Login

Email
Password


Whatsnow

TRADISI UNIK DI MUSIM SEMI

30 Maret 2017

Jepangs selalu jadi negara 4 musim yang difavoritin buat dikunjungi. Dan spring atau musim semi adalah musim favorit, karena di waktu ini nggak cuma orang Jepang tapi turis seluruh dunia pingin melihat Jepang, terutama tradisi pas nyambut musim semi itu sendiri. Ada banyak tradisi unik yang dilakuin masyarakat Jepang, ini dia beberapanya!

 

Foto: all about Japan

HANAMI
Hanami berasal dari kata ‘hana’ (bunga) dan ‘mi’ (melihat), dan biasa juga disebut dengan Ohanami. Tradisi ini biasa dilakuin sama penduduk di Jepang dengan piknik satmbil menggelar tikar, karpet atau kain di bawah pohon sakura yang bermekaran, dan membawa makanan kayak bento yang dinikmatin sambil bercakap-cakap bareng keluarga, temen atau pasangan. Yang istimewa dari piknik biasa adalah kehadiran bunga sakura yang bermekaran, dan memenuhi pohon. Bunga sakura yang berguguran dan berjatuhan ke tanah juga ngasih efek orang-orang duduk beralaskan karpet pink bunga. Dan karena bunga sakura hanya bertahan selama 1-2 minggu, nggak heran kalo momen ini ditunggu banget sama penduduk Jepang, dan juga para wisatawan.

 

Foto: giapponizzati

SANJA MATSURI
Tradisi festival ini adalah salah satu yang terbesar di Jepang karena paling nggak didatengin oleh 1,5 juta orang. Kalo awalnya festival ini diikuti oleh sekelompok yakuza (mafia Jepang) yang memperlihtkan secara terang-terangan tato yang mereka miliki, setelah dikeluarinnya UU Anti Yakuza oleh pemerintah, khalayak umum lebih banyak yang dateng ke festival yang dipercaya akan mendapatkan rizki yang banyak. Festival ini diadain sekali dalam dua tahun, dan bertempat di Sensoji Temple, Asakusa, Tokyo.

 

Foto: (atas) Tokyo International Anime Fair, (bawah) japantimes.com

TOKYO INTERNATIONAL ANIME FAIR (TAF)
Sebagai salah satu event dan festival modern, festival ini berlangsung selama 4 hari, dan mempertunjukkan berbagai karakter anime terkenal yang ada di Jepang. Festival ini biasanya diadain di Tokyo Big Sight, Odaiba, dan dilangsungkan sekitar akhir Maret.

 

Foto: Wikipedia

OMIZUTORI
Omizutori adalah festival obor terbesar yang ada di Jepang, dan diadain du Kuil Todaiji, dan dilaksanakan pada tanggal 1-14 Maret. Obor yang digunain juga luar biasa besar dengan ukuran 8 meter, dan dibawa berputar mengelilingi kuil hingga membuat serpihan api kecil. Dibutuhin keahlian yang tinggi buat memutar obor raksasa tersebut lho.

 

Foto: (atas) blog Lost In Japan, (bawah) hakoneho-howakien.com

HINAMATSURI
Pada tanggal 3 Maret di Jepang terdapat festival Hinamtsuri, di mana banyak rumah di Jepang dihiasi dengan dekorasi boneka berpakaian bangsawan (hina ningyo = boneka hina). Tujuan dari festival ini adalah untuk mengharapkan kesehatan dan pertumbuhan yang baik untuk anak perempuan.

 

Foto: De Japanexperterna

TANGO NO SEKKU
Kalo awalnya festival yang diadain setiap tanggal 5 Mei ini ditujukan khusus untuk hari anak laki-laki, sejak tahun 1948 festival tersebut diganti oleh pemerintah menjadi hari anak nasional. Yang unik dari festival ini adalah dipasangnya koinoboi atau hiasan berbentuk ikan koi di luar rumah. Ikan koi merupakan perlambang dari daya hidup anak laki-laki agar semakin kuat. Ada juga tradisi memasukkan irisan daun yakuso (tanaman obat) ke dalam bak mandi (shobuyo) dengan tujuan menghalau bencana. Ada pula kebiasaan makan cemilan kashiwa mochi.

 


Foto: Berbagai sumber

Related Articles

HAPPY CHINESE NEW YEAR WITH SANRIO

11 Februari 2016

Yuk datang ke Kota Kasablanka dari tanggal 28 Januari - 14 Februari 2016. See you there Happy Females!

The Lucky Fifty Winner

16 Februari 2016

The Lucky Fifty Winner for Januari 2016

Softex Meet & Greet

13 Februari 2016

Fashion & beauty blogger meet&greet bareng Mike Lewis

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.