Login

Email
Password


Whatsnow

HALLOWEEN FESTIVAL AROUND THE WORLD

21 Oktober 2017

Tanggal 31 Oktober udah lama dikenal sebagai perayaan Halloween. Meskipun Indonesia nggak merayakan festival tersebut, tapi kita seringkali ngerasain serunya berdandan jadi orang lain dan ngeliat dekor pumpkin serba oranye dan hitam yang lucu-lucu. Ternyata selain Amerika Serikat, ada beberapa Negara juga yang merayakan festival serupa lho.

 

Sejarah Halloween emang panjang banget dan berasal dari berbagai macam perpaduan kebudayaan bangsa. Ada yang bilang tradisi ini berasal dari bangsa Skotlandia di mana perayaan All Hallows Eve atau Malam yang Sepenuhnya Suci/Keramat dipengaruhi festival panen dan festival orang mati dari tradisi kaum pagan. Banyak juga penelitian yang mencatat asal usus Halloween berasal dari pesta bangsa Romawi yang menghormati Dewi Pomona atau Dewi buah-buahan dan biji-bijian.

Festival serupa juga sering dikaitkan dengan festival Samhain bangsa Irlandia yang merayakan pergantian musim panen ke musim dingin sambil mengenakan kostum. Ada juga yang mengaitkan tradisi ini dengan perayaan All Saints Day untuk menghormati orang-orang kudus dan mereka yang baru saja meninggal, yang dirayakan setiap 1 November. Nggak sedikit juga yang percaya tanggal 31 Oktober adalah waktu di mana pintu dua dunia (akhirat dan dunia nyata) terbuka, dan mahluk dari dunia lain dapat bebas berkeliaran di dunia manusia.

 

TRICK OR TREAT?

Trick or treat dan hiasan Halloween adalah salah satu tradisi yang paling terkenal

Perlahan dengan semakin tersebarnya masyarakat dunia, tradisi Halloween pun makin melebar maknanya. Di Amerika sendiri tradisi ini berubah menjadi tradisi perayaan kostum, di mana banyak anak-anak, tua dan muda, berpenampilan sebagai orang lain. Dulunya kostum ini digunakan untuk menipu para mahluk halus yang datang ke dunia manusia agar tidak bisa mengenali identitas asli mereka dan tidak bisa membawa mereka ke dunia akhirat. Selain make kostum, anak-anak pun di hari itu akan mengetuk pintu rumah orang-orang dan berkata “Trick or Treat”, artinya pilih mana, ngasih mereka permen atau rumah mereka akan dijahili. Seru juga ya! Gimana dengan tradisi dari Negara-negara lain ya?

 

DIA DE LOS MUERTOS – MEKSIKO

Meski nggak dirayain di tanggal yang sama, tapi di tanggal 1 dan 2 November, sebagai bagian dari Amerika Latin, Meksiko pun ngerayain festival yang serupa dengan Halloween, yaitu Dia de los Muertos atau Day of the Dead. Hari ini ditujukan untuk menghormati mereka yang sudah meninggal. Mereka percaya pada tanggal 31 Oktober pintu surga terbuka dan jiwa anak-anak yang telah meninggal turun ke bumi dan berkumpul dengan keluarga mereka selama 24 jam. Pada tanggal 2 November, jiwa orang-orang dewasa yang telah meninggal ikut bergabung bersama mereka. Di tiap rumah kita bakalan ngeliat banyak banget altar yang ditujukan untuk para roh tersebut, dan dipenuhi dengan buah, makanan, kacang, soda, hot chocolat, snacks, tortilla, bahkan mainan buat roh anak-anak.

 

PANGANGALULUWA – FILIPINA

Di Filipina perayaan Pangangaluluwa adalah saat di mana anak-anak pergi dari rumah ke rumah dengan menggunakan kostum, sambil bernyanyi dan berdoa untuk arwah mereka yang telah meninggal sebagai bentuk penyucian dosa. Setelahnya, mereka akan meminta imbalan permen kepada si pemilik rumah. Sedikit mirip dengan trick or treat.

