Login

or


Email
Password

Mybody

PERUBAHAN FISIK PEREMPUAN SAAT PUBER

Pubertas atau puber adalah salah satu tanda kita udah mulai menginjak usia remaja, dan tanda ini biasanya terlihat dengan adanya perubahan fisik, organ vital, dan emosi yang dipicu oleh kerja hormon. Tentang pubertas, kamu bisa baca lengkap di artikel “APA ITU PUBERTAS?” namun secara fisik, umumnya perubahan perempuan saat puber bisa terlihat seperti yang tertulis di bawah ini.

 

FYI, masa puber anak perempuan biasanya datangnya lebih cepat dibanding laki-laki, yaitu antara umur 10 – 13 tahun, tapi pubertas tiap anak datangnya berbeda-beda sehingga nggak perlu takut kalo misalnya waktu puber kita belum datang sementara teman yang lain sudah. Nah tahapan perubahan atau perkembangan fisiknya sendiri adalah:

 

PAYUDARA MULAI TUMBUH

Ini yang paling terlihat ketika anak perempuan mulai masuk ke masa puber, berkembangnya kedua payudara. Puting payudara mulai tumbuh dan areola (area kehitaman di sekitar puting) juga mulai membesar. Ini saatnya kita mulai nyari ukuran bra yang tepat! Gimana caranya? Baca di artikel “SERBA SERBI BRA”.

 

MUNCUL RAMBUT-RAMBUT ATAU BULU HALUS

Umumnya akan tumbuh di beberapa bagian tubuh seperti ketiak atau di area Miss V. Tergantung hormone ataupun faktor lainnya, munculnya rambut atau bulu ini bisa lebat ataupun halus (tipis), mungkin sebagian dari kita akan merasa terganggu dengan munculnya rambut-rambut apalagi yang lebat dan di daerah yang tidak diinginkan.

 

BENTUK TUBUH AKAN BERUBAH SEIRING BERTAMBAHNYA LEMAK TUBUH

Tubuh kita mulai berlekuk dan memiliki bentuk. Hal ini bisa terlihat pada area dada, paha, lengan, pinggang, panggul, dan bokong. Selain itu, tinggi kita juga akan bertambah dengan rata-rata bertambah sekitar 8 cm per tahunnya. Tinggi badan dipengaruhi paling banyak oleh gen ayah daripada gen ibu, namun tetap ada faktor lifestyle dan lingkungan ya.

 

MUNCUL JERAWAT AND THE GANGS!

Perubahan hormon di tubuh akan memicu kelenjar minyak untuk bekerja, terutama di wajah. Sehingga -mau nggak mau- mendatangkan ‘tamu tak diundang’ seperti jerawat, komedo, berminyak, dan lain sebagainya. Di saat ini, kita udah harus aware dengan perawatan wajah yang pas untuk kulit remaja, nggak kurang dan nggak berlebihan. Nah perawatan remaja apa aja yang kita butuhkan? Cari tahu di artikel TIPS KEBERSIHAN BUAT YANG BARU PUBER”.

 

HALO MENSTRUASI (HAID)

Nah ini dia si tamu bulanan yang ditunggu-tunggu! Finally dari seluruh tanda puber yang udah muncul, akan diakhiri dengan datangnya menstruasi (haid). Pada saat inilah kita musti lebih ekstra lagi menutrisi dan menjaga kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental.

Salah satu yang paling penting adalah memilih pembalut yang cocok dan bisa menjaga kesehatan Miss V kita. Pakai rangkaian Softex Hello Kitty yang punya berbagai ukuran yang pas untuk satu siklus menstruasi (haid) kita!

 

Selain perubahan fisik di atas, ada beberapa perubahan lainnya dan kadang perubahan fisik ini dikira nggak normal. Coba cari tahu apa aja perubahan fisik tersebut di artikel "5 PERUBAHAN FISIK YANG ANEH PAS PUBER TAPI SEBENARNYA NORMAL"


Foto: Shutterstock, Unsplash (Rahmani Kresna)

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.