus di area wajah. Karenanya mulai biasain untuk menjangkau area ini setiap kali kita melakukan rutinitas membersihkan wajah setiap harinya. Lipatan-lipatan yang ada di leher, serta bagian tengkuk yang sering terpapar sinar matahari, jadi sarang kuman dan kotoran yang menumpuk lho girls! Ada juga cara tradisional yang bisa dicoba buat mencerahkan kulit leher kita. Yang pertama adalah menggunakan parutan kulit jeruk yang ditambah air jeruk; yang kedua menggunakan parutan kentang halus; yang ketiga menggunakan campuran blenderan jus lemon dan kentang. Oleskan bahan-bahan tersebut pada leher selama 10 menit, dan bersihkan menggunakan air dingin.

AREA PUNGGUNG

Sebel banget kan kalo area punggung kita jerawatan, pas pake backless atau baju renang kita jadi super nggak pede. Karena area ini paling susah dijangkau, buat gampangnya sediain sabut mandi atau sikat lembut yang panjang sehingga memudahkan kita buat membersihkannya setiap kali mandi. Buat perawatan extra, jangan pernah skip memberikan lotion atau baby oil di bagian punggung supaya kelembapannya terjaga. Buat menghindari jerawat punggung, selalu jaga pola makan kita, dan jangan males mengganti baju saat kita keringetan, karena ini adalah penyebab utama munculnya jerawat punggung.

LIPATAN SIKU DAN SIKU

Siku adalah salah satu area yang kering dari tubuh kita. Makanya setiap kali mandi, gosok siku dengan perlahan menggunakan jus lemon untuk membersihkannya dari kulit mati. Jangan lewatkan juga bagian lipatan yang biasanya akan sangat kotor dengan daki saat kita berkeringat. Hiiii! Untuk menjaganya dari kekeringan, jangan pernah lewatin penggunaan lotion yang ekstra di bagian siku ya girls.

LIPATAN BELAKANG LUTUT DAN LUTUT

Pernah wondering nggak kenapa lutut selalu terlihat lebih hitam dari bagian tubuh kita yang lain? Itu karena kita seringkali menggunakan lutut sebagai tumpuan saat duduk. Lutut juga sama seperti siku, merupakan salah satu area terkering yang ada di tubuh kita. Untuk mencerahkannya, ada beberap cara yang bisa dicoba, tapi salah satu yang paling mudah dan murah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan perasan lemon yang dicampur dengan garam dan baking soda, lalu gosokkan secara rutin selama seminggu. Bisa juga menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun untuk mencerahkan kulit lutut.

Nggak cuma lutut, belakang lutut juga merupakan sarang kotoran dan keringat karena merupakan area lipatan. Kebayang dong kalo kita jarang ngebersihin area ini. Jadi jangan pernah skip area ini saat mandi, dan lengkapi dengan penggunaan lotion untuk melembapkan. 

LIPATAN SELANGKANGAN DAN BOKONG

Dua bagian ini juga sering kali terlupa untuk dirawat. Untuk mencerahkan lipatan selangkangan yang biasanya menghitam, gunakan scrub atau lulur mandi secara rutin, dan diamkan selama 15-20 menit. Oleskan juga pada bagian bokong untuk mendapatkan kulit bokong yang halus dan bebas noda hitam jerawat. Untuk menjaganya agar tetap lembap, gunakan lotion secara rutin setiap habis mandi ya girls.

TUMIT DAN SELA JARI KAKI

Suka sebel liat tumit kita yang kasar dan pecah-pecah? Belum lagi sela jari yang kotor bisa nyebapin bau, serta kapalan di beberapa bagian karena pemakaian sepatu. Duh, nggak oke banget deh pokoknya. Kalo pedicure terlalu makan waktu, biasain sediain batu apung di kamar mandi. Gunain setiap kali kita mandi untuk membersihkan area kasar di tumit dan jari kaki. Buat perawatan ekstranya, seminggu sekali kita bisa rendam kaki dalam larutan lemon selama 15 menit, lalu  gosok perlahan menggunakan batu apung area tumit dan jari, kemudian bilas. Bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Buat melembutkannya, kita bisa ngolesin lotion, petroleum jelly, minyak kelapa atau minyak zaitu sebelum tidur, dan bungkus kaki dengan kaos kaki. Lakuin ini rutin selama seminggu.

 


Images source : shutterstock, etc

Related Articles

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.