Login

Email
Password


Mybody

GEJALA SEBELUM HAID

17 Oktober 2018

Selain PMS atau mood naik turun, ada beberapa gejala sebelum haid yang akan kita rasain secara fisik. Ini dia beberapa gejalanya dan gimana cara mengatasinya.

 

Sebelum kita masuk ke beberapa jenis gejalanya, kita harus tahu dulu kenapa dan apa sebabnya gejala ini terjadi. Dilansir dari Klikdokter, menjelang menstruasi (haid), hormon prostaglandin meningkat, hormon inilah yang memicu timbulnya beberapa gejala fisik sebelum menstruasi (haid). Prostraglandin adalah hormon yang berfungsi memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah menstruasi (haid) dari dalam rahim. Karena peningkatannya relatif tinggi, otot tubuh yang lain cenderung menegang, termasuk otot punggung bagian bawah

 

Berikut beberapa gejala menstruasi (haid) secara fisik yang akan kita alami:

 

KRAM PERUT YANG INTENS DAN BERLANGSUNG LAMA

 Sekitar satu sampe dua hari, cewek biasanya akan ngalamin kram perut akibat kejang otot rahim (dismenore). Kram PMS umumnya terasa kayak perut bawah kita seperti diperas yang sesekali diikuti nyeri punggung, dan kadang kita juga ngalamin kembung (bloating). Sebagian cewek akan ngalamin kram perut yang intens, tapi ada juga yang ringan atau bahkan nggak ngerasain kram sama sekali. Hal ini tergantung dari kondisi tubuh kita masing-masing. Kram perut akan berangsur menghilang ketika menstruasi (haid) kita datang dan benar-benar hilang pas siklus menstruasi (haid) selesai.

 

BADAN TERASA NYERI DAN PEGAL SAMPE KAKI

Banyak cewek yang ngeluhin badan terasa pegal hingga sampe kaki, dan nggak jarang terasa lemas bikin mereka nggak semangat beraktivitas. Sebagian bahkan ngalamin kakinya terasa berdenyut dan bengkak. Nggak usah kuatir, ini juga salah satu gejala sebelum menstruasi (haid). Biasanya gejala ini datang berbarengan dengan kram atau dua hari sebelum kram.

 

TERASA NGANTUK, CAPEK DAN LEMAS SEHARIAN

Biasanya ini terjadi selama seminggu sebelum menstruasi (haid) datang. Badan bawannya pingin tidur terus atau rebahan, serta nggak mood untuk beraktivitas padahal kegiatan kita nggak begitu sibuk.

 

NYERI PADA PAYUDARA

 Payudara membengkak dan terasa nyeri juga adalah gejala sebelum menstruasi (haid). Payudara kita akan terasa padat, terutama di sisi luar. Dan kadang kita ngalamin sensasi payudara terasa penuh, sesak, berat, dan nyeri. Keluhan ini muncul tepat satu atau dua hari sebelum menstruasi (haid) tiba dan dan kemudian berhenti di hari pertama menstruasi (haid).

 

GIMANA CARA NGATASINNYA?

Semua gejala sebelum menstruasi (haid) ini nggak bisa dipungkiri emang sedikit ganggu keseharian kita, tapi nggak perlu disembuhin pake obat kok. Karena umumnya gejala-gejala di atas bukan disebabin sama hal yang serius. Terkecuali kalo kita ngalamin gejala di luar normal ya. Di bawah ini beberapa cara yang simple banget yang bisa kita lakuin untuk mengatasi gejala sebelum menstruasi (haid).

MINUM AIR PUTIH

Selama menstruasi (haid) kita akan kekurangan banyak cairan, karena itu kalo hari biasa aja kita butuh cukup cairan pas menstruasi (haid) kita butuh lebih dari cukup cairan supaya nggak dehidrasi dan gejala-gejala sebelum menstruasi (haid) semakin parah. Jangan lupa juga konsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin.

 

PERBANYAK ISTIRAHAT DAN RILEKSASI

Stop begadang! Cobalah untuk beristirahat dan santai, biarkan tubuh kita mengatasi semua gejala PMS dan menstruasi (haid) secara alamiah. Kalo misalnya siang kita merasa lemas, lakukan power nap. Dan coba usahain rileks dan jauh dari stress selama siklus menstruasi (haid) berlangsung.

 

STRETCHING

Lakukan stretching ringan setiap hari kurang lebih 5-10 menit setiap hari, dari sebelum dan sesudah bangun tidur supaya otot kita yang tegang menjadi lebih rileks. Stretching ini juga akan bantu refreshing bad mood. Kalo masih ada waktu, luangkan juga waktu untuk berjalan-jalan menghirup udara segar dan berjemur matahari pagi.


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.