Login

Email
Password


Mybody

PAYUDARA BESAR SEBELAH, NORMAL NGGAK SIH?

13 Juni 2018

Ukuran payudara adalah salah satu hal yang umum kita concern-in sebagai cewek. Mau itu umur berapapun. Apakah besar, kecil dan berapa ukuran payudara normalnya. Tapi nggak banyak yang tahu kalo sebenarnya payudara itu nggak selalu berukuran sama sebelah kanan dan kirinya, hmm ini normal nggak ya?

 

Payudara yang besar sebelah, atau payudara asimetris adalah kondisi dimana sepasang payudara cewek punya perbedaan dalam ukuran, bentuk, posisi, atau pun juga volume kedua payudaranya. Payudara asimetris ini umumnya menonjol perbedaannya pas kita lagi dalam masa puber dan akan seimbang seiring kita bertambah dewasa, tapi ada juga nggak. Menurut sebuah penelitian di European Journal of Plastic Surgery, ada sekitar 47% cewek yang punya payudara asimetri. Bahkan sampai sebuah brand pakaian dalam ThirdLove ngeluncurin bra khusus untuk payudara asimetris.

 

KENAPA PAYUDARA KITA BISA BESAR SEBELAH?

Sebelumnya kita pahami dulu yuk anatomi payudara. Dilansir dari HelloSehat, payudara adalah kelenjar lemak yang terletak di bagian depan dinding dada. Berat rata-rata payudara bisa mencapai 200-300 gram, dan pada dasarnya terbentuk dari 12 hingga 20 lobus yang tersebar dari puting, layaknya jari-jari kerangka roda sepeda. Dilihat dari anatomi ini, sebab kenapa payudara kita bisa besar sebelah adalah:

  1. Berubah sesuai dengan siklus tubuh yang kita alami. Misalnya pas lagi siklus ovulasi, payudara kita kayak lagi kencang, full, dan sensitif. Dan selama siklus menstruasi, payudara kita akan kembali mengempis atau kecil.
  2. Perubahan hormon estrogen. Terutama ketika masa puber sampe akhir masa pubertas.
  3. Adanya indikasi suatu penyakit seperti tumor atau kanker. Tanda-tanda penyakit ini nggak selalu ditandai dengan daging lebih atau benjolan, kalo kita tiba-tiba menyadari ada yang aneh dengan payudara kita, seperti perubahan yang signifikan hingga sampe beda dua cup lebih besar dari sisi lainnya, segera cek ke dokter ya.
  4. Cedera traumatis.

 

TIPS BUAT SI PAYUDARA ASIMETRIS

Dalam keadaan normal, payudara asimetris nggak perlu perhatian khusus. Make sure kita udah pilih bra yang cup-nya pas dengan sisi payudara kita yang lebih besar. Kalo misalnya kesulitan untuk nemuin bra asimetris, coba siasatin dengan ‘menambal’ sisi lainnya pake bantalan bra supaya seimbang.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.