 

THE HUNGRY GHOST FESTIVAL – HONG KONG

Setiap hari ke-15 bulan ketujuh dalam perhitungan lunar month yang biasanya jatuh di pertengahan Agustus hingga pertengahan September, warga Hong Kong dan rata-rata masyarakat Tionghoa di Asia merayakan Hungry Ghost Festival. Mereka percaya di waktu ini arwah-arwah akan bebas gentayangan. Makanya festival ini diadakan untuk mengirimkan makanan, uang dan segala keperluan mereka, dengan cara melakukan upacara pembakaran keperluan arwah-arwah tersebut di alam baka sana.

 

PITRU PAKSHA – INDIA

Masyarakat Hindu India percaya pada saat seseorang meninggal dunia, Dewa Kematian Yama akan membawanya ke alam akhirat, di mana mereka dapat bertemu dengan tiga generasi keluarga. Selama masa Pitru Paksha, arwah-arwah tersebut dapat kembali ke bumi untuk berkumpul kembali dengan keluarga mereka. Agar arwah-arwah ini kembali ke akhirat dengan lancar, keluarganya di bumi harus memberi mereka makan agar arwah tersebut tidak tinggal bergentayangan selamanya di bumi.

 

PCHUM BEN – CAMBODIA

Akhir September hingga pertengahan Oktober adalah waktunya bagi penganut Budha di Kamboja untuk merayakan Pchum Ben, di mana keluarga yang masih hidup menyajikan panganan yang dibungkus daun pisang serta membawa bunga untuk para arwah keluarga, dan mengunjungi kuil untuk berdoa.

 

AWURU ODO FESTIVAL – NIGERIA

Merupakan perayaan di mana arwah-arwah kembali ke keluarganya, dan dirayakan dengan festival musik dan tari, dan juga pemakaian kostum dan topeng. Masyarakat Nigeria percaya arwah keluarga yang meninggal akan kembali ke bumi setiap dua tahun sekali pada saat Awuru Odo.

 

OGNISSANTI – ITALI

Atau All Saint’s Day, dirayain setiap tanggal 1 November, dan biasanya udah dirayain beberapa hari sebelumnya. Orang-orang akan ninggalin bunga segar di makam kerabat mereka, juga lilin merah di jendela mereka pada saat senja, serta menyisakan tempat di meja makan dan berharap mereka akan berkunjung.

 

GIMANA DENGAN DI JEPANG ATAU KOREA SELATAN?

Di Jepang sendiri walaupun mereka punya tradisi untuk mengenang atau menghormati orang meninggal tapi untuk merayakan Halloween, mereka punya tradisi sama dengan Amerika. Para anak muda Jepang akan turun ke daerah hangout trendi kayak Shibuya atau harajuku dan membuat festival kostum dan beberapa taman bermain akan berlomba-lomba bikin keseruan dengan tema Halloween.

Hampir seluruh orang Jepang turun ke jalanan dengan make kostum dan dandanan total, kemudian mereka akan berparade keliling jalanan. Festival parade kostum Halloween selain di Harajuku atau Shibuya, juga diadain di Roppongi dan Ikebukuro. Dengan jumlah total lebih dari 3000 orang ikutan ngeramein, nggak heran festival kostum ini sampe menarik banyak turis yang datang, cuma untuk ikutan atau sekedar ngeliat festivalnya.

Biarpun nggak seheboh di Jepang, Korea Selatan punya caranya sendiri buat ngerayain Halloween Party, apalagi kalo bukan datang ke theme parknya! EVERLAND salah satu the biggest theme park in South Korea ini selalu ngasih atraksi keren tiap tahunnya. Dan tahun ini mereka ngangkat tema zombi (terinspirasi dari The Walking Dead mungkin?). Di mana kita bisa naik bis malam hari dan harus survived ngelewatin barisan para zombi-zombi hiii... Selain itu juga ada atraksi classic but never get olds adalah Horror Maze alias rumah hantu. Mau coba dateng ke sini, cek langsung website mereka di sini http://blog.trazy.com/guide-to-everland-halloween/


Foto: berbagai sumber

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

03 Februari 2016

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

03 Februari 2016

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.