Login

Email
Password


Mybody

MY FIRST HAID Q & A

05 Februari 2018

Buat setiap cewek, haid pertama selalu jadi pengalaman yang berkesan dan nggak terlupakan. Ada aja cerita di balik peristiwa kedatangan tamu bulanan pertama itu. Tapi setelahnya, timbul juga pertanyaan-pertanyaan lain di benak kita, yang biasanya sungkan buat kita tanyain ke Mama atau Kakak cewek kita. Tenang girls, mungkin jawaban dari pertanyaan kita itu bisa didapatkan di sini.

1. KENAPA SIH HAID BISA TERJADI?

Saat seorang cewek udah mengalami masa pubertas, maka secara otomatis tubuhnya memberikan tanda kesiapan untuk mampu bereproduksi saat dibuahi oleh sperma. Nah, haid sendiri terjadi apabila sel telur yang berada di dalam rahim tidak mengalami pembuahan, maka dinding rahim terluruhkan dan menjadi darah haid.

 

2. NORMAL NGGAK KALO HAIDKU NGGAK LANCAR?

Normal banget! Karena tubuh kita sendiri lagi menyesuaikan dengan ‘ritme’ baru yang ada, maka wajar banget kalo haid kita bisa nggak lancar. Bisa sebulan hanya 5 hari, bisa baru dateng dua bulan sekali, semua tergantung dari kondisi fisik, psikis dan juga keturunan. Tapi tenang aja, haid kita akan lancar dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia kok.

 

3. KAPAN SEBENERNYA CEWEK NGEDAPETIN HAID PERTAMANYA?

Masa-masa pubertas cewek biasanya berada di usia 11-14 tahun, tapi karena usia pubertas setiap orang nggak bisa diseragamkan, nggak heran juga haid dialami sama mereka yang baru berusia 9 tahun, bahkan ada yang baru di usia 17 tahun. FYI, tau nggak sih kalo haid pertama yang datang itu dalam ilmu kedokteran disebut menarche? 

 

4. APA SIH PMS ITU?

PMS atau Premenstrual Syndrome adalah gejala yang bakal kita rasain sebelum haid. Jangan heran ya kalo tiba-tiba kita ngerasa males banget ngapa-ngapain, atau jadi super sensitive dan tiba-tiba mewek terus nggak tau kenapa all of sudden mau marah. PMS emang jago banget bolak-balikkin mood kita. Nggak hanya kita, pada beberapa orang juga bakal ngerasain nyeri di di bagian payudara.

 

5. BERAPA LAMA PERIODE HAID ITU?

Menurut penelitian, haid yang normal itu melalui siklus setiap 21-35 hari sekali, dan berlangsung selama 3-7 hari. Normalnya, darah haid yang keluar adalah berkisar 30-40 ml. Tapi karena haid ini dipengaruhi banget sama kondisi diri kita (fisik maupun psikis), maka ada masa-masa di mana periode haid kita tersebut memanjang ataupun memendek.

 

6. KALO NGERASAIN NYERI, APAKAH ITU NORMAL?

Normal kalo nggak sampe menghentikan kita dari aktivitas. Artinya, kalo kita kesakitan banget sampe nggak bisa ngapa-ngapain atau bahkan sampe pingsan, penting banget buat ceritain ini ke Mama atau Kakak kita dan mulai memperiksakan diri ke dokter.

 

7. GIMANA SIH WARNA DARAH HAID YANG NORMAL ITU?

Dalam satu periode, darah haid akan memiliki warna yang berbeda-beda. Di awal dan akhir periode, kita akan mengalami flek coklat gelap kemerahan. Setelahnya, di hari ke-2 biasanya darah haid akan berwarna merah terang dan mengalir secara deras, hingga akhirnya tinggal meyerupai flek saja. Hati-hati kalo darah haid kita berwarna hitam atau orange-ish ya girls, karena bisa jadi di dalam rahim kita terjadi infeksi yang harus segera diperiksakan ke dokter.

 

8. BERAPA LAMA KITA HARUS GANTI PEMBALUT?

Idealnya pembalut harus kita ganti setiap 3-4 jam sekali, terlebih lagi pada saat darah haid kita lagi banyak-banyaknya. Ini penting banget karena pembalut yang nggak diganti akan bikin kondisi Miss V kita jadi lembap dan bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur. Nggak mau kan Miss V kita gatel dan jadi sarang penyakit? Hiiii! 

 

9. GIMANA CARA MILIH PEMBALUT YANG PAS BUAT KITA?

Yang pasti kita harus memprioritaskan kenyamanan. Pilih pembalut yang bisa nemenin kita ngejalanin segala aktivitas, kayak Softex Dream Line yang punya desain Hello Kitty yang super cute. Dengan beberapa varian desain, kayak Softex Light Airy, pembalut lembut super tipis dengan tebal 2 mm; atau Softex Comfort Slim yang punya breathable layer yaitu lapisan bersikulasi udara buat mencegah kelembapan dan menyerap cairan dalam 1 detik, kita yang baru ngedapetin haid buat pertama kalinya nggak bakalan ngerasa khawatir akan mengalami kebocoran.

 


 

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

03 Februari 2016

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.