Login

Email
Password


Whatsnow

MUST TRY JAPANESE STREET FOOD

12 April 2017

Salah satu agenda wajib jalan-jalan adalah wisata kuliner. Nah kalo ada rencana buat ngunjungin Jepang, ini dia list makanan yang wajib banget kita coba! Shht... Walau pun beberapanya udah ada yang masuk ke Indonesia tapi dijamin deh taste-nya beda.

 

TAIYAKI

Kue bentuk ikan dengan isi pasta kacang merah atau custard yang kemudian dipanggang. Kita bisa beli Taiyaki di setiap sudut kota Jepang, tapi kalo mau nyobain salah satunya yang terkenal datang aja ke Taiyaki Wakaba di Yotsuya. Sekitar 6 menit dari stasiun Yotsuya (naik Chuo Line, 1 stop dari Shinjuku). Toko ini udah menjual taiyaki sejak 1895, means udah sekitar 120 tahun! Dan menurut pelanggan loyal toko ini, taiyaki seharga 150 yen ini rasanya nggak berubah dan kualitasnya tetap sama. Catet jam bukanya ya: jam 9 pagi sampe jam 7 malam dan tutup hari Minggu.

 

HARAJUKU CREPES - MARION CREPES

Dijulukin sebagai the best crepes in town, Marion Crepes yang terletak di Takeshita Dori ini jadi salah satu ikon snacknya anak muda Jepang. Biarpun nggak bisa bahasa Jepang, cara mesennya gampang kok, Kita tinggal nyebutin nomor crepes yang terpampang di etalase dan langsung kasih uangnya ke kasir. Penting diingat, walaupun antriannya panjang tapi kecepatan pas pemesanan jadi kunci utama. Jangan sampe pas udah di kasir kita masih bingung milih apa, bisa-bisa disuruh minggir dan balik ke antrean paling belakang.

 

TAKOYAKI

Street food bulet ala Osakan ini adalah salah satu jajanan yang paling terkenal, khususnya di Osaka. Dan salah satu stall takoyaki wajib coba adalah Takoyaki Kougaryu di Shinsaibashi, Osaka Amerikamura Area. Kougaryu udah menjual takoyaki selama 40 tahun, dan dengan homemade sauce spesialnya Kougaryu dapet peringkat 1 untuk the best takoyaki versi TsunaguJapan Traveler. Oia, selain takoyaki bulet, cobain juga versi lainnya yaitu takosen, takoyaki yang diungkep dengan rice cracker.

 

SOFT CREAM

Katanya nih kalo kita tinggal di Jepang, etikanya adalah wajib bawa 'oleh-oleh' setiap pulang ke rumah, TAPI soft cream itu spesial treat buat diri kita sendiri. Makanya soft cream populer buat semua kalangan usia. Tergantung musim dan daerahnya, soft cream punya berbagai macam rasa. Dari soft cream Lavender dari daerah Tomita, Purple Sweet Potato (Beni Imo) dari Okinawa, Volcanic Ash Vanilla soft cream dari Kanagawa sampe matcha soft cream dari Kyoto.

 

OKONOMIYAKI

Yang (literally) berarti "masak sesuka kita) adalah savory pancake versi Jepang. Kalo mau nyobain berbagai macam versi dan topping okonomiyaki coba dateng pas musim panas. Karena biasanya di musim ini ada festival musim panas (matsuri) dimana ada banyak penjual makanan termasuk okonomiyaki. Tapi kalo mau langsung nyobain bisa ke restoran Fukutaro, Osaka. Restoran ini terkenal banget di masyarakat lokal, walaupun letaknya di tengah Nanba tapi buat nemuinnya agak sedikit sulit, tapi patokannya dekat Hotel Alps Nanba.

 

KOROKKE

atau kroket. Makanan perpaduan antara daging, sayur, dan kentang tumbuk ini bisa kita peroleh di stal-stal kecil atau pun di restoan karena bisa juga dijadiin lauk untuk makan.

 

DANGO

Semacam mochi karena terbuat dari beras ketan. Rasa dan topping dango macam-macam, tergantung musimnya tapi mitarashi dango (dango dengan saus shoyu dan gula) adalah dango yang paling gampang kita temuin dan bisa dibeli di mini market. Selain mitarashi dango, ada lagi botchan dango (dango 3 warna), dango dengan pasta kacang merah, atau pun dengan goma (kacang wijen tumbuk manis).

 

DAIGAKU IMO

Kentang goreng yang dibalut karamel gula manis dan dikasi wijen hitam.

 

SENBEI

Crackers beras yang dipanggang di atas api ini kalo di Indonesia mungkin kayak opak panggang. Rasanya macem-macem, dari yang asin, manis sampe pedes dan terkadang suka ada topping misalnya rumput laut kering (nori). Senbei ini bisa kita beli di daerah Asakusa, dan karena stallnya dilengkapi panggangan jadi kita bisa lihat proses pembuatan senbei.

 

ODEN

Oden ini biasanya muncul pas musim dingin. Semacam kayak hotpot dengan variasi makanan seperti telur, fishcakes, dan sosis dan dimasak dengan kuah kaldu.

 

KUSHIKATSU

Kayaknya kalo ngomongin makanan Osaka nggak akan ada habisnya, tapi ini dia salah satu rekomen buat nyemil yaitu kushikatsu. Gampangnya sih ini gorengan, apapun makanannya yang disediakan dengan saus, saus ini yang katanya . Biarpun kelihatannya simple tapi ada aturan makannya lho, yaitu jangan double dipping!

 

RINGO AME (APPLE CANDY)

Apel yang dibalut dengan karamel gula. Beda dengan Daigaku Imo yang karamel gulanya masih cair, ringo ame keras jadi makannya seperti kita makan permen lolipop. Snack ini banyak ditemuin di festival-festival musiman atau festival sekolah Jepang, bahkan udah jadi semacam ciri khas. Selain apel, ada lagi srawberry atau anggur.

 

TAMAGOYAKI

Yup, ini telur dadar (omelette)! Tapi jangan salah, telur dadar ini nggak cuma sekedar telur karena untuk bikinnya butuh teknik yang nggak mudah. Bahannya terdiri dari telur, kaldu, gula dan bumbu. Kalo penasaran mau nyobain, dateng aja ke Tsukiji Market dan Asakusa di Tokyo atau Nishiki Market di Kyoto.

 

KASUTERA (BABY CASTELLA CAKE)

Versi kecilnya dari castella cake atau sponge cake yang terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, susu, dan starch syrup.

 

IKAYAKI

Masih belum kenyang? Ini ada satu stall lagi yang bisa kamu samperin. Ikayaki atau cumi-cumi (sotong) bakar yang dikasih homemade sauce ini makanan favorit, khususnya pas lagi festival. Enak juga dimakan barengan sama nasi lho.

 

RAMUNE

Puas sama makanan, kita beralih ke minuman. Soda Jepang ini cuma muncul pas musim panas, rasanya agak mirip sama Sprite dengan kadar soda yang lebih kecil  dan manis. Tapi bukan rasanya lho yang bikin minuman ini jadi seru, melainkan cara buka tutupnya botolnya.


Foto: berbagai sumber

Related Articles

HAPPY CHINESE NEW YEAR WITH SANRIO

11 Februari 2016

Yuk datang ke Kota Kasablanka dari tanggal 28 Januari - 14 Februari 2016. See you there Happy Females!

The Lucky Fifty Winner

16 Februari 2016

The Lucky Fifty Winner for Januari 2016

Softex Meet & Greet

13 Februari 2016

Fashion & beauty blogger meet&greet bareng Mike Lewis

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.