MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Body
MY BODY

5 Kebersihan Yang Harus Diperhatikan Selama Haid

 

Ada 5 hal yang harus ekstra kita perhatikan dan jaga kebersihannya selama menstruasi (haid) nih. Jangan sampe lupa, karena ini semua demi kepentingan kesehatan organ intimmu!

 

Ganti Pembalut Tiap 3 Jam Sekali Dan Pilih Pembalut Yang Baik

 

 

Sibuk, apalagi malas, bukan alasan untuk nggak mengganti pembalut lho Happy Females. Pembalut nggak diganti atau dipakai terlalu lama bisa ngakibatin Miss V jadi lembap, terjadi infeksi jamur, serta mengubah bakteri baik menjadi bakteri jahat. Seperti yang kita tahu, Miss V kita punya bakteri baik untuk menjaga kesehatan tapi akibat tidak mengganti pembalut terlalu lama, bakteri ini berubah menjadi bakteri jahat dan beresiko naik ke area Rahim atau indung telur.

 

Mau flow haid kita lagi normal ataupun heavy-flow, tetap ganti pembalut tiap 3 jam sekali ya!

 

Selain itu, pilih pembalut yang punya sirkulasi udara yang baik. Seperti rangkaian Softex Comfort Slim yang punya breathable layer atau lapisan bersirkulasi udara yang memungkinkan area Miss V kita bisa bernapas sehingga mencegahnya dari lembap. Selain itu, menyerap dalam satu detik jadi cepat kering dan pillow-feel topsheet, permukaan senyaman bantal tidak akan membuat iritasi Miss V. Dengan berbagai ukuran yang bisa dipilih sesuai banyak menstruasi (haid)-mu!

 

 

Cuci Tangan Dengan Bersih Sebelum Dan Sesudah Mengganti Pembalut

 

 

Jangan lupa ya, karena tangan kita termasuk yang sering dihinggapi kuman karena selalu dipake untuk menyentuh apapun. Terutama pas membuka dan memakai pembalut, pastikan tangan kita udah bersih karena bisa aja kuman ke-transfer dari tangan ke pembalut.

 

Selain itu, rajin potong kuku. Jangan biarkan kuku jari tangan panjang karena bakteri dan kuman seringkali bersembunyi di sela-sela kuku. Kuku yang panjang juga beresiko akan menggores kulit ketika kita membersihkan organ intim.

 

 

Bersihkan Organ Intim Sebelum Ganti Pembalut

 

Sebelum pake pembalut baru, bersihkan dulu Miss V kita. Jangan pake sabun pembersih Miss V, apalagi yang berparfum. Sabun pembersih beresiko membunuh bakteri baik yang berguna pada Miss V. Cukup basuh dengan air bersih (atau air hangat juga boleh), bersihkan dari depan ke belakang (dari arah Miss V ke anus), JANGAN SEBALIKNYA! Dan hindari vaginal douching .

 

Bersihkan juga area sekitar Miss V yang terkena darah menstruasi (haid) untuk menghindari aroma tidak sedap. Kemudian keringkan dengan handuk atau tisu.

 

Mandi Dua Kali Sehari

 

Ketika menstruasi (haid) hormon bikin kita jadi nggak mood untuk beraktivitas, bahkan mandi. Bergerak sedikit aja perut nyeri apalagi mandi. Padahal, pas menstruasi (haid) tubuh kita memproduksi lebih banyak hormon estrogen, hormone inilah yang bertanggung jawab dengan banyaknya produksi minyak dan keringat di tubuh.

 

Jadi nggak heran deh kalo pas menstruasi (haid), tubuh cewek punya aroma tertentu (yang -scientifically proven- bisa dideteksi oleh hidung cowok!) dan mengeluarkan keringat lebih banyak (karena di saat siklus menstruasi suhu tubuh cewek cenderung naik). Makanya jangan malas mandi pas lagi menstruasi (haid), selain buat ngejaga kebersihan juga biar nggak dijauhin orang-orang di sekitar hehe…

 

Selama menstruasi (haid), kita juga boleh kok berendam di air hangat. Hal ini disarankan oleh para ahli untuk merileksasikan tubuh yang tegang akibat proses menstruasi (haid).

 

Rutin Ganti Celana Dalam

 

Bukan cuma pembalut aja yang harus diganti, tapi celana dalam juga wajib lho Happy Females! Celana dalam yang bersih bisa menghindari resiko rasa nggak nyaman di sekitar area organ intim, khususnya di bagian lipatan paha dalam. Pilih celana dalam yang berbahan katun yang bisa menyerap keringat. Selain celana dalam, pilih bawahan yang tidak terlalu ketat ya.

 

 


Foto : shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates