Login

Email
Password


Mybody

911 PERIOD: HAID TELAT LAGI? NORMAL NGGAK SIH?

05 September 2018

Inget nggak umur berapa kita mulai haid? Haid pada remaja biasanya dateng di usia 12 tahunan. Ada juga sih yang udah haid pas masih 10 tahun, dan itu nggak masalah. Trus kalau udah haid tapi masih sering telat itu kenapa ya?

Sebenarnya ada beberapa hal yang bikin kita yang masih remaja ini suka ngalamin haid yang nggak teratur.

 

Masa Pertumbuhan dan Hormonal

Yup, karena kita masih dalam masa pertumbuhan, seringkali kondisi hormonal kita masih belum stabil, masih naik turun. Itu juga yang bikin pola haid kita kadang telat, kadang tepat waktu. Bisa juga kondisi haid yang bervariasi, kadang banyak dan lama, kadang sedikit dan hanya sebentar. Nggak usah takut ya. Biasanya siklus haid kita akan membaik setelah 3-4 tahun pertama haid.

Fisik kita kelelahan & Kurang Istirahat 

Udah umur 17 tahunan tapi haid masih suka berantakan? Bisa jadi karena kita fisik kita kelelahan secara fisik. Remaja kayak kita biasanya punya banyak banget kegiatan yang harus dilakuin setiap harinya. Sekolah sampai sore, les ini itu, belum lagi ikutan ekskul basket, cheerleaders atau jurnalisme. Trus pas wiken masih diajak mama jalan-jalan sekeluarga atau hangout sendiri bareng temen atau pacar. Kayaknya kegiatan kita nggak ada habisnya. Nah kadang, kalau jumlah aktivitas kita melebihi batas ketahanan tubuh kita sendiri, ditambah mungkin kurang tidur atau juga begadang, bisa jadi ini penyebab haid kita suka telat.

Stress

Tekanan dari orangtua buat dapetin nilai bagus, atau dorongan temen-temen buat ngikutin trend atau bahkan ada masalah sama pacar emang jadi masalah besar penyebab stres buat kita. Kadang kita udah berusaha nggak mikirin (secara sadar), tapi kalau dalam hati kita belum bisa nerima, seringnya jadi bahan pikiran di alam bawah sadar kita lho. Dan ini yang lebih berat. Efek dari stres kayak gini macem-macem, termasuk bikin kondisi tubuh kita nggak stabil kayak telat haid.

Pola Makan Nggak Teratur

Suka junk food, jarang makan sayur dan buah apalagi yang berserat atau mengandung banyak vitamin dan zat besi serta kalsium (kayak jeruk, strawberry atau pisang), bikin kita kekurangan nutrisi yang dibutuhin tubuh buat jalanin siklus dengan baik. Akibatnya bisa ke badan jadi kurus banget, kulit kusam atau bahkan haid nggak teratur dan nggak lancar.

 

Nah selain karena memang alasan hormonal, baiknya kita juga menjaga badan kita biar haid tetep lancar dan badan jadi lebih sehat dengan cara:

Cukup Tidur

Yang artinya nggak kurang dan nggak lebih, buat usia kita sekitar 7-8 jam semalam udah lebih dari cukup. Dan tidur yang cukup itu nggak cuma tentang berapa lama aja ya, tapi kualitas tidurnya juga. Usahakan nggak banyak berpikir sebelum tidur biar tidurnya nggak gelisah dan makin berkualitas. Cek juga artikel Rutinitas Sebelum Tidur biar tidur kita makin nyenyak ya!

Cukup Nutrisi

Badan kita sedang ngalamin pertumbuhan makanya asupan nutrisi yang cukup itu sangat penting. Pastiin apa yang kita makan gizinya seimbang, mulai dari sayuran, buah, dan juga daging (ikan, daging sapi, ayam, dll) sebagai protein. Kalo pun kita pingin makan junk food, boleh aja kok, tapi batasi seenggaknya cuma seminggu sekali sebagai treat setelah 6 hari sibuk dengan aktivitas.  

Cukup Happy

Selain ngejaga fisik, mental pun juga musti dijaga. Kalo hati kita senang, tubuh kita bakal ikutan senang dan itu berpengaruh ke hormon dan siklus menstruasi (haid) kita. Jadi, apapun masalah yang kita hadapi tetap dibawa fun dan semangat ya! 

Dan jangan lupa buat selalu sedia Softex Comfort Slim 36cm. Pembalut slim dengan panjang 36cm cocok dipake saat lagi banyak-banyak-nya (extra heavy-flow), menyerap dalam 1 detik sehingga permukaan pembalut cepat kering. Dilengkapi dengan wide backguard yang akan mencegah bocor belakang, jadi mau tidur gaya apapun aman deh! 


Foto: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.