Login

Email
Password


Mybody

8 CARA NGURANGIN BLOATING PAS HAID

30 Mei 2018

“Kenapa ya perut aku selalu kerasa kembung setiap kali dapet menstruasi (haid)? Rasanya sebel dan nggak nyaman banget, apalagi kalo mau pake celana jeans karena bagian perut jadi buncit!”

 

Bloating atau perut kembung adalah perasaan yang normal kita rasain setiap kali kedatangan tamu bulanan alias menstruasi (haid). Perut kembung artinya perut kita penuh sama gas, yang bikin perut jadi buncit dan kencang. Buat sebagian orang perut bloating ngeganggu aktivitas sehari-hari mereka, bahkan nggak jarang ada yang harus ke dokter karena bikin mereka jadi nggak enak badan.

 

Ada banyak alasan kenapa perut kita jadi kembung selama menstruasi (haid). Tapi alasan paling utama adalah karena menstruasi (haid) itu sendiri. Sebelum menstruasi (haid) kita datang, level estrogen dalam tubuh akan meningkat naik sehingga tubuh selalu ngerasa ‘haus’. Sebaliknya, hormon progesterone yang berfungsi sebagai diuretic, bantu membuang kandungan air yang nggak dibutuhin sama tubuh dan akan turun secara signifikan sebelum menstruasi (haid) datang. Perubahan yang signifikan antara hormon estrogen (naik) dan progesterone (turun) ini akhirnya membuat perut menjadi kembung.

Walaupun secara medis bloating bukannya suatu penyakit mematikan tapi tetap aja bikin kita nggak nyaman. Emang mustahil ngilangin rasa kembung sepenuhnya (terkecuali kalo kita udah nggak menstruasi (haid) lagi), tapi tenang aja, ada kok cara untuk mengurangi rasa kembung. Yuk cek di bawah listnya.

 

JANGAN MENGKONSUMSI MAKANAN YANG NYEBABIN GAS

Makanan yang mengandung gas sulit dan lama dicerna sama tubuh. Makanan yang mengandung gas antara lain: susu sapi, kentang, jagung, kol.

 

MINIMALISIR KARBOHIDRAT

Aduh namanya juga orang Indonesia, kalo nggak makan nasi itu kayak ada yang kurang. Tapi demi menjaga biar perut nggak kembung, mending pas lagi menstruasi (haid) kurang-kurangin karbohidrat atau tepung-tepungan deh.

 

KURANGIN GARAM, GULA DAN KAFEIN

Kandungan garam, gula dan kafein yang tinggi dalam tubuh bikin kita membutuhkan banyak air supaya badan nggak dehidrasi, yang akhirnya kita jadi kebanyakan minum dan jadi kembung. Untuk kafein rasanya emang nggak adil ya, secara kafein punya kandungan stress reliever tapi buat minggu “istimewa” kita terpaksa jauh-jauh dulu dari kafein.  

 

PERBANYAK MAKANAN YANG MENGANDUNG POTASSIUM

Makanan yang mengandung potassium sangat baik buat tubuh yang lagi menstruasi (haid), karena potassium seperti yang ada dalam pisang, tomat, asparagus atau kentang manis bisa bantu mengatur cairan dalam tubuh sehingga nggak bikin perut kita kembung.

 

KONSUMSI MAKANAN DENGAN LEMAK SEHAT

Yep, nggak semua makanan mengandung lemak buruk. Makanan yang mengandung lemak baik adalah alpukat, kacang-kacanganan dan chia seeds. Makanan ini juga bisa bantu menurunkan level hormon penyebab perut kembung.

 

MINUM AIR SECUKUPNYA

Minum air bisa meminimalisir rasa kembung. Kalo tubuh kita nggak cukup cairan, dia akan panik dan ngambil cairan dari tempat lain yang bikin tubuh kita nantinya nggak berfungsi secara normal. Karena itu pastiin selalu sedia air minum secukupnya ya.

 

JANGAN MALAS OLAHRAGA

Olahraga bisa bantu sistem sistem pencernaan dan membuat peredaran darah kita lancar, keduanya ini vital dan bisa bantu mengurangi perut kembung saat menstruasi (haid). Tapi musti diingat ya, olahraganya juga jangan terlalu ekstrem. Kalo ekstrem justru malah bisa terjadi inflamasi yang bisa memperparah perut kembung kita, karena itu dibawa santai aja olahraganya. Se-simple jalan keliling komplek rumah atau jalan bolak-balik sekitar 15-30 menit di dalam kamar itu ngaruh banget lho!

 

JANGAN LUPA TIDUR YANG CUKUP!

Yup, tidur sangat penting buat para cewek yang lagi ngadepin menstruasi (haid), karena pada saat tidur tubuh kita memperbaiki diri mereka sendiri (hebat ya!). Danini termasuk menyingkirkan sisa-sisa cairan yang nggak diperluin dalam tubuh dari perut ke saluran pembuangan. Proses maintenance ini sangat penting, karena kalo nggak sisa air yang nggak diperlukan akan terendap dalam perut yang bikin kita semakin kembung. Makanya cewek yang lagi menstruasi (haid) membutuhkan istirahat (tidur) yang lebih daripada yang lain.

 

Kalo ke-delapan cara di atas udah kamu lakuin tapi masih merasa kembung juga, coba langsung ke dokter ya. Semakin cepat diperiksa akan semakin baik!


Foto: Shutterstock

Related Articles

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

01 Mei 2016

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
2 comments
You must be logged in to post a comment.

Wini Widiana


Siip tips nya

Jun 18, 2018 18:06 PM

Putri Ananda Khairunnissa


Jun 03, 2018 15:16 PM