Login

Email
Password


Mybody

MAKANAN UNTUK MAKSIMALKAN WORKOUT

11 Januari 2018

Suka wondering nggak kenapa pada saat olahraga kita ngerasa nggak bisa maksimal. Entah karena kita jadi gampang capek, dehidrasi, napas jadi nggak teratur, tiba-tiba ngerasa berkunang-kunang, atau malah setelah workout bukannya ngerasa seger tapi jadi lemes. Well girls, bisa jadi itu karena kita nggak merhatiin asupan makanan kita sebelum, pada saat, dan setelah workout.

Kalo mau dianalogiin nih, tubuh kita ini nggak bedanya sama mobil yang butuh bahan bakar buat menyala. Tubuh pun nggak bisa berfungsi optimal kalo nggak dikasih asupan yang memadai. Apalagi untuk bentuk aktivitas workout yang menuntut banyak gerakan dan mengeluarkan cairan keringat yang nggak sedikit. Banyak yang nggak paham kalo makanan sangat berpengaruh pada maksimal atau nggaknya workout yang kita lakukan.

Banyak penelitian yang udah dilakukan menemukan fakta bahwa waktu makan sangat berguna buat pembentukan dan pemulihan otot dan juga pertumbuhan komposisi tubuh kita. Artinya, kalo kita makan di saat yang tepat, gol latihan kita akan tercapai lebih sempurna. Coba yuk liat apa aja makanan yang baik kita konsumsi sebelum, pada saat dan setelah olahraga.

 

PRE-WORKOUT

Kalo selama ini kita suka black out atau berkunang-kunang pada saat olahraga, itu tandanya kita kekurangan asupan gula, yang bisa disebabkan oleh kurangnya kita makan atau malah nggak makan sama sekali sebelum olahraga. Bukan hanya ngasih energy selama kita latihan, mengonsumsi protein dan karbohidrat sebelum latihan juga ngasih pertumbuhan massa otot pada tubuh. Waktu yang paling baik untuk makan sebelum latihan adalah 15-45 menit, dan pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat ringan dan snack kaya protein. Kuncinya adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang mudah dicerna. Jangan lupa juga untuk memperbanyak minum air putih.
 

What to eat: buah-buahan (utamanya pisang dan apel), yoghurt, oats, telur, roti gandum, whole grain cereal dengan susu rendah lemak, pasta, nasi merah, sayuran.

 

INTRA WORKOUT

Penelitian membuktikan makan di saat kita sedang workout justru memaksimalkan kinerja otot dan juga dapat memulihkan energy dan stamina kita. Eits, tapi bukan asal makan ya. Asupan karbohidrat yang tepat justru bisa nge-boost up semangat dan energy kita, dan memanjangkan waktu tubuh menerima gerakan workout. Yang pasling penting adalah selalu hidrasi tubuh kita, karena cairan tubuh akan hilang banyak saat kita mengeluarkan keringat

What to eat: protein bar with carb atau minuman penambah tenaga (misal Pocari Sweat atau Gatorade), kismis.

 

POST WORKOUT

Meski nggak sekrusial pre-workout, mengonsumsi karbohidrat dan protein pada saat post workout juga penting untuk memaksimalkan latihan yang udah kita lakukan sebelumnya, dan berpengaruh pada pemulihan dan juga pertumbuhan otot dan tubuh kita. Bedanya sama sebelum latihan, makanan post workout justru dipilih yang memiliki kandungan protein yang lambat dicerna tubuh, yang akan ngebantu otot buat memulihkan diri selagi kita beristirahat atau tidur.

What to eat: makanan lengkap dan seimbang, seperti ikan, ayam atau daging dengan salad, kentang atau nasi; protein milkshake, ice cream (yes!), orange juice.

 

Nutrisi yang tepat sebenernya adalah kunci buat ngedapetin latihan atau workout yang maksimal. Meskipun kita sebelumnya udah makan makanan yang tepat, dengan mengubah atau mengganti waktu makan kita justru akan memaksimalkan proses latihan dan olahraga yang udah kita lakukan.

 


Images : istock

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.