Login

Email
Password


Mybody

MASA PUBER REMAJA PEREMPUAN

01 Maret 2018

Masa remaja adalah masa-masa yang paling indah, banyak orang berkata begitu, di masa remaja atau masa puberti banyak perubahan dalam diri remaja perempuan seperti kita. Perubahan tubuh pada remaja wanita meliputi perubahan bentuk dan fungsi tubuh yang terjadi secara pesat dari masa anak ke masa dewasa, perubahan ini biasanya dimulai pada umur 8 tahun hingga 13 tahun. Apa saja yang harus kita ketahui tentang puberty?

1. Tinggi Badan

Perubahan tinggi badan biasanya dimulai setelah perubahan pada payudara kita. Sebelumnya kecepatan bertambahnya tinggi badan hanya 5,5cm/tahun, dan pada saat puberty kecepatannya bertambah menjadi 8cm/tahun. Tak hanya pertumbuhan tinggi badan saja yang nampak pada remaja perempuan, tetapi juga pada lebar panggul yang menjadi lebih besar.

Tips: Agar puberty-mu tidak menjadi hambatan dalam menjalani aktivitas, usahan jika kamu sudah mengalami perubahan pada payudaramu gunakanlah mini set atau bra, dan jangan lupa gunakan juga kaos dalam. Pilihlah bra atau miniset sesuai ukuran, dan pastikan kamu nyaman menggunakannya.

2. Memasuki masa pubertas, remaja perempuan telah mencapai kira-kira 60% berat dewasa.

Puncak kecepatan bertambahnya berat badan pada masa puberty sekitar 8kg/tahun padahal sebelumnya hanya 2kg/tahun.

Tips: Mulailah menjaga pola makanmu dengan benar, dan jangan lupa olahraga dengan teratur.

3. Perubahan organ-organ reproduksi.

Pada perubahan organ reproduksi, ovarium mengalami pembesaran pada tahun pembesaran seblum menstruasi pertama, tidak lama sebelum terjadi haid yang pertama rahim pun mengalami perkembangan. Sedangkan ciri seks sekuder, seperti rambut pubis mulai tumbuh dengan sedikit pigmen sampai menyebar ke seluruh paha bagian dalam hingga membentuk segitiga. Sedangkan pada payudara tumbuh tonjolan pada puting susu dan akan berwarna lebih coklat. Adapun ciri seks sekunder yang lain adalah rambut ketiak, yang tumbuh mendahului rambut pubis.

Tips: Mandilah 2 kali sehari dan ganti pakaian dalam setiap kali mandi agar organ reproduksimu bersih dan tidak terkena penyakit.

 


Sumber: tanyadok | Images : shutterstock.com

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.