Login

Email
Password


Mybody

911 FIRST PERIOD : CARA MENCUCI MISS V

05 Februari 2018

Banyak yang berpikir ngebersihin miss v (vagina) kita cukup dicuci dengan air aja, tapi believe it or not banyak yang mencuci miss v kita dengan cara yang salah (mungkin). Yuk coba cek di bawah apakah selama ini cara mencuci miss kamu sudah benar?

 

Sebelum kita masuk ke point, satu hal yang musti banget diingat adalah miss v kita sebenarnya punya system untuk membersihkan dirinya sendiri secara regular. Makanya kalo kita mikirin pingin bantu ngebersihin miss v kita sih sebenarnya nggak perlu-perlu amat, kayak point di bawah ini nih:

 

Pake sabun berparfum (NO!)

Area miss v kita punya aroma yang khas, kalo kita pikir pingin ngilangin aroma tersebut dengan sabun berparfum, NO! Hindarin penggunaan sabun berparfum, gel atau pun antiseptic yang bakal ngeganggu keseimbangan bakteri baik yang ada di dalam atau pun sekitar area miss v kita. Dan salah-salah malah bikin kulit sensitive kita jadi iritasi.

Ini lho cara yang benar membasuh miss v, yaitu dari depan ke belakang.

Mengelap atau membasuh dari belakang ke depan (NO!)

Bagian belakang (bokong) dan bagian depan (miss v) kita punya bakteri baik yang penting untuk keduanya, jadi jangan sampe ‘tercampur’. Nggak mau kan bakteri baik dari bokong tiba-tiba ‘menyasar’ ke miss v kita.

 

Nggak membersihkan labia (bibir miss v)

Labia atau bibir miss v adalah bagian terdepan yang melindungi bagian dalam (misalnya klitoris). Berbeda dengan bagian dalam yang bisa membersihkan sendiri, labia justru butuh bantuan untuk ngebersihin diri dari bakteri yang nggak diinginkan sebelum terjadi infeksi.

Douching (NO!)

Nggak familiar sama namanya? Douching adalah menyemprotkan air (atau shower) langsung ke arah bagian dalam miss v kita. Mungkin maksud kita ‘baik’ untuk membersihkan tapi justru ini membahayakan lho. Karena douching mengganggu pH balance di miss v dengan memaksa keluar bakteri baik yang bekerja untuk memaintain kesehatan miss v kita. Udah gitu parahnya, douching malah jadi bisa memasukkan bakteri yang nggak diinginkan lewat air yang tersemprot ke dalam, yang bisa nyebabin infeksi miss v.

 

Menggosok miss v kita dengan keras.

Pas haid, tentu aja kita pingin membersihkan dari sisa flek atau lendir yang masih menempel di bagian dalam miss v, padahal hal ini nggak boleh dilakukan lho. Apalagi menggosok labia (bibir miss v) pake loofah atau sponge mandi dengan keras. Menggosok bibir miss v bisa nyebabin iritasi, inilah awal mula kenapa area sekitar miss v kita jadi gatal dan kemerahan. Dan bikin kulit kita jadi kayak terkelupas. Kalo udah gini, make sure buat selalu mengeringkan area miss v, lalu pake antiseptic atau petroleum jelly supaya membuatnya lembut. Jangan pake celana ketat untuk ngasih miss v kita ruang buat bernafas.

 

Terlalu sering membersihkan miss v.

Back to the point miss v bisa ngebersihin dirinya sendiri. Membersihkan miss v setidaknya sekali sehari, lebih daripada itu (misalnya 2-3 kali) bisa nggak sengaja membuang bakteri baik untuk ngejaga miss v kita tetap sehat. Dan tanpa memberinya waktu untuk membalance pH yang dibutuhkan oleh miss v kita. Oia membilas tidak termasuk hitungan yaaa.

Mencukur ‘bersih’ rambut miss v.

Ada alasan kenapa miss v kita punya rambut, yaitu untuk menghalang kotoran yang nggak diinginkan. Selain itu, fungsi yang lain adalah sebagai cushion atau bantalan labia miss v jika bersentuhan dengan benda asing (misalnya celana dalam). Rambut miss v

Makanya mencukur habis rambut miss v hanya akan membuatnya infeksi. Jadi kalo ada yang bilang mencukur habis rambut miss v (pubic hair) supaya lebih higienis, justru efek yang ada malah sebaliknya. Kalo pun ingin mencukur rambut miss v, usahakan jangan sampai habis. Pastiin untuk membersihkan dan merawatnya dengan benar serta teratur.

Miss v adalah salah satu organ penting cewek, dan membersihkan adalah rutinitas yang nggak kalah penting. So, make sure kita benar-benar tau gimana cara merawatnya ya Happy Females, terutama pada saat haid dimana kita perlu untuk kasih perhatian ekstra!


Foto: Shutterstock, Wikihow, & berbagai sumber

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

03 Februari 2016

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.