Login

Email
Password


Mybody

OSTEOPOROSIS

Kebanyakan dari kita kurang memperhatikan tulang, padahal tulang adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting dan merupakan investasi jangka panjang. Entah karena tidak terlihat mata, atau karena tulang seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan kalo udah tua nanti. Biarpun gak kita rasain sekarang, tapi kalo gak dirawat dari sekarang akibatnya akan lebih besar nantinya.

 

Dan faktanya, menurut The International Osteoporosis Foundation, cewek terutama dari etnis Asia adalah yang paling rentan terkena osteoporosis. Hal ini karena berbagai sebab, salah satunya asupan kalsium cewek Asia sangat rendah dan 90% ngalamin intoleransi laktosa. Selain itu, struktur cewek Asia lebih kecil dibanding etnis lain. Makanya massa tulangnya lebih rendah daripada massa tulang etnis lain pada umumnya.

 

APA ITU OSTEOPOROSIS

Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah penipisan dan hilangnya densitas tulang (massa tualng) yang berkelanjutan. Yang bikin tulang jadi lebih keropos, rapuh, dan mudah patah biarpun terkena benturan kecil.

Cewek yang udah ngalamin menopause (haid/menstruasinya berakhir) akan lebih berisiko terkena osteoporosis, tapi bukan berarti yang remaja gak bisa kena, terlebih bila tidak cukup nutrisi.

Osteoporosis seringkali gak terdeteksi. Sampe si penderita ngalamin sakit tulang, penurunan tinggi badan, nyeri punggung, dan sebagainya. Osteoporosis sering terjadi pada panggul, pergelangan tangan atau tulang belakang. Namun semua tulang bisa terkena, dan beberapa tulang yang rusak gak bisa sembuh terutama tulang panggul.

 

KAYAK GIMANA GEJALANYA?

Pada awalnya gak ada gejalanya berarti. Namun seiring berjalannya waktu akan muncul gejala berikut:

 

SEBABNYA KENAPA SIH?

Dilansir dari HelloSehat, penyebab utama osteoporosis adalah penuaan. Yang nyebabin penurunan estrogen pada cewek pas menopause dan penurunan testosteron (hormon pria) pada cowok. Tapi dengan catatan, penyebab ini adalah penyebab umum.

Pembentukan tulang normal butuh mineral kalsium dan fosfat. Kalo tubuh kekurangan kalsium dari makanan, produksi tulang dan jaringan tulang bisa terganggu. Yang musti diingat, tulang kita selalu melakukan regenerasi tulang (pembaharuan, tulang baru dibuat dan tulang lama dirusak). Ini proses alami buat tubuh memaintenance dirinya sendiri. Pas muda, tubuh kita bikin tulang baru lebih cepat dari perusakan tulang dan massa tulang kita akan bertambah. Massa puncak tulang ketika kita berumur 20 tahunan. Semakin tua, massa tulang akan lebih cepat rusak dibanding pembentukannya. Osteoporosis itu tergantung pada banyak massa tulang yang kita capai pas muda.

Mudah gini, semakin tinggi massa tulang yang kita simpan pas muda, akan semakin sedikit kemungkinan kita menderita osteoporosis pas tua nanti. Itu kenapa kita harus rajin menjaga tubuh pas muda biar pas tua gak menderita.

 

FAKTOR RESIKO & BAD HABIT YANG BISA NYEBABIN OSTEOPOROSIS

 

BAD HABIT:

 

APA YANG MUSTI KITA LAKUKAN UNTUK MENJAGA TULANG?

 

Yuk jaga kesehatan tulang kita buat investasi masa depan!


Foto: Shutterstock    

Related Articles

Sehat dengan Tidur

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.