Login

Email
Password


Whatsnow

APLIKASI & WEBSITE BUAT BANTU BIKIN TUGAS

07 Februari 2017

Hari gini ngerjain tugas yang ngebutuhin literatur dan riset bejibun udah nggak mengharuskan kita nongkrong seharian di perpustakaan. Dengan bantuan internet, dalam waktu sekejap kita udah bisa ngedapetin hasil riset untuk makalah kita. Belum lagi aplikasi yang bisa kapan pun kita akses pake smartphone . Kayak beberapa aplikasi dan website ini yang bisa banget kita andelin buat ngerjain tugas sekolah atau kuliah kita.

APLIKASI RUANG GURU
Aplikasi ini adalah buatannya ruangguru.com, dan fungsinya kita bisa upload pertanyaan yang menurut kita sulit dengan menggunakan smartphone kita, dan nanti akan ada penjelasan yang diberikan oleh guru di aplikasi ini. Sayangnya, jenis pelajaran yang ada baru bidang studi Matematika dan Fisika untuk tingkat SD, SMP dan SMA aja nih. Tapi kita juga bisa ngegunain fitur audio call yang tersedia lho.

KATALOG KOLEKSI PDII LIPI (www.pdii.lipi.go.id)
LIPI kayaknya adalah tujuan utama setiap kali ada yang mau nyari sesuatu tentang penelitian ilmiah. Karena mengkhususkan diri buat koleksi literatur ilmiah, pencarian kita akan lebih gampang. Plusnya lagi nih, layanan ini bisa diakses bahkan untuk yang belum jadi anggota.

QUIPPER

Meski sebuah aplikasi yang berbayar, Quipper ngejawab kesulitan kita yang kadang susah ngatur waktu untuk les tamabahan atau kelas bimbingan belajar. Karena dengan Quipper, kita bisa belajar di mana aja dan kapan aja. Kalo ada penjelasan yang kita belum ngerti, kita bisa banget nge-rewind penjelasan yang lagi dan lagi, sampe bener-bener kita paham.

KATALOG KOLEKSI PERPUSTAKAAN NASIONAL RI (www.perpusnas.go.id)
Kadang kalo masuk perpustakaan sekolah aja kita bisa bingung banget di mana sih letak buku karangannya Andrea Hirata, apalagi kalo masuk perpustakaan nasional. Nah, di Katalog Koleksi Perpustakaann Nasional RI ini ngebuat sistem katalog yang mengkategorasikan buku sesuai topiknya. Jadi kita tinggal pilih topik buku apa yang lagi kita cari, nanti muncul deh pilihan buku-buku yang tersedia. Tapi sebelumnya kita udah harus terdaftar dulu sebagai anggotanya ya, baru deh bisa ngakses buku-buku digitalnya.

GOOGLE SCHOLAR (scholar.google.co.id)
Google emang tujuan nomor satu kalo kita mau nyari sesuatu. Tapi Google Scholar ngasih kita kemudahan dengan memfilter pilihan yang punya relevansi ke dunia pendidikan dan penelitian ilmiah. Jadi pilihan link yang diberikan ke kita bukan cuma random website dengan keyword yang sama aja, tapi justru website yang udah punya referensi data berupa buku, jurnal, artikel dan juga terhubung dengan situs-situs pendidikan yang bisa banget kita manfaatin buat sumber riset kita.

APLIKASI KELAS KITA
Bedanya dengan website dan aplikasi lain, Kelas Kita nawarin fitur sosial, yang bikin kita bisa berinteraksi dengan para pengguna aplikasi ini. Jadi sama aja kayak kerja kelompok, kita bisa bikin sebuah kelompok belajar umum atau privat. Bahkan nih, kalo udah jago banget, bukan nggak mungkin kita bisa nambah penghasilan dengan bikin kelas pribadi, atau ngedapetin sertifikat setelah berhasil nyelesain suatu kelas.

 


Images : shutterstock, berbagai sumber

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

03 Februari 2016

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

03 Februari 2016

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.