Login

Email
Password


Mybody

LIST MITOS TENTANG KESEHATAN KULIT

Kita semua ingin kulit sehat dan cantik, karena itu wajar kalo begitu ada tips gimana merawat supaya kulit tetap terlihat oke akan langsung kita serap. Tapi dengan begitu banyaknya informasi tentang kesehatan kulit yang tersebar di internet atau media sosial, apakah semuanya benar dan tepat untuk kulit kita? Siapa tahu aja lho ada yang ternyata gak sesuai. Nah mitos kesehatan kulit apa aja sih yang merupakan mitos belaka? Baca di sini!

 

SEMAKIN TINGGI SPF, KULIT AKAN SEMAKIN TERLINDUNGI!

Nope. Menurut penelitian Cleveland Clinic Journal of Medicine, mengungkapkan bahwa SPF tinggi bukan berarti perlindungan terhadap sinar matahari tinggi juga. Perlu diketahui sinar ultraviolet (UV) itu terdiri dari UVA, UVB, UVC. Sinar UVA mampu menembus kulit hingga ke kedalaman tertentu dan memicu produksi pigmen, atau bikin kulit jadi gelap (sun tan). Sedangkan sinar UVB bisa ngerusak DNA kulit yang nyebabin penuaan, keriput akibat perubahan pigmen, dan kanker kulit (sun burn). Sedang UVC ini sinar yang hilang karena udah terserap atmosfer.

SPF pada krim tabir surya untuk ngasih tau tingkat perlindungan untuk kulit. SPF umumnya ditujuin buat ngelindungin kulit dari UVB (mencegah kulit sun burn / terbakar matahari). Tapi dianjurkan buat milih tabir surya jenis broad spectrum supaya bisa ngelindungin dari sinar UVA dan UVB. Untuk kita sehari-hari sebenarnya SPF 15 yang mengandung mexoryl, oxybenzone, avobenzone (Parsol 1789)  juga udah cukup.

Jadi kesimpulannya, SPF tinggi bisa bikin kulit makin terlindungi itu hanya MITOS belaka ya.

 

UDARA DINGIN DAN DI DALAM RUANGAN GAK PERLU PAKE TABIR SURYA

Salah. Mau itu cuaca lagi berawan, dingin, atau kita di dalam ruangan radiasi sinar UV dari matahari tetap bisa mencapai permukaan bumi dan menembus dinding. Karena itu banyak pakar kesehatan menyarankan untuk tetap memakai tabir surya.

 

FACIAL BISA BIKIN KULIT MULUS KALO DILAKUKAN RUTIN.

Nggak juga. Faktanya gak semua orang butuh dan perlu melakukan facial secara rutin. Bahkan jika terlalu sering melakukan facial, kulit wajah akan bisa rusak. Lakukan facial apabila kulit kita emang benar-benar butuh dan konsultasikan sebelumnya dengan dokter kulit.

 

PRODUK SKIN CARE YANG BAGUS ITU UDAH PASTI MAHAL

Nah ini salah banget. Harga gak bisa nentuin efektivitas suatu produk. Yang penting adalah kandungannya dan apakah itu sudah ada BPOM atau sertifikasi dari pemerintah yang terkait (bukan barang abal-abal yang gak jelas). Produk skincare itu harus ekstra selektif, kalo misalnya kamu belum yakin cocok atau gak, mintalah barang samplingnya (biasanya setiap produk kecantikan menyediakan barang sampling untuk dicoba). Atau coba apply dulu di belakang telinga atau lengan bagian dalam, apabila dalam 3 hari tidak terjadi reaksi iritasi berarti produk tersebut aman.

 

PAKE BANYAK PRODUK LEBIH BAIK

Berkaitan dengan point di atas, inipun cuma mitos belaka karena kembali lagi ke apa yang dibutuhkan oleh kulit kita. Terlalu banyak mengoleskan produk kecantikan atau skin care justru malah bisa ningkatin risiko iritasi kulit, bahkan di tiap review Korean 10 step skin care pasti ada note apabila kamu tidak membutuhkan gak perlu semuanya digunakan kan?

 

PERAWATAN SKIN CARE LEBIH PENTING DARIPADA LIFESTYLE SEHAT

Punya kulit sehat gak cuma dari perawatan produk, tapi juga harus diimbangi dengan lifestyle yang sehat pula. Karena percuma aja kalo produk perawatan kamu jutaan tapi tidur dan makannya masih sembarangan. Menurut dokter spesialis kulit, pola hidup gak sehat gak cuma bikin kulit jadi kusam, bersisik, berjerawat, tapi juga berimbas ke rambut rontok dan mempercepat penuaan.

 

PILIH PANTYLINERS BOLEH APA AJA TOH SAMA AJA KOK

Wah ini sih mitos banget! Milih pantyliners itu sama kayak milih pembalut, kamu harus esktra selektif terutama untuk bagian Miss V yang super sensitif. Pilih pantyliners yang udah terbukti keamanannya seperti Softex Pantyliner Forever Fresh yang punya breathable layer sehingga aliran udara akan tetap masuk dan gak bikin area kewanitaan lembap. Selain permukaan pantylinernya yang halus, perekatnya kuat gak mudah bergeser. Nyaman dipake mau gerakan kamu se-aktif apapun. Jangan lupa diganti tiap 3 jam sekali ya, wajib!


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.