Login

Email
Password


Mybody

DARAH HAID LEBIH SEDIKIT DARI SEBELUMNYA?

Melalui Instagram Happifyourworld banyak menerima pertanyaan seputar darah haid Happy Females yang tidak teratur, dan terkadang lebih sedikit daripada sebelumya, apakah hal ini normal? Yuk kita cari jawabannya di sini.

 

KETAHUI DULU SIKLUS MENSTRUASI (HAID) DAN VOLUME DARAH MENSTRUASI (HAID) KITA TIAP BULAN

Yup, kita harus tahu dulu siklus kita tiap bulannya. Siklus menstruasi (haid) rata-rata normalnya 21-35 hari, tapi ada juga yang 28 hari. Sementara lama waktu menstruasi (haid)-nya berlangsung antara tiga sampe tujuh hari. Kalo siklus kita masih terjadi di rentan waktu ini berarti masih terhitung normal.

Meski keliatan singkat, tapi volume darah menstruasi (haid) sedikit yang mungkin hanya berlangsung di tiga hari awal masih dianggap normal, selama pola menstruasi (haid) kita teratur. Artinya, menstruasi (haid) kita tetap datang rutin per bulan tanpa absen. Biarpun darahnya hanya sedikit.

Selain itu juga coba perhatiin periode menstruasi (haid) kita. Kalo tiap bulan pola terjadinya masih berada di kisaran waktu yang sama seperti bulan sebelumnya, hal ini juga masih dianggap normal.

Dilansir dari Everyday Health, menurut Maria Arias, MD, dokter kandungan dari Atlanta Specialists Georgia, bila menstruasi (haid) hanya berlangsung selama tiga hari mungkin emang seperti itulah pola menstruasi (haid) kita. Intinya sih penting buat kita memperhatikan keunikan dan kekhasan dari menstruasi (haid) kita, supaya kita tahu dengan pasti bila ada perubahan.

 

JADI, APA SIH NYEBABIN DARAH MENSTRUASI (HAID) JADI SEDIKIT?

Tiap bulan, hormon estrogen bertugas untuk membentuk lapisan rahim (endometrium) yang akan luruh dalam bentuk darah menstruasi (haid) kalo gak terjadi pembuahan. Ketika tubuh kita gak mampu memproduksi hormon estrogen dalam jumlah yang cukup, otomatis lapisan endometrium yang dibentuk juga akan tipis dan aliran darah menstruasi (haid) yang dihasilkan pun akan sedikit. Jadi, singkatnya banyak sedikitnya volume darah menstruasi (haid) itu tergantung dari tingkat tinggi rendahnya hormon estrogen.

Faktor apa yang mempengaruhi level estrogen?

 

KAPAN HARUS PERIKSA KE DOKTER?

Penting nih. Kita harus segera cek ke dokter ketika siklus menstruasi (haid) gak teratur dan volume darah menstruasi (haid) yang sedikit bukanlah pola menstruasi (haid) kita yang biasanya. Dan hal tersebut kita alamin hingga dua sampe tiga kali siklus menstruasi (haid).

Biarpun gak dibarengin dengan tanda gak normal lainnya, misalnya sakit kram berlebihan, jangan ragu untuk langsung periksakan ke dokter.

Makanya penting untuk selalu mencatat waktu siklus menstruasi (haid) kita tiap bulannya. Karena dengan cara ini kita bisa men-track bila siklus menstruasi (haid) yang kita alamin normal atau nggak.


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.