Login

Email
Password


Mybody

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Kagum sama kelihaian memanah Katnis Everdeen di film The Hunger Games? Atau, jangan-jangan kita termasuk dari salah satu penonton yang langsung terpana waktu melihat Legolas (The Lord of the Rings) dan Hawkeye (The Avengers) mengalahkan musuh-musuhnya dengan busur panah? Tiga karakter film itu memang looks cool saat memanah, tapi ternyata, ada banyak manfaat yang baik dari melakukan olahraga ini.

Eksis dari Dulu

Panahan (kegiatan memanah) sebenarnya sudah dimulai dari ribuan tahun lalu sebagai cara berburu atau menaklukkan lawan perang. Baru pada tahun 1840-an, di New York, Amerika Serikat, panahan dikenal sebagai olahraga modern.

Sama halnya dengan jogging, olahraga ini cocok untuk berbagai kalangan usia. Tapi karena membutuhkan perlengkapan khusus, olahraga ini harus dilakukan di suatu lapangan atau arena khusus panahan.

 

Bikin Bugar dan Sehat

Nggak ada ruginya kalau kita maumencoba panahan. Manfaatnya banyak banget, seperti :

 

·         Memperkuat tubuh bagian atas. Waktu memanah, gerakan menarik tali busur dan melepas anak panah akan melatih otot tangan, lengan, dada, pundak, dan punggung belakang. Aktivitas memanah mirip dengan angkat beban, karena ada saat di mana kita harus menahan otot selama beberapa detik sebelum melepas anak panah.Ssst... hal ini bisa membantu bikin postur tubuh atas kita jadi lebih bagus, lho.

 

·         Bakar kalori. Menarik dan melepas busur panah selama setengah jam bisa membakar 140 kalori. Lumayan banget, kan?

 

·         Melatih fokus. Untuk bisa mengenai sasaran dengan tepat, dibutuhkan keseimbangan tubuh dan juga fokus. Memanah juga bisa membantu meningkatkan daya ingat, lho.

 

·         Ningkatin rasa percaya diri. Saat kita berhasil mengenai sasaran dengan tepat, apalagi sampai berkali-kali, ini bikin kita jadi lebih percaya diri.

 

 

Tips Memanah

·         Pastikan posisi berdiri kitasudah benar. Posisi berdiri yang benar dan konsisten penting buat keseimbangan saat memanah.

·         Hati-hati waktu memutar posisi lengan. Posisi lengan sebelum mengangkat busur atau melepas anak panah sebaiknya lurus.

·         Perhatikan posisi jari kita waktu memanah, jangan terlalu tegang yaa! Selamat mencoba!

 


Sumber foto : thehungergames.wikia.com, shutterstock

 

 

Related Articles

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

01 Mei 2016

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
2 comments
You must be logged in to post a comment.

Putri Ayu


Jadi pengen biar keren haha

Feb 01, 2016 20:04 PM

0


ini keren artikelnya :D

Jan 31, 2016 21:52 PM