MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Body
MY BODY

7 Hal Yang Sering Ditanyain Soal Vagina

 

Yakin deh ada banyak banget pertanyaan seputar Vagina yang kita pengen tanyain, tapi kok malu banget rasanya kalo nanyain hal itu ke Mama atau Kakak kita? Yang ada seringnya kita obrolin ke temen-temen  dan malah dapet penjelasan yang salah. Coba cek artikel ini buat memenuhi rasa keingintahuan kita seputar Vagina yuk.

 

Kenapa Sih Vagina Berbau Dan Apakah Itu Normal?

Kalo kita beranggapan Vagina itu harus memiliki keharuman bak semerbak bunga, well, jelas itu anggapan yang salah girls. Basically, nggak ada Vagina yang bebas bau, karena hal tersebut merupakan hal yang normal dan pertanda sehat. Bau ini dihasilkan dari asam (pH) yang terkandung dalam cairan Vagina, yang normalnya berada di bawah 4.7. Namun pada  masa haid, bau ini akan berubah, karena pH yang ada juga meningkat hingga 7.4. Makanya nggak heran kan ktia sering nemuin kondisi Vagina berbau amis  dan menyengat pada masa haid, and its completely normal girls.

 


Apa Penyebab Vagina Kita Gatal?

Ada banyak penyebab kenapa bagian luar atau dalam Vagina kita terasa gatal. Beberapa penyebabnya adalah infeksi jamur, bakteri, tingkat estrogen yang nggak stabil menjelang haid, kondisi kulit eksim dan psoriasis, kudis, infeksi kutu rambut kemaluan, pembalut yang nggak cocok, atau reaksi alergi dari bahan kimia seperti sabun, produk pembersih tubuh seperti krim atau cairan pembilas Vagina.

 

Buat mengatasinya, kita harus segera memeriksakan diri ke dokter, apalagi kalo gatalnya sudah sangat mengganggu. Buat mengantisipasinya, hindari banget menggaruk bagian gatal, dan lebih baik tepuk atau menekannya dengan lembut. Hindari juga mandi menggunakan air panas, dan selalu rutin mengganti celana dalam untuk menjaga kebersihan organ intim kita.

 

Haruskah Kita Mencukur Rambut Disekitar Vagina?

 

 

Fungsi rambut kemaluan sebenarnya adalah untuk penghalang bakteri ataupun virus masuk langsung ke dalam Vagina kita. Tapi kalo kita merasa lebih nyaman untuk mencukur atau merapikannya, nggak masalah kok karena tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan. Yang perlu diperhatikan adalah metode yang kita gunakan untuk menghilangkan rambut tersebut. Metode yang paling sering digunakan adalah waxing, laser, trimming, dan shaving. Saat kita mencukur atau menggunting rambut kemaluan, make sure kita menggunakan pisau cukur atau gunting yang tajam dan baru untuk menghindari infeksi, serta gunakan krim cukur atau lotion.

 

Perlu Nggak Sih Kita Membersihkan Vagina Dengan Sabun Khusus Pembersih Vagina?

Sebenernya kita nggak perlu cairan pembersih khusus buat membersihkan Vagina, cukup dengan air hangat dan sabun lembut tanpa pewangi, gunanya adalah untuk membuat flora bakteri baik dan normal yang seharusnya emang ada di area tersebut tidak menghilang.

 

Emang Benar Kita Nggak Boleh Sering Pake Celana Terlalu Ketat?

Bener banget, bukan cuma karena akan nimbulin rasa nggak nyaman pada saat kita mengenakannya, menggunakan celana (atau celana dalam) terlalu ketat akan menambah resiko infeksi jamur dan membuat Vagina kita jadi kurang bernafas, cenderung lebih panas dan juga lebih lembab. Kondisi seperti ini yang menjadi habitat favorit bakteri untuk berkembang biak. Ketatnya celana juga menyebabkan terjadinya gesekan kain pada kulit yang mengakibatkan kulit lecet dan iritasi.

 

Katanya Keseringan Naik Sepeda Dan Olahraga Ekstrim Bakal Merusak Selaput Dara Kita Ya?

Hymen atau selaput dara yang merupakan pertanda keperawanan merupakan jaringan tipis yang menghambat benda asing masuk ke Vagina. Biasanya hymen ini akan pecah ketika melakukan hubungan seksual buat pertama kalinya, dan mengakibatkan perdarahan ringan dan rasa nyeri. Namun, masuknya benda asing ke dalam Vagina tidak menjadi satu-satunya penyebab hymen robek. Beberapa gerakan olahraga memiliki resiko merobek hymen, seperti split, berenang yang memberikan tekanan keras pada otot panggul, bersepada karena meregangkan otot panggul dan tekanan pada sadel, berkuda dan juga senam lantai. Namun resiko tersebut terjadi apabila gerakan yang dilakukan cenderung ekstrim, jadi kita nggak perlu khawatir kok dan takut berolahraga. Dan perlu diingat, hymen yang robek akibat gerakan olahraga tidak lantas membuat seorang cewek nggak perawan lagi ya.

 

Berapa Lama Sih Pembalut Harus Diganti Pada Saat Haid?

Kelembapan emang jadi musuh utama Vagina. Makanya pada saat haid, penting banget buat kita mengganti pembalut paling nggak 3 jam sekali, karena di atas jam tersebut besar banget kemungkinan buat bakteri dan jamur tumbuh di Vagina kita. Kalo selama ini kita beranggapan deras tidaknya atau sedikit tidaknya darah haid yang keluar sebagai pertimbangan harus mengganti pembalut, pada saat darah haid sedikit pun kita tetap harus mengganti pembalut setiap 3 jam sekali. Karena kalo lebih lama maka flora di Vagina akan tumbuh dan meningkatkan resiko infeksi.

 

 

Makanya penting banget buat memilih pembalut yang bisa membuat masa-masa haid kita terasa nyaman dan bebas lembab, kayak Softex Comfort Slim 42 cm. Kemampuannya menyerap cairan dalam 1 detik, bikin permukaan pembalut cepet kering dan menghindari kita dari keadaan lembab, dan terhindar dari kuman penyakit.

 

 


Foto : Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :