Login

Email
Password


Mybody

911 Period: Boleh Nggak Sih Minum Air Dingin Saat Haid?

18 Agustus 2018

Eh lagi dapet ya? Nggak boleh minum es lho.”

Kita pasti sering banget mendengar mitos haid yang satu ini. Banyak yang bilang kalo pas haid, kita nggak boleh mengonsumsi air es ataupun minuman dingin lainnya karena bisa menimbulkan banyak penyakit, mulai dari nyeri, penggumpalan darah, sampai pemicu tumbuhnya kista di rahim. Wah, bener nggak sih?

Sebenarnya larangan minum air es atau minuman dingin lainnya saat haid adalah salah alias mitos. Sejauh ini, belum ada ilmu kedokteran dan penelitian ilmiah yang menyatakan kalo meminum air es saat menstruasi berbahaya dan akan menimbulkan kista atau kanker rahim. Dilansir dari Detik Health, dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya menjelaskan kalo kista maupun kanker rahim merupakan pertumbuhan yang nggak normal, bukan karena konsumsi minuman, termasuk saat haid.

Faktanya, suhu air dingin yang kita minum akan berubah dan menyesuaikan suhu tubuh. Selain itu, air dingin yang kita minum akan dicerna dulu oleh pencernaan, jadi nggak berhubungan langsung dengan saluran reproduksi.

Asal mula mitos ini timbul karena kita sering merasa nyeri di area perut saat menstruasi atau yang biasa disebut dismenore, di mana otot rahim berkontraksi dengan sangat kuat untuk meluruhkan dinding rahim. Sedangkan di satu sisi, sehari-hari kita suka banget mengonsumsi air dingin yang kadang suka bikin badan kita ngilu atau freezing mendadak. That’s why, muncul anggapan kalo minuman dingin lah penyebab nyeri haid. Padahal bisa jadi karena alasan lain, tapi kalo ini terjadi pada kamu, langsung cek ke dokter ya.

Rasa freezing yang ditimbulkan oleh minuman dingin bersifat temporer dan terjadi karena ada syaraf-syaraf yang bersentuhan langsung dengan rasa dingin, misalnya ngilu pada gigi atau kebas pada lidah. Sedangkan rasa nyeri perut yang berlangsung pada hari-hari pertama haid akan menghilang seiring dengan selesainya siklus menstruasi.

Nah, yang justru dilarang saat menstruasi adalah kondisi tubuh yang kekurangan air. Karena saat menstruasi, tubuh kita justru membutuhkan asupan cairan tubuh yang lebih banyak. Jadi, perbanyak konsumsi air putih baik itu dingin ataupun hangat setiap hari, supaya tubuh kita terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, kita juga bisa lakukan cara-cara berikut supaya haid tetap nyaman!

  1. Biasakan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan olahraga yang teratur. Dengan begitu, siklus haid kita juga teratur dan melenturkan otot yang dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri pada perut.
  2. Jaga berat badan kita supaya selalu tetap ideal, nggak terlalu kurus ataupun terlalu gemuk.
  3. Pilih pembalut yang slim dan nyaman untuk dipakai sehari-hari seperti Softex Hello Kitty Comfort Slim 29 cm, yang mampu menyerap cepat dan cocok banget dipakai waktu lagi heavy flow. Jadi nggak perlu takut bocor saat haid lagi banyak-banyaknya.
  4. Hindari stres dan teralu capek, karena ketidakstabilan hormon akan mempengaruhi masa haid kita juga lho!

Foto: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
1 comments
You must be logged in to post a comment.

Nurlaela


Sep 14, 2018 17:02 PM