Login

Email
Password


Whatsnow

THE NEW CREATIVE FIELDS

27 Mei 2017

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, nggak bisa dipungkiri banyak bermunculan jenis-jenis pekerjaan baru yang nggak terpikirkan sebelumnya. Bahkan beberapa diantara jenis pekerjaan ini dulunya dianggap remeh, tapi siapa kira ternyata paling maju dan dibutuhkan sekarang. Buat kamu yang baru lulus dan punya skill tertentu, mungkin pekerjaan ini bisa jadi pertimbangan 

 

SOCIAL MEDIA ADMINISTRATOR

Sekarang ini siapa sih nggak pake social media untuk berpromosi? Mau sekecil apa pun jenis usaha dan brandnya, social media ada di list teratas sebagai sarana komunikasi dan maintain dengan target marketnya. Nggak cuma satu social media, tapi satu perusahaan atau brand biasanya punya lebih dari tiga social media. Makanya mereka butuh seseorang atau tim untuk menghandle dan nge-maintain social media ini.

Cocok buat kita yang: suka main gadgets, update dengan perkembangan apps dan social media, punya sifat sabar karena believe it or not terkadang sebagai admin kita harus ngejawab respon (pertanyaan atau pun komplain)  yang datang dari target dan kadang bisa aja mereka nge-kontak kita tengah malam. Selain itu karena admin adalah "orang pertama" yang dikontak target market, admin juga harus cepat tanggap dan paham dengan produk yang dimaintainnya.

 

WEBTOON AUTHOR

Jago gambar, punya imajinasi tinggi dan bisa bikin storyline menarik? Jadi author webtoon aja! Webtoon simplenya adalah komik yang diterbitkan di web atau apps. Untuk jadi seorang author webtoon, kita nggak butuh persyarataan kompleks (lulusan atau punya pengalaman berapa tahun) selama kita bisa membuat komik yang menarik maka kesempatan ini terbuka untuk siapa aja, baik perseorangan atau pun kelompok. Salah satu wadah webtoon yang paling digemari saat ini adalah LINE WEBTOON. Asyiknya, komik yang masuk nggak cuma bisa dibaca di negeri sendiri aja, tapi juga dibaca di seluruh dunia lho! Bangganya, karya komikus Indonesia termasuk yang paling populer seperti "My Pre-Wedding" & "Pasutri Gaje" karya Annisa Nisfihaniseperti. Oiya kalo kita juga pintar bikin karakter, LINE juga ngebuka kesempatan di LINE Sticker Contest.

 

FANFICTION WRITER

Berbeda dengan author webtoon, fanfiction cocok buat kita yang suka nulis cerita. Seperti namanya, fanfiction adalah meng-create cerita mereka sendiri based on karakter nyata atau fiksi. Bisa dari karakter TV, film, komik/manga, atau pun dari artis atau idol group. Fanfiction yang ditulis biasanya merupakan imajinasi fans atau pun kekurang puasan pada cerita aslinya. Dan nggak jarang biasanya fanfiction ceritanya jauh lebih berkembang dibanding aslinya, mungkin ini karena tidak adanya limitation bagi setiap penulis untuk ngembangin cerita mereka. Kalo misalnya fanfiction kita ceritanya menarik, bisa aja lho diterbitkan jadi buku/novel atau diangkat jadi film. Seperti yang terjadi pada Anna Todd, fanfiction karyanya yang berjudul "AFTER" (based on Harry Styles dan One Direction) diangkat jadi sebuah film tahun 2014.

Copyright sampe saat ini masih jadi isu sensitif terkait dengan penggunaan nama dan brand, karena bisa aja orang yang tidak suka karyanya diutak atik atau pun seseorang yang nggak mau dirinya dipakai sebagai tokoh menuntut penulisnya sebagai penyalah gunaan karakter. Makanya beberapa penulis biasanya hanya menulis cerita mereka untuk fanbasenya sendiri dan anonim (menggunakan nama pena), sehingga kebanyakan fanfiction cuma untuk hiburan semata. Kalo pun sampe diangkat, nama dan karakter yang terkait akan diubah. Tertarik buat nyoba, kamu bisa cek ke website berikut: Fanfiction.com, ArchieveofOurOwn (AO3), Wattpad, LiveJournal.com. Untuk LiveJournal sendiri kita bisa nyiptain komunitas dimana hanya orang atau akun yang kita approved yang bisa masuk dan membacanya.

 

FANSITE MASTERNIM

Suka fotografi? Jadi seorang fansite master bisa jadi salah satu pilihan. Fansite adalah web yang berisi informasi dan foto seputar celebrity tertentu. Dan yang memaintain itu semua disebut master-nim. Istilah master-nim itu sendiri muncul dari Korea Selatan, negerinya para idol. Berbeda dengan Hollywood dimana para admin fansite mostly membeli foto dari paparazzi atau pun fotografer media, seorang fansite master-nim memotret sendiri semua foto-fotonya. Mereka harus ekstra kerja keras mengikuti jadwal idol termasuk ketika idolnya pergi keluar negeri untuk konser atau fanmeeting. Bisa dibilang fansite master-nim termasuk pekerjaan entrepreneur, karena mereka bekerja untuk dirinya sendiri dan foto yang mereka ambil jadi sumber penghasilan mereka. How? Dengan ngadain exhibition atau menjual foto-foto mereka ke media atau pun fans yang mau membelinya.

Walaupun fansite master-nim barisan terdepan yang mengetahui jadwal para idol, sampe dikenal idol karena saking seringnya mereka datang ke setiap aktivitas si idol. Tapi pekerjaan fansite master-nim nggak gampang juga lho, mereka harus bersaing dengan master-nim lainnya. Dari berangkat paling awal supaya dapet spot bagus sampe, beli peralatan kamera dengan tingkat kecanggihan yang luar biasa mahal sampe rela berhadapan dengan sekuriti. Semuanya demi dapat foto yang keren. Mau mencoba?


Foto: Wikipedia Common, LINE, Dispatch, Pann, & berbagai sumber

Related Articles

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

HAPPY CHINESE NEW YEAR WITH SANRIO

11 Februari 2016

Yuk datang ke Kota Kasablanka dari tanggal 28 Januari - 14 Februari 2016. See you there Happy Females!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.