Login

Email
Password


Whatsnow

BELAJAR NASIONALISME DARI FILM-FILM PERJUANGAN INI

15 Agustus 2017

Sebentar lagi tanggal 17 Agustus tiba, waktunya kita buat merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang tercinta ini. Tahun ini, genap 72 tahun Indonesia merdeka dari tangan penjajah. Mungkin perjuangan para pendahulu kita rasanya susah banget, karena rentang waktu yang ada emang cukup lama. Tapi bukannya nggak bisa kita hargai dan pelajari lho. Salah satunya adalah dengan memupuk jiwa nasionalisme kita. Caranya? Bisa dengan melihat kembali perjuangan para pahlawan kita lewat film-film karya sineas dalam negri ini.

 

 

SOEKARNO: INDONESIA MERDEKA (2013)

Soekarno dan Hatta merupakan tokoh sentral dalam proses proklamasi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka. Makanya banyak banget sineas yang ngebuat film dengan latar belakang kehidupan Soekarno, nggak terkecuali Hanung Bramantyo. Dirilis pada 11 Desember 2013, film Soekarno: Indonesia Merdeka ini diperankan oleh Ario Bayu, dan menceritakan kehidupan Soekarno dari kecil hingga berperan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

 

JENDERAL SOEDIRMAN (2015)

Kepahlawanan Jenderal Soedirman yang mengatur perang saat bergerilya bahkan diakui sama dunia internasional. Meski saat bergerilya ia menderita sakit paru-paru, perjuangannya keluar masuk hutan menjadi pembelajaran berharga buat kita dalam menghargai kemerdekaan saat ini. Film garapan Viva Westi ini diperankan oleh Adipati Dolken, dan menceritakan asal-muasal TNI di bawah kepemimpinan Jenderal Soedirman.

 

GURU BANGSA: TJOKROMINOTO (2015)

Nama Garin Nugroho dan Christine Hakim tentu nggak asing lagi di industri perfilman Indonesia. Garin menyutradarai film yang rilis tahun 2015, sementara Christine Hakim menduduki posisi produser. Diperankan oleh Reza rahadian, film Guru Bangsa: Tjokrominoto ini menceritakan perjalanan hidup Oemar Said Tjokrominoto, seseorang yang lahir di tengah keluarga bangsawan Jawa di Ponorogo, Jawa Timur. Meskipun lahir dan hidup di tengah kemewahan, Tjokro tidak bsia tinggal diam melihat kemiskinan rakyat yang hidup di zaman itu. Maka mulailah ia berjuang dengan mendirikan organisasi Sarekat Islam guna memperjuangkan kehidupan rakyat.

 

SANG PENCERAH (2010)

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mengisahkan perjuangan Ahmad Dahlan yang memiliki nama lahir Muhammad Darwis, pendiri organisasi Islam Muhammadiyah, yang dikenal sebagai organisasi Islam yang liberal dan moderat dalam . Film biopic ini berhasil memenangkan penghargaan Bandung Film Festival di tahun 2011 dalam kategori Best Picture.

 

SANG KIAI (2013)

Kisah hidup dan perjuangan pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asyari diceritakan dalam film yang dirilis pada tahun 2013 ini. Dengan pedoman keagamaannya yang kuat, KH Hasyim Asyari melawan Jepang dengan cara diplomasi, dan menggerakkan semangat perjuangan umat Islam untuk melawan penjajahan Jepang di masa itu. Ia bahkan mengeluarkan seruan jihad untuk umatnya agar membantu perjuangan Soekarno dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Film ini berhasil menjadi nominasi untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-86 lalu.

 

TJOET NJA DHIEN (1988)

Film yang diperankan oleh Christine Hakim ini adalah film klasik yang bisa bikin kita merinding saat menontonnya. Tjoet Nja Dhien yang diperankan oleh Christine Hakim berhasil ngebawa kita ke masa-masa di mana pejuang wanita ini bergerilya melawan tentara Belanda. Hebatnya lagi, film Tjoet Nja Dhien merupakan film Indonesia pertama yang ditayangkan di Festival Film Cannes di tahun 1989.


Foto: berbagai sumber

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

03 Februari 2016

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

03 Februari 2016

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.