Login

Email
Password


Whatsnow

LITTLE TOKYO AROUND THE WORLD

31 Oktober 2017

Japan Town atau Little Tokyo adalah sebutan untuk daerah di luar Jepang,  dengan mayoritas masyarakat keturunan Jepang yang berdomisili dan berkegiatan di sana.  Ada banyak banget mini Tokyo atau Little Tokyo yang tersebar di seluruh dunia. Alasan penyebarannya pun bermacam-macam dan berkilas balik lagi ke sejarah dan budaya di masa lalu. Contohnya kayak Little Tokyo di negara-negara berikut ini.


Amerika dan Jepang punya catatan sejarah panjang, termasuk saat era Perang Dunia II. Makanya nggak heran di AS sendiri ada beberapa komunitas Jepang yang tersebar dan menjadi komunitas resmi Jepang-Amerika, yaitu Japantown di San Fransisco, Japantown di San Jose, dan Little Tokyo di Los Angeles.

 

LITTLE TOKYO, LOS ANGELES

Little Tokyo adalah komunitas Jepang yang paling terkenal di Amerika Serikat dan telah ada semenjak awal abad ke-20. Sebutan lain bagi tempat ini adalah Lil’ Tokyo atau Sho-tokyo. Ada sekitar 30 ribu keturunan Jepang yang berdomisili di area ini. Karena menjadi melting pot buat para keturunan Jepang-Amerika, nggak heran pada area ini kita bisa nemuin banyak banget tempat ibadah macam kuil Hongwanji Buddhist temple, restoran, kafe dan museum kayak the Japanese American National Museum yang berhubungan dengan budaya Jepang. Kalo jalan ke sini, kita juga bakal nemuin banyak toko mainan elektronik dan video games yang terkenal banget di Jepang, bahkan manga dan anime pun juga nggak sulit ditemuin di sini.

 

JAPANTOWN, SAN FRANSISCO

J-Town atau dalam bahasa Jepang berarti Nihonmachi, berada di San Fransisco, California. Terdiri dari 6 blok, area ini menjadi area etnis minoritas terbesar di San Fransisco. Para imigran Jepang mulai mendiami area ini pada tahun 1906an. Karena hubungannya yang baik antara San Fransisco dan Osaka, San Fransisco didaulat menjadi sister city dan mendapat predikat Little Osaka. Bahkan satu blok di Buchanan Street, Japantown diberi nama Osaka Way pada tahun 2007 lalu. Serunya lagi, dalam satu tahun Japantown rutin ngadain festival, seperti The Northern California Cherry Blossom Festival yang diadain selama dua minggu di bulan April, dan Nihonmachi Street Fair selama satu minggu di bulan Agustus.

 

JAPANTOWN, SAN JOSE, CALIFORNIA

Awalnya, penghuni Japantown kebanyakan adalah kaum pria yang tertarik mencari pekerjaan di Amerika. Namun di awal abad ke-20, lama kelamaan kaum wanita datang untuk mencari jodoh dan menikah. Barulah pada setelah itu mulai bermunculan keluarga-keluarga yang kemudian menjadi cikal bakal komunitas Jepang di Japantown ini. Pada tahun 1941, terdapat 53 tempat usaha di area ini, yang sayangnya pada saat masa PD II dipaksa untuk masuk ke camp khusus dan keluar dari Japatown berkat hubungan Jepang dan Amerika yang memburuk. Sekarang di era modern, Japantown masih rajin ngadain festival buat melestarikan budaya Jepang dan jadi atraksi turis, kayak misalnya Festival Obon di bulan Jli, Nikkei Matsuro setiap musim semi, Aki Matsuri dan The Spirit of Japantown Festival di musim gugur.

 

LITTLE TOKYO, BLOM M, JAKARTA

Area Blok M- Melawai udah lama banget dikenal sebagai tempat tujuan buat kita yang pengen ngerasain jalan-jalan kayak di kota-kota Jepang. Sejarah adalah pada awal tahun 90an, di Wisma Aldiron pernah menjadi mess atau tempat tinggal bagi orang Jepang yang bekerja di Jakarta. Nah untuk memenuhi kebutuhan mereka, maka dibuatlah berbagai macam bisnis dan toko khas Jepang, mulai dari resto, supermarket, bank, karaoke, sampe spa. Salah satu resto Jepang tertua yang ada di area ini adalah Izakaya Taichan, yang nawarin makanan otentik Jepang. Buat yang mau tau makanan yang dijual di supermarket Jepang, bisa nyoba belanja di Papaya, karena kita bisa juga jajan sushi murah meriah senang. Ada juga Kashiwa, resto yang harga makanannya nggak terlalu mahal dan nyajiin menu Negima, Orino Shioyakisoba, takotakim tori, karagem kaisen okonomiyaki, gyoza dan age dashi tofu.

Nggak ketinggalan festival juga rajin diadain di sini setiap tahunnya, yaitu Little Tokyo Festival Ennichisai Blok M yang di dalamnya kita bisa explore kulinr, seni dan kebudayaan Jepang tradisional modern, dan udah diadain sejak tahun 2010. Setiap tahunnya ada lebih dari 200 ribu pengunjung dan 150 stand makanan, minuman dan pernak-pernik khas Jepang. Ada juga pertunjukan tradisional seperti Mikoshi, Dashi, modern band dan juga cosplay. Tahun depan, Little Tokyo Festival Ennichisai akan diadain pada 30 Juni-1 Juli 2018.

 

DUSSELDROF, JERMAN

Warga Jepang banyak mendiami area ini sejak tahun 1950an, dan kini terdapat sekitar 11 ribu keturunan Jepang yang mendomisili wilayah ini. Berbeda dengan komunitas Jepang di Amerika dan Indonesia, komunitas Jepang di Dusseldrof awalnya terbangun atas kepentingan bisnis antara kedua negara. Meski begitu, kita tetep bisa nemuin berbagai macam festival diadain di sini, seperti contohnya the Japan Day yang diadain di bulan Mei atau Juni di mana kita bisa liat pertunjukan kembang api yang keren banget, dan menjadi event terbesar yang diadain di Eropa.


Foto: berbagai sumber

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

03 Februari 2016

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

03 Februari 2016

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.