Login

Email
Password


Mybody

ARTI “CRAVING FOODS” KITA

28 Juni 2018

Pernah nggak sih ngerasa pas lagi nonton TV tiba-tiba kita pingin ngerasa makanan yang ada di TV. Atau pas lagi jalan tau-tau muncul keinginan buat makan es krim atau kue red velvet padahal kita baru aja makan. Rasa pingin makan se-segara mungkin (ngidam atau cravings) ini adalah umum dirasain kalo badan kita kekurangan nutrisi tertentu.

 

Apa yang badan dan pikiran kita bilang ke kita itu berbeda di saat kita kekurangan nutrisi tertentu. Pikiran kita bilang kita pingin makan A, sementara badan kita butuhnya makanan B. Meskipun penting buat muasin rasa emotional dan makan apa yang kita ingin, tapi penting juga lho makan makanan yang dibutuhkan oleh badan.

 

Berikut adalah beberapa makanan yang kita   dan apa sih sebenarnya arti cravings tersebut.

 

KARBOHIDRAT SEPERTI ROTI, PASTA, NASI, ETC.  

Wah siapa sih yang nggak suka karbohidrat, sebagai orang Indonesia kayaknya nggak lengkap kalo nggak makan nasi. Nah kalo kita lagi ngidam banget pengen sesuatu yang karbohidrat, sebenarnya tubuh kita lagi butuh nitrogen. Kalo ngidamnya muncul segera ganti dengan sayuran hijau atau makanan yang mengandung tinggi protein misalnya daging, ikan, atau kacang-kacangan.

 

COKELAT

Kalo kita ngidam makan coklat (apapun itu yang dasarnya cokelat) itu berarti badan kita sebenarnya lagi butuh magnesium. Coba ganti cokelat dengan kacang-kacangan atau buah segar.

 

SALTY FOODS

Snack ringan kayak chips, pretzels, atau keripik asin lainnya udah pasti favorit kita banget kan. Nah kalo ini tubuh kita sebenarnya lagi butuh chloride dan silicon. Coba ganti dengan selada yang berisi selada, tomat, bisa tambahin ikan dan rumput laut buat ngilangin rasa ngidam sama makanan asin.

 

SUGARY FOODS

Apapun yang manis. Kue, ice cream, bahkan frappucino dengan whipped cream dan caramel, yum! FYI, ketika kita lagi ngidam banget pingin makan makanan ini, sebenarnya badan kita butuh beberapa nutrisi yang mengandung chromium, carbon, phosporus, sulphur, dan tryptophan. Makanan terbaik baut dimakan yaitu buah segar, sayuran seperti brokoli, kol, kentang manis, bayam, lalu dairy products kayak susu, ayam, buah kering (kismis) dan telur.

 

OILY FOODS

Makanan gorengan kayak junk food pasti kita nggak bisa nolak. Makan sekali-kali sih nggak apa-apa, tapi kalo kita ngerasa pingin terus itu artinya badan kita lagi butuh kalsium. Coba makan makanan yang punya kandungan tinggi nutrisi kalsium seperti brokoli, kale, atau keju ya.


Foto: Shutterstock

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.