MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Body
MY BODY

Menjawab Seputar Selaput Dara dan Keperawanan dalam medis

menjawab-seputar-selaput-dara-dan-keperawanan-dalam-medis

Ada banyak mitos seputar selaput dara dan keperawanan yang beredar dan dipercaya sampai sekarang. Nah biar gak terjebak dengan informasi yang salah, cek di sini selaput dara dan keperawanan menurut medis itu bagaimana.

 

FAKTA 1: SELAPUT DARA PUNYA LUBANG KECIL

Yup. Menurut medis, selaput dara atau hymen adalah lapisan tipis dan merentang di bagian bawah vagina. Umumnya selaput dara berbentuk cincin dan punya lubang kecil yang (salah satu) fungsinya untuk mengeluarkan darah ketika terjadi menstruasi.

Jadi hal ini mematahkan kepercayaan kalau selaput dara itu terutup rapat ya. Justru kalau selaput dara kita tertutup rapat, itu menandakan adanya kelainan yaitu hymen imperforata dan microperforate hymen (selaput dara dengan bukaan terlalu kecil).

 

FAKTA 2: SAAT PERTAMA KALI BERHUBUNGAN SEKS, NGGAK SEMUA PEREMPUAN BERDARAH

Banyak dari kita yang masih percaya bila melakukan hubungan seks pertama kali perempuan nggak mengeluarkan darah atau sedikit, langsung menyimpulkan kalau perempuan tersebut sudah nggak perawan. Agak sedih ya dengar kalimat judgemental seperti ini.

Pendarahan memang bisa aja terjadi, tapi menurut SehatQ, kebanyakan hal ini terjadi pada perempuan yang bukaan selaput daranya kecil atau hubungan seksual dilakukan di usia belia. Bahkan menurut Healthline dan WebMDB, walaupun termasuk biasa berdarah ketika seks tapi bisa juga ada kemungkinan infeksi, penularan penyakit seksual, bahkan di kasus langka pertanda kanker serviks.

 

FAKTA 3: NGGAK SEMUA PEREMPUAN MERASAKAN SAKIT KETIKA SEKS PERTAMA KALI KARENA SELAPUT DARANYA SOBEK

Selaput dara bukan terbuat dari bahan solid seperti batu bata. Selaput dara adalah organ elastis sehingga meski ada penetrasi ke vagina, bisa aja gak sobek atau berdarah. Menurut Cosmopolitan, kebanyakan sakit yang dirasakan perempuan ketika melakukan seks adalah karena rasa nggak nyaman. Selain itu bisa juga karena rasa tegang sehingga otot-otot sekitar vagina menjadi lebih kencang dari biasanya, vagina kering karena berbagai alasan mulai dari kurangnya pelumas atau kondisi kesehatan tertentu, ataupun alergi.

Makanya penting banget pendidikan seks untuk mengetahui hal dasar khususnya kondisi tubuh perempuan, karena salah pemahaman bisa membuat psikologis seseorang drop.

 

menjawab-seputar-selaput-dara-dan-keperawanan-dalam-medis

Lubang pada hymen punya banyak fungsi, salah satunya untuk mengeluarkan darah menstruasi

FAKTA 4: SELAPUT DARA BISA SOBEK KARENA BERBAGAI HAL

Bukan cuma aktivitas seksual, bahkan aktivitas sehari-hari pun bisa aja lho jadi penyebab selaput dara sobek. Contohnya:

Mengendarai sepeda, menunggang kuda, memanjat tebing (wall climber) atau pohon, senam, dance yang membutuhkan gerakan dinamis, terjatuh, dan lain sebagainya.

Dikutip dari SehatQ, prosedur medis seperti pemeriksaan usg transvaginal atau pap smear untuk langkah pencegahan kanker serviks juga perlu penetrasi vagina dengan memakai alat medis.

 

FAKTA 5: SEMUA PEREMPUAN BELUM TENTU PUNYA SELAPUT DARA

Sama halnya dengan ketebalan selaput dara. Ada yang sangat tebal sehingga adanya penetrasi ke vagina nggak akan sobek, ada juga yang tipis sehingga sedikit aja melakukan aktivitas berat akan sobek.

Perempuan yang nggak punya selaput dara, biasanya nggak merasakan gejala apapun, sehingga nggak adil rasanya bila keperawanan dinilai dari sobek atau tidaknya dan ada atau nggaknya selaput dara.

 

menjawab-seputar-selaput-dara-dan-keperawanan-dalam-medis

Selaput dara sangat elastis dan bisa kembali pada ukurannya semula

FAKTA 6: SELAPUT DARA SEBENARNYA NGGAK BERKAITAN DENGAN KEPERAWANAN SESEORANG

Menurut Alexander Eisler, pakar seks dan kesehatan Health Teen Network, keperawanan adalah kontruksi sosial dan nggak ada cara untuk membuktikan keperawanan seseorang. Bahkan nggak bisa dibuktikan secara medis karena memang bukan kondisi medis. Karenanya maknanya berbeda-beda buat tiap orang.

Nggak ada definisi spesifik yang bisa menggambarkan apa itu keperawanan, namun secara umum perawan adalah perempuan yang belum pernah sama sekali berhubungan seksual dengan orang lain.

Berhubungan seksual di sini bukan hanya penetrasi ke vagina, tapi juga berbagai jenis hubungan seksual seperti seks anal atau seks oral.

Jadi bisa disimpulkan ya kalau keperawanan sebenarnya bukan cuma masalah selaput dara, dan masalah seksual selalu lebih dalam serta kompleks.

 

FAKTA 7: OPERASI SELAPUT DARA NGGAK BISA MENGEMBALIKAN KEPERAWANAN SESEORANG

Berkaitan dengan point 6, karena definisi keperawanan masih berada di grey area, hal ini jadi salah satu alasan sebagian perempuan rela untuk menjalani operasi selaput dara atau bikin vagina rapat demi bisa kembali jadi “perawan.” Padahal bila konteksnya sesuai definisi di point 6, melakukan operasi pun nggak bisa mengubah kenyataan kalau tubuh kita sudah pernah melakukan hubungan seksual.

 

Bila kamu masih bingung seputar selaput dara atau hymen, we highly recommend you to read PUBERTY 101: FAKTA SELAPUT DARA YANG HARUS KAMU TAHU

 

Agree or disaggree dengan artikel ini? Share apa pendapatmu di Instagram dan tag kami di @Happifyourworld!

 


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :