MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Body
MY BODY

5 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Menstruasi

Gimana caranya biar bisa tidur nyenyak pas lagi menstruasi(haid)?

Masa-masa menstruasi (haid) kadang bikin kita nggak nyaman melakukan aktivitas apapun, terutama tidur malam yang bikin kita khawatir takut tembus. Merasa senasib? Tenang, lakukan 5 cara di bawah ini supaya tidur malam kita jadi tenang dan nyenyak.

 

BIKIN SUHU RUANGAN KAMAR JADI LEBIH SEJUK

mengatur suhu ruangan kamar biar lebih nyaman

Saat menstruasi (haid), suhu badan memang meningkat karena dipengaruhi oleh perubahan hormon. Makanya, badan kita jadi gampang merasa gerah dibanding hari-hari biasa. Atur suhu ruangan kita dengan AC atau kipas angin (tapi jangan diarahkan ke badan ya) supaya lebih sejuk, yaitu sekitar 18-21 derajat Celsius. Pastikan juga kamu menggunakan bantal yang cukup empuk. Dijamin deh, tidur akan jadi makin nyenyak!

 

KURANGI MAKANAN PEDAS, BERMINYAK, DAN BERKAFEIN

kurangi makan atau ngemil berat dan minum kafein sebelum tidur

Sesuka apapun kita sama ayam geprek ataupun kopi kekinian, sebaiknya kurangi dulu konsumsinya saat kita sedang menstruasi (haid). Seperti yang kita tahu, makanan pedas dan berminyak serta minuman yang mengandung kafein tinggi akan rentan membuat perut kita penuh gas dan bikin kembung. Pastinya kondisi ini bikin badan kita jadi nggak enak, apalagi dibawa tidur malam. Nggak mau kan jadi begadang semalam suntuk hanya karena perut kembung?

  

MINUM AIR HANGAT SEBELUM TIDUR

kurangi makan atau ngemil berat dan minum kafein sebelum tidur

Karena perutmu rentan kram dan nyeri karena menstruasi (haid), jangan lupa untuk minum air hangat sebelum tidur. Rasa hangat dari minuman yang kita konsumsi dapat membuat perut kita terasa lebih nyaman. Kita juga bisa mengusapkan minyak kayu putih atau menempelkan water bag yang sudah diisi air hangat untuk mengantisipasi rasa nyeri berlebih akibat datangnya kram perut.

 

TIDUR DENGAN POSISI BADAN MIRING DAN MERINGKUK

tidur dalam posisi fetal

Kalau biasanya kita tidur dengan posisi badan terlentang atau tengkurap, saat menstruasi (haid) kita bisa menggantinya dengan posisi meringkuk (fetal position), dengan menekuk kaki sedikit ke arah dada. Posisi tidur ini punya dua keuntungan buat kita yang sedang menstruasi (haid), yaitu sedikit meredakan kram perut yang biasa terjadi, dan juga meminimalisir darah menstruasi (haid) ‘tembus’ ke atas kasur.

  

PAKAI PEMBALUT KHUSUS UNTUK MALAM HARI

pembalut softex comfort slim overnight varian

Terakhir dan justru yang paling penting. Saat lagi banyak-banyaknya, hal yang bikin kita paling nggak bisa tidur nyenyak adalah takut darah menstruasi (haid) bocor dan mengotori tempat tidur kita. Makanya pakai pembalut khusus untuk tidur malam. Kita bisa gunakan Softex Comfort Slim overnight variant dengan berbagai ukuran yang bisa disesuaikan. Ada ukuran 29cm, 36cm, dan 42 cm. Dengan panjang yang pas menyesuaikan tubuh, tebalnya yang slim membuat pembalut overnight variant ini nyaman banget dipakainya.

Dengan daya serap tinggi 3000 fast absorb holes, bikin kita gak kuatir bocor mau apapun gaya tidurnya.

 


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :