Login

Email
Password


Mybody

5 PERUBAHAN FISIK ‘ANEH’ PAS PUBER TAPI SEBENARNYA NORMAL

10 Juli 2018

Perubahan fisik pas puber itu seru tapi bikin H2C, alias harap-harap cemas. Nggak seperti yang kita bayangin, puber bikin kita jadi wondering sama badan sendiri. Karena hormon, muka yang tadinya mulus tau-tau muncul jerawat atau payudara kita kok keliatan nggak seimbang. Nggak usah panik dan takut, di artikel ini Happifyourworld ngumpulin beberapa pertanyaan seputar perubahan fisik yang musti kamu tahu jawabannya. Let’s check it out!

 

“ADUH KENAPA SIH SIKLUS MENSTRUASI (HAID) AKU NGGAK STABIL DAN KADANG UNPREDICTABLE?”

Kalo kita ngerasa menstruasi (haid) kita nggak stabil, misalnya bulan ini ringan, bulan kemarin heavy-flow. Atau tanggal dapat menstruasi (haid)-nya nggak nentu, kadang maju atau mundur, nggak menentu selalu dapat sesuai siklus haid umumnya (28 hari). Ini semua bisa terhitung sebagai menstruasi (haid) yang nggak teratur. Nggak usah panik. Faktanya, hampir kebanyakan cewek ngalamin siklus dan volume darah menstruasi (haid) yang nggak stabil di awal-awal tahun pubertas. Hal ini karena tubuh kita masih berusaha menyesuaikan dengan perubahan fisik yang terjadi. Hanya aja menurut The Official Journal of the American Academy of Pediatrics, kalo siklus menstruasi (haid) kita nggak datang juga lebih dari 90 hari (3 bulan) sejak hari terakhir kita dapat menstruasi (haid), atau berturut-turut datangnya nggak teratur, langsung periksakan ke dokter ya.

 

“KOK UKURAN PAYUDARA AKU BEDA?”

Hal ini normal kok. Sama kayak bagian tubuh kita lainnya, pas puber payudara kita ngalamin proses tumbuh dan berkembang (literally). Dan selama proses tersebut wajar kalo keduanya punya ukuran yang nggak sama. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca di artikel ini PAYUDARA BESAR SEBELAH, NORMAL NGGAK SIH?

 

“KENAPA TIBA-TIBA MUNCUL STRETCH MARKS DI BADAN AKU?”

Stretch mark atau garis-garis halus berwarna pink atau putih yang muncul di badan kita (terutama di bagian perut, payudara, paha, bokong, dan lengan bawah) muncul akibat efek dari pertumbuhan tinggi dan berat badan. Ketika badan kita tumbuh kulit akan meregang dan menimbulkan stretch marks. Biasanya stretch marks ini nggak ada efek berarti sama kesehatan dan akan hilang sejalannya dengan waktu. Tapi kalo kita ngerasa terganggu, bisa pake lotion khusus stretch mark atau vitamin E buat ngilangin atau mudarin stretch marks.

 

“KENAPA AKU JADI JERAWATAN YA? NGGAK CUMA DI MUKA TAPI JUGA DI BADAN, ITS EVERYWHERE!”

 Nggak bisa dipungkiri jerawat adalah salah satu efek puber yang paling menjengkelkan. Sayangnya kombinasi keringat, minyak, kotoran yang menutup pori-pori dan ditambah hormon nggak bisa kita hindarin. Tapi dengan perawatan skin care yang tepat, jerawat bisa banget kita kontrol. Yang penting, pastiin skin care kita sesuai dengan jenis tipe kulit wajah, jangan lupa rutin ngebersihin wajah. Kalo perlu pake salicylic acid buat bantu meredam acne breakouts.

 

“BULU KETIAK AKU KENAPA LEBAT BANGET?!”

Bulu ketiak dan pubic hair muncul ketika kelenjar adrenalin meningkatkan produksi hormon yang disebut DHEA. Hormon ini jugalah yang ngeluarin bau tubuh (body odor) dan kadang jerawat. Tahap munculnya rambut di beberapa bagian tubuh ini disebut adrenarche. Setiap cewek normalnya akan ngalamin adrenarche di umur 8 tahun, dan hormon setiap cewek beda-beda. Kalo misalnya rambut tubuh kita lebat bisa jadi produksi hormon yang dikeluarkan lebih banyak. But here’s the tips: selama rambut tubuh itu nggak mengganggu lebih baik jangan dicukur sampe gundul. Karena sebenarnya rambut tubuh itu punya banyak manfaat kesehatan lho. Salah satunya mencegah bakteri dan kuman.


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

01 Mei 2016

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.