MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Body
MY BODY

Mematahkan Stigma Seputar Puting Payudara ‘Normal’

 

Mematahkan Stigma Seputar Puting Payudara ‘Normal’

Faktanya, ada banyak hal soal payudara yang ternyata berbeda banget sama stigma dan standar yang selama ini kita tau! Apa aja?

 

 

PUTING PAYUDARA SEHAT NGGAK SELALU PINK

Mematahkan Stigma Seputar Puting Payudara ‘Normal’

Banyak yang beranggapan kalau payudara perempuan yang sehat seharusnya berwarna pink. Bahkan, ada banyak banget produk yang dijual punya klaim bisa membuat payudara jadi lebih pink dan sehat. Padahal sebenarnya puting payudara tercipta dengan berbagai warna dan bentuk, tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari hormon, genetik, bahkan kondisi tertentu kayak kehamilan dan menyusui. Dikutip dari Self, Dr. Susan Hoover yang seorang ahli onkologi bedah mengatakan kalau nggak ada patokan tepat bentuk dan warna seperti apa yang dikatakan puting payudara normal. Selama nggak ada keluhan tiba-tiba seperti nyeri, sakit, atau nipple discharge seperti artikel KENALI BAHAYA CAIRAN YANG KELUAR DARI PAYUDARA berikut, bentuk dan warna puting payudara yang berbeda dan nggak ‘pink’ itu masih tergolong sehat dan normal. Tapi kalau udah ada tanda-tanda seperti itu di puting payudara, segera periksakan ke dokter karena itu merupakan salah satu tanda dari gejala kanker payudara.

 

 

PUTING PAYUDARA KADANG DITUMBUHI RAMBUT

Mematahkan Stigma Seputar Puting Payudara ‘Normal’

Kalau ada 1-2 helai rambut yang tumbuh di sekitar puting kita, nggak perlu khawatir atau ketakutan dulu. Karena sebenarnya tumbuh rambut di area areola (bagian datar dan bundar yang mengelilingi puting payudara kita) juga sebenarnya normal banget. Dilansir dari laman Self, asisten profesor klinis dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai Hospital, Gary Goldenberg, M.D., jumlah rambut yang kita punya itu dikarenakan faktor hormon dan juga keturunan. Punya rambut di puting juga umum banget terjadi dan nggak bikin payudara kita tergolong nggak normal. Kalau dirasa mengganggu, kita bisa aja menghilangkannya dengan cara dicabut pakai pinset. Tapi hal ini nggak akan menghilangkan rambut di puting payudara secara permanen, karena kemungkinan buat tumbuh lagi pun tetap ada.

 

 

JERAWATAN DI AREA PUTING? MUNGKIN BANGET!

Mematahkan Stigma Seputar Puting Payudara ‘Normal’

Jerawatan di wajah, leher, atau punggung mungkin udah biasa. Tapi nggak perlu kaget kalau-kalau kita pernah nemuin adanya jerawat yang tumbuh di area puting payudara kita. Karena sebenarnya hal ini ijuga wajar banget, karena area di sekitar puting kita dikelilingin sama kulit yang pori-porinya juga rentan tersumbat kotoran, minyak, dan keringat, yang berpotensi menjadi komedo dan jerawat. Kalau terasa ganggu, jangan dipencet! Kita bisa mencucinya dengan sabun lembut, dan mengoleskan obat jerawat di kulit luar puting payudara kita untuk menghilangkan kemerahan dan mengempiskan jerawat. Tapi kalau jerawat tersebut dilengkapi sama ruam atau benjolan di dekat puting, atau bikin areola kita jadi merah dan bersisik, periksakan segera ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

 

 

PUTING BISA MENGELUARKAN CAIRAN WALAUPUN NGGAK MENYUSUI

Mematahkan Stigma Seputar Puting Payudara ‘Normal’

Ini benar! Payudara kita bisa aja mengeluarkan cairan (nipple discharge) walaupun kita nggak lagi menyusui. Kondisi ini juga normal banget terjadi, layaknya keputihan pada vagina. Kondisi ini disebut Galaktorea, dan biasanya dialami sama perempuan usia 20-35 tahun. Cairan yang dikeluarkan biasanya berwarna keruh seperti susu, karena disebabkan adanya hormon yang nggak seimbang. Selain keluar cairan, biasanya kita bakal mengalami kondisi seperti pusing, kelelahan, haid nggak teratur, karena pengaruh ketidakseimbangan hormon tersebut. Tapi nggak perlu khawatir karena ini masih tergolong normal dan tugas kita adalah menyeimbangkan hormon di tubuh kita. Tapi, lain lagi ceritanya kalau cairan yang keluar berwarna coklat, merah, atau kehijauan nih! Kita harus segera cek ke dokter, karena bisa jadi di payudara kita terdapat kista atau papilloma.

  

 

PUTING PAYUDARA KANAN DAN KIRI BERBEDA DAN BISA BERUBAH

Mematahkan Stigma Seputar Puting Payudara ‘Normal’

Walaupun sepintas kelihatannya mirip, bahkan sama dan kembar, sebenarnya puting payudara kita berbeda satu sama lain. Bahkan, puting payudara bisa dikatakan kayak sidik jari, saking punya perbedaan dan keunikan sendiri walaupun kelihatannya serupa. Ukuran, bentuk, daya tahan, dan warna puting kita bergantung sama banyak variabel dan wajar banget kalau sedikit berbeda.

Bahkan, puting payudara kita bisa berubah dan jadi makin nggak mirip satu sama lain seiring bertambahnya usia, atau pada saat-saat tertentu kayak pas memasuki masa pubertas, pas lagi PMS, hamil, menyusui, dan juga saat menopause, karena di masa-masa tersebut terjajdi perubahan hormon di dalam tubuh perempuan yang bikin puting payudara kita bisa berubah ukuran, kepekaan, dan penampilan.

 


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :