Login

Email
Password


Mybody

KENAPA PERUT MERASA KEMBUNG TIAP HAID?

05 Februari 2018

Perut kembung atau bloated adalah satu dari sekian banyak keluhan yang kita alamin ketika haid. Rasanya tuh perut terasa sesak, penuh dan nggak nyaman, padahal (perasaan sih) kita makan hanya sedikit tapi kenapa kerasa kembung ya? Kira-kira apa penyebabnya.

 

Dilansir dari InSyle, menurut Dr. Jason James (OBGYN), kebanyakan gejala kembung ketika haid disebabkan oleh retensi air yang meningkat akibat perubahan hormonal yang terkait dengan siklus haid. Hal ini nyebabin nggak cuma kembung, tapi juga pembengkakan pada beberapa daerah tubuh kayak muka, paha, dan payudara.

Dan ketika kadar hormon estrogen kita berubah-ubah (naik turun), hal ini nggak cuma nyebabin kembung pas haid tapi berhubungan juga dengan masalah berat badan. Biasanya masalah perubahan hormon ini terjadi selama beberapa hari sebelum haid dan sesudah haid.

 

Gimana cara ngatasinnya?

Haid bisa dibilang alarm cewek setiap bulan. Di saat inilah kita bisa tau kondisi badan sendiri, apakah tubuh kita sehat atau ada yang musti diperhatikan. Untuk ngurangin rasa kembung pas haid, kita bisa melakukan hal berikut:

 

Kurangin mengkonsumsi kafein.

Kandungan kafein pada kopi atau teh membuat liver harus bekerja ekstra untuk menghilangkan hormone yang nggak diinginkan oleh tubuh kita dan ini nyebabin perut jadi kembung pada masa prosesnya. Kalo pun nggak bisa dihentikan, setidaknya seminggu sebelum atau sesudah haid, jangan minum kafein dulu ya. Kalo mau minum teh, pilih yang herbal.

 

Kurangi mengkonsumsi gula.

Gula pada manisan atau permen yang dikonsumsi rutin bisa nyebabin kenaikan gula darah yang signifikan, yang ujungnya akan berpengaruh sama keseimbangan hormon kita. Nggak cuma pas haid, batasi konsumsi gula di makanan dan minuman sehari-hari. Pilih pemanis alami, seperti gula kelapa, madu atau sirup maple.

 

Stick to healthy food dan hindarin makanan yang terlalu asin (MSG).

Buat mengurangi kembung pas haid, usahain kita cukup mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, atau kangkung yang disertai karbohidrat kompleks kayak gandum atau beras merah. Serat yang dikandung sayuran hijau bagus untuk bantu ngeluarin kelebihan hormon dalam bentuk buang air besar.

 

Olahraga rutin (PENTING!)

Selain perhatikan asupan makanan, olahraga rutin juga wajib dilakuin supaya memperlancar aliran darah dan menghilangkan kelebihan cairan dan gas terutama pada perut. Biar acara olahraga kita makin nyaman, pake Softex Comfort Slim. Dengan tebal hanya 2mm, Softex Comfort Slim punya breathable layer untuk sirkulasi udara sehingga area miss v kita nggak lembab, selain itu juga mampu menyerap dalam 1 detik jadi biarpun lagi banyak-banyaknya haid kita tetap aman deh!


Foto: GettyImages

Related Articles

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.