Login

Email
Password


Mybody

4 FAKTA HAID PERTAMA (MENARCHE)

Pas kita tumbuh dewasa, kita akan ngalamin mesntruasi (haid) pertama yang disebut menarche. Biarpun mungkin aja kita udah dapat berbagai info dari mama ataupun dari kakak, tapi gak ada salahnya untuk tahu lebih dalam tentang menstruasi (haid) pertama. Ini dia 4 fakta menstruasi (haid) pertama yang harus kita tahu.

 

KAPAN MENSTRUASI (HAID) PERTAMA TERJADI?

Menstruasi (haid) pertama normalnya terjadi di usia 11 – 14 tahun. Tapi bisa juga lebih awal (usia 9 tahun) atau lebih lambat (usia lebih dari 15 tahun). Kalo kita udah ngalamin menarche sebelum usia 9 tahun, bisa jadi kita ngalamin pubertas prekoks atau pubertas dini.

Perbedaan waktu menstruasi (haid) pertama atau menarche antara anak cewek yang satu dan lainnya ini normal banget kok. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi menarche. Diantaranya pola makan, stres, aktivitas fisik, atau bisa juga karena faktor keturunan. Makanya, gak usah minder atau malu kalo kita belum dapat menstruasi (haid) pertama diantara teman se-geng lainnya ya.

 

FAKTOR APA AJA SIH YANG BISA MEMPENGARUHI MENSTRUASI (HAID) PERTAMA ATAU MENARCHE?

Faktor sosial atau lingkungan tempat kita tumbuh punya andil besar untuk mempengaruhi menstruasi (haid) pertama atau menarche. Diantaranya adalah:

  1. Faktor keturunan, apakah ibu atau kakak kita menarche-nya cepat atau tidak,
  2. Hormon,
  3. Lemak tubuh,
  4. Aktivitas fisik, rutin atau tidak berolah raga,
  5. Perokok aktif atau pasif,
  6. Tinggi dan berat badan,
  7. Gizi,

Selain di atas, ada juga faktor yang mempengaruhi menarche yang terlambat, yaitu:

  1. Kadar lemak ada di bawah 15 – 22% dari total berat badan. Selain berpengaruh ke menarche jadi lebih lambat, kadar lemak tubuh yang rendah juga bisa berpengaruh ke lonjakan pertumbuhan (growth spurt).
  2. Anak cewek yang menderita diabetes mellitus tipe 1.

 

APA YANG TERJADI KETIKA KITA MAU MENGALAMI MENARCHE?

Jangan sampe salah atau ketuker, sebelum menarche kita akan ngalamin PMS (Pre-Menstruasl Syndrome) dengan tanda-tanda sebagai berikut:

  1. Payudara terasa nyeri dan membesar,
  2. Emosional dan mood selalu naik turun,
  3. Kembung (bloating) dan ada rasa sakit kram di sekitar perut, nyeri di punggung, atau kaki jadi terasa kebas (baal),
  4. Keluar cairan atau flek (keputihan).

 

APA YANG TERJADI PAS KITA MENGALAMI MENARCHE?

  1. Keluar darah coklat dalam bentuk spotting (flek),
  2. Di hari-hari awal menarche, darah menstruasi (haid) baru akan keluar sedikit demi sedikit. Jumlahnya baru akan bertambah banyak dan berubah warna menjadi merah di hari-hari berikutnya (bisa juga di bulan berikutnya).
  3. Musti diingat, di tahun-tahun awal menarche darah menstruasi (haid) akan belum stabil dan belum teratur. Baik volume maupun siklusnya, hal ini karena tubuh masih berusaha menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Siklus menstruasi (haid) baru akan mulai teratur ketika memasuki tahun kedua, dengan volume darah yang lebih stabil banyaknya. Di saat inilah kita harus prepare pembalut (dan pantyliners sebelum menarche datang). Sedia Softex Hello Kitty 2in1 yang punya dua ukuran dalam satu kemasan yang pas untuk satu kali siklus haid. lebih hemat dan praktis!
  4. Periode menarche berlangsung 3 – 7 hari setiap bulan,

 

IMPORTANT: SEX EDUCATION ALERT!

APAKAH SETELAH MENARCHE KITA BISA HAMIL?

Jawabannya bisa. Kehamilan bukan disebabkan berapa kali hubungan badan dilakukan, tapi ketika sel telur cewek yang dilepaskan ovarium bertemu dengan sperma dari cowok. Jadi kalo kita berhubungan badan ketika mendekati waktu se telur dilepaskan, kemungkinan besar kehamilan bisa terjadi.

Anggapan bahwa hubungan seksual pertama kali gak menyebabkan kehamilan atau anak cewek yang baru dapat menarche belum bisa hamil karena secara fisik tubuhnya belum siap untuk hamil, itu salah banget. Menurut Medic.Health, berapapun usia anak cewek, mau itu 10 tahun atau 13 tahun, jika sudah dapat menarche maka bisa dipastiin dia mampu untuk hamil, walaupun sebenarnya tubuhnya belum cukup matang untuk hamil. Karena itu, jaga tubuh kita baik-baik karena udah pasti tubuh kita gak ada gantinya di dunia ini.


Foto: Shutterstock    

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.