Login

Email
Password


Mybody

911 First Period: SEBAB SIKLUS HAID GAK TERATUR

Biarpun mungkin nggak jatuh di tanggal yang sama, tapi menstruasi (haid) yang normal akan datang teratur dan gak akan pernah terlewatkan setiap bulannya. Tapi bisa aja dalam satu atau dua bulan kita gak kedatengan si “tamu bulanan”, kita-kira apa ya penyebabnya?

 

Siklus menstruasi (haid) normalnya adalah 21-35 hari, dengan rata-rata umumnya 28 hari.  Dihitung dari hari pertama menstruasi (haid) kita datang, sampe hari sebelum hari pertama menstruasi (haid) bulan berikutnya.

Kalo ada satu siklus menstruasi (haid) kita gak datang atau teratur setiap bulannya, ada beberapa kemungkinan yaitu:

 

STRES

Stres bikin kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat, yang secara gak langsung akan mempengaruhi produksi hormon reproduksi yang ngatur siklus menstruasi (haid). Akibatnya, siklus ovulasi (proses pelepasan sel telur) jadi terganggu dan gak normal yang berujung siklus menstruasi (haid) kita jadi gak teratur.

 

PERUBAHAN BERAT BADAN YANG DRASTIS ATAU YOYO (NAIK-TURUN)

Kalo kita diet ekstrim tentunya ada perubahan berat badan yang ekstrim juga, entah itu mau naik atau turun, hal ini secara gak langsung mengganggu kerja hormon reproduksi di dalam tubuh. Contohnya, misal berat badan kita tiba-tiba menyusut drastis hal ini akan menyulitkan tubuh buat memproduksi hormon estrogen yang cukup untuk memproses siklus ovulasi. Sebaliknya, penambahan berat yang drastis akan berakibat ngelonjaknya kadar estrogen. Karena itu, kalo kita menjalani diet penurunan atau penaikan berat badan harus diatur secara jelas nutrisinya dan jangan asal meng-cut atau menambah porsi makan. Yang ada bukan hasil yang ingin didapat tapi malah merusak sistem kerja bagian dalam tubuh kita sendiri.

 

PCOS ATAU SINDROM OVARIUM POLIKISTIK

PCOS adalah kumpulan gejala yang disebabin terbentuknya kista-kista kecil di dalam indung telur, dan adanya kista ini bikin hormon jadi gak seimbang. Cewek dengan PCOS biasanya punya kadar hormon estrogen dan progesteron yang gak seimbang, kelebihan hormon androgen atau hormon seks cowok (yang mana seharusnya cewek hanya punya sedikit hormon testosteron), dll. Ketidaknormalan juga terjadi pas proses pelepasan sel telur, ini nyebabin cewek dengan PCOS gak ngalamin menstruasi (haid) sama sekali atau ngalamin menstruasi (haid) tapi volume darahnya hanya sedikit.

 

GIMANA CARA MENGATASINYA?

Yang pasti cukup istirahat, cukup nutrisi, dan harus tetap happy. Menstruasi (haid) adalah alarm tentang kondisi tubuh kita, apabila siklus haid yang kita alami ngalamin 3 kali ketidaknormalan harus segera langsung konsultasikan dengan dokter supaya bisa cepat ditangani.

 

Dan jangan lupa selalu sedia Softex Comfort Slim 2in1. Pembalut slim dengan dua ukuran dalam satu kemasan, cocok dipake untuk satu siklus haid kita. Lebih hemat dan praktis!


Foto: Shutterstock

Related Articles

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.