Login

Email
Password


Mybody

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

TIDUR YUK!

Biar sehat, banyak orang lebih mentingin olah raga dan jaga pola makan. Padahal, tidur yang berkualitas dan teratur juga nggak kalah penting. Soalnya, selama kita tidur, tubuh menyimpan energi buat kita beraktivitas besok. Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem  pembuangan alami (hati, ginjal, dan sirkulasi darah) juga bisa bekerja dengan lebih baik.

Makanya, kalo tiap hari kita nggak ngasih tubuh istirahat yang cukup, apalagi tidur yang berkualitas, efeknya bisa ‘kemana-mana’. Yang paling parah, tubuh jadi rentan kena macam-macam penyakit, mulai dari diabetes, kanker, stroke, sampai obesitas. 

 

Berapa Jam Sehari?

Jangan kurang, tapi juga nggak boleh sampai kelebihan. Apalagi, ternyata kebutuhan tidur tiap orang nggak sama. Untunglah National Sleep Foundation (NSF) punya rekomendasi lama waktu tidur yang ideal berdasarkan umur.

Untuk kelompok umur 14 sampai 17 tahun, waktu tidur yang ideal menurut NSF adalah 8 sampai 10 jam dalam sehari. Sedangkan untuk kelompok umur 18 sampai 25 tahun, waktu tidur sebanyak 7 sampai 9 jam per hari, udah cukup.

 

Bye-bye, Insomnia!

Biar lebih nyaman dan bisa tidur berkualitas, cobain tips dan trik berikut ini:

Hindari minum kopi atau minuman berkafein. Terutama waktu udah sore atau malam menjelang tidur. Kafein bakal mempengaruhi otak selama 9-12 jam. So, kalo kepingin bisa tidur jam 11 malam, jangan minum kopi setelah jam 11 siang.

Pas mau tidur, jangan cek Instagram, main game, browsing internet, atau Netflix-an. Biasain kasur jadi tempat untuk tidur atau istirahat doang.

Bikin ritual yang soothing, kira-kira 30 menit sebelum waktunya tidur. Misalnya, habis cuci muka dan gosok gigi, pakai body lotion, trus pasang musik, baru deh rebahan.

Matiin lampu karena Melatonin (hormon tidur) cuma bisa diproduksi tubuh kalau suasana gelap. Pastiin juga layar TV dan komputer mati, karena cahaya dari sana bisa nipu jam biologis kita seakan-akan di luar masing terang dan belum waktunya tidur.

Waktu bangun, langsung nyalakan lampu dan buka jendela kamar. Suasana terang bikin jam biologis yang peka cahaya bisa ngenalin waktu pagi dan malam hari dengan pas.

Bikin suasana kamar dan tempat tidur yang enak. Atur suhu kamar dan pake baju tidur yang nyaman. Kalo pas lagi haid, pakai pembalut super tipis seperti Softex Comfort Slim 36cm yang berdaya serap tinggi, biar nggak bolak-balik bangun buat ganti di tengah malam.

Napas yang teratur bisa ngubah kerja jantung dan tekanan darah, dua sistem tubuh yang berhubungan erat sama rasa kantuk. Jadi kalo kamu udah kepingin tidur tapi nggak bisa, cobain deh metode latihan pernapasan 4-7-8; tarik napas 4 detik, tahan selama 7 detik, trus keluarin dalam 8 detik. Lakukan berkali-kali.

 

Happy sweet dream!


foto: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.