Login

Email
Password


Mybody

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Mengontrol nafsu makanan bisa jadi tantangan nggak berujung buat kita yang kepinginpunya tubuh sehat dan ideal.Cara simple untuk menyiasatinya pasti dengan mengendalikan porsi makanan. Faktanya, ukuran piring berpengaruh sama porsi makan. Semakin lebar piring yang kita pakai, biasanya semakin banyak makanan yang kita taruh di atas permukaannya. Logikanya; masih ada space kosong untuk diisi makanan. Duh, bahaya nih!

Asik, skrg ada trend baru di dunia kuliner yang bisa ngebantu kita untuk mengontrol atau mengurangi porsi makanan dengan cara yang mengasyikkan. Trend yang diikuti Gwenyth Paltrow ini bernama bowl food.

 

Booming Lewat Instagram

Istilah bowl food diperkenalkan oleh para pencinta makanan sehat lewat aplikasi Instagram. Prinsipnya bukan cuma takaranyang pas dan bentuk mangkuk yang bikin nyaman buat dipegang, tapi bahan-bahan yang disajikan di dalamnya juga sehat.Satu porsi bowl food harus punya nutrisi yang seimbang, berisi sayuran, protein, biji-bijian, lemak sehat, sampai buah.

 

Uniknya lagi, ada macam-macam jenis bowl food yang bisa kita coba sesuai selera dan kebutuhan. Ini empat contohnya:

 

PowerBowls. Cocok buat kita yang butuh energi sepanjang hari. Di dalam satu mangkuknya berisi campuran antara biji-bijian (nasi merah, barley, oats, quinoa), sayur mentah (kale, bayam, kol), buah (kiwi, jeruk, ubi), protein (yogurt, kacang-kacangan, daging, ikan) dan lemak sehat (alpukat, salmon, canola oil).

Smoothie Bowls. Porsi dan bahan-bahan isiannya cocok banget buat sarapan, dessert atau santapansehabis kitaberolahraga. Isinya smoothies kental, campuran antara sayuran dan buah-buahan, dengan topping frozen fruit atau super foods. Untuk pemanisnya, gunakan madu atau sirup mapple dibanding gula.

Banzai Bowls. Sedikit berbeda dengan smoothies bowls, takaran banzai bowls berisi smoothies buah segar dengan granola dengan topping super foods seperti acai berryatau buah segar. Selain disajikan di mangkuk, banzai bowls juga sering ditaruh digelas plastik. Jadi, praktis buat dimakan dimana aja.

Globowls. Karenaterinspirasi dari menuvegetarian, isinya terdiri dari sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Ada juga variasi lain yang menambahkan bahan-bahan yang lebih eksotis, seperti farro atau millet. Selain menyehatkan, sesuai namanya, kandungan di dalam bahan-bahan isian glowbowls bisa bikin kulit lebih glowing.

 


Foto : shutterstock.com

Related Articles

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
1 comments
You must be logged in to post a comment.

tiara tanutama


Mau nanya dong ???? itu a bowl of mealnya dicampur atau dipisah ya?

Feb 20, 2016 05:32 AM