Login

Email
Password


Whatsnow

UNIKNYA PERAYAAN NATAL DI BERBAGAI BELAHAN DUNIA

23 Desember 2017

Natal identik dengan kebahagiaan dan keceriaan. Meski dirayain di seluruh belahan dunia, banyak banget kebiasaan Natal yang beda antara satu negara dengan negara yang lain, yang berasal dari tradisi daerah tersebut di masa lalu. Apa aja fun fact di balik tradisi Natal dan gimana Natal dirayain di berbagai belahan dunia?

JEPANG

Meski bukan agama mayoritas, rata-rata penduduk Jepang seneng ikutan perayaan Natal… di KFC! Yup, awalnya kurang lebih 4 dekade lalu, resto siap saji ini bikin campaign makan ayam di malam Natal, hingga akhirnya sampe saat ini ada mindset pada masyarakat Jepang kalo Natal berarti harus banget makan KFC. Nggak hanya itu, white sponge cake dengan topping strawberry yang cantik banget juga biasanya ludes dibeli sebagai kue yang wajib ada di meja pada saat Natal.

 

KOLOMBIA

Little Candle’s day jadi pertanda diawalinya musim Natal di Kolombia. Buat menghormati Bunda Maria, masyarakat Kolombia masang lilin dan lentera kertas di jendela, balkon dan halaman depan rumah mereka. Lama-kelamaan tradisi rumahan ini berkembang jadi tradisi satu Negara, sampe akhirnya beberapa wilayah ngadain kompetisi siapa yang membuat susunan lentera paling bagus di lingkungannya.

 

INDIA

Karena India merupakan Negara tropis, sampe tradisi pohon Natal yang di beberapa Negara lain menggunakan pohon cemara, di India digantikan dengan pohon pisang atau pohon mangga.

 

AUSTRIA

Dalam tradisi masyarakat Austria, anak-anak yang berperilaku baik sepanjang tahun akan ngedapeti hadiah dari Santa Claus, sementara mereka yang bandel bakalan dibawa dalam karung sama Krampus, kaki tangannya Santa Claus. Makanya di minggu-minggu pertama Desember, banyak anak-anak muda Austria yang berpakaian menyerupai Krampus buat nakut-nakutin anak kecil.

 

JERMAN

Di Jerman ada kepercayaan kalo Father Christmas Nikolaus bakalan jalan-jalan di malam Desember tanggal 6 barengan keledai, dan ninggalin koin, coklat, mainan, dan jeruk di dalam sepatu anak-anak yang udah bererpilaku baik selama satu tahun. Katanya sih, St. Nicholas bakalan dateng juga ke rumah atau sekolah-sekolah dan ngasih hadiah dengan jani ‘barteran’ puisi atau lagu Natal dari anak-anak. Tapi mirip sama Krampus, St. Nicholas juga punya temen buat menghukum anak-anak yang bandel, namanya Knecht Ruprecht yang berpakaian gelap berjanggut kotor, serta ngebawa bel dan tongkat cambuk kecil. Hiii!

 

UKRAINA

Sarang laba-laba mungkin erat kaitannya sama hal yang kotor. Tapi beda dengan masyarakat Ukraina yang ngejadiin sarang laba-laba sebagai penghias pohon Natal mereka. Ini karena menurut legenda yang ada, dahulu kala ada seorang wanita yang saking miskinnya sampe nggak bisa ngedekor pohon Natal buat anak-anaknya. Sampe setelah dia bangun tidur, tiba-tiba pohon Natalnya udah berhiaskan jarring laba-laba yang bersinar cantik perak dan keemasan. Meski sekarang masih suka dijadiin sebagai hiasan pohon Natal, masyarakat Ukraina lebih seneng make jarring laba-laba palsu. Agak ribet yaa kalo harus ngumpulin jarring yang asli, hehehe.

 

REPUBLIC CZECH

Yang jomblo pas Natalan, bisa nih dateng ke Czech, karena tradisinya unik banget. Mereka percaya dengan ngelempar sepatu pas Natalan berlawanan arah dengan pintu melewati bahu, dan ujung sepatu tersebut nantinya menghadap ke pintu, kita bakalan ketemu jodoh segera dan bisa nikah cepet! Hmm, jadi pengen nyoba!

 

MANADO

Kalo ke Manado di bulan Desember kita bakalan ngeliat kemeriahan yang nggak biasa girls, karena dari awal Januari aja anak-anak muda di sana udah berdandan dengan pakaian Santa Claus dan mendatangi rumah-rumah buat ngasih hadiah dan nasehat ke anak-anak. Nah, ada lagi tradisi Kunci Taon, di mana ada pawai kostum keliling kota dengan kostum yang lucu, yang biasanya diadain pas hari Minggu di bulan Januari, yang jadi penutup rangkaian perayaan Natal di bulan Desember.

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

03 Februari 2016

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

03 Februari 2016

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.