Login

Email
Password


Whatsnow

JANGAN KUDET, UPDATE KAMUS GAUL KAMU SEKARANG!

10 Mei 2018

Seiring berkembangnya jaman dan komunikasi yang semakin canggih, cara kita berbicara juga ngalamin perubahan. Kalo dulu kita sering ngomong panjang, sekarang kita lebih suka menyingkat kata atau kalimat supaya lebih cepat. Hal ini bisa jadi tolak ukur sampe sejauh mana tingkat pergaulan dan ke-update-an. Makanya jangan sampe jadi mahluk KUDET alias kurang update di grup karena kita terus-terusan nanya artinya apa. Yuk update kamus gaul kita!

 

BAPER

Yang ini pasti udah tahu banget artinya dong. Baper singkatan dari “bawa perasaan”. Biasanya kalimat ini diucapin kalo kita ngeliat ada temen yang terlalu sentimentil banget terhadap sesuatu. Misalnya pas kita becanda tentang cowok yang dia suka, tau-tau dia ngambek, di sini kita bilang “ya ampun baper banget sih lo, belum jadian juga!”

 

GAJE

Kalo ini singkatan dari “nggak jelas”. Ini versi pendek dari kependekan GAJEBO alias “nggak jelas bok!”. Kalimat ini muncul kalo misalnya kita nanya sesuatu ke temen tapi si temen nggak bisa memutuskan secara pasti, jadilah kita bakal bilang “gaje banget sih ni anak!”

 

MAGER

Atau males gerak. Artinya literally males ngapa-ngapain. Kalo perlu seharian di atas tempat tidur aja deh.

 

TEDJO

Kalo yang satu ini katanya diambil dari nama pejabat Indonesia yang sempet ngejek netizen manusia nggak jelas, dari situ netizen ngerasa sebal dan sering pake namanya buat ngungkapin sesuatu yang masih belum jelas, rumit atau belum dimengerti. Kayak “duh masa depan gue tedjo banget nih.”

 

CMIIW

Kalo yang ini istilah yang udah lama dipake netizen digital tapi sekarang sering dipake nggak cuma buat chatting tapi juga secara verbal. Kepanjangannya adalah Correct Me If I’m Wrong. Dipake kalo dia ngerasa ragu sama opininya. Kalo misalnya temen kita pake kata ini kemudian salah, jangan langsung disalahin ya, kan dia udah bilang “CMIIW”.

 

IMHO

Sama kayak CMIIW, IMHO berarti In My Humble Opinion. Biasanya kata ini keluar kalo dia mau ngungkapin opini atau terkadang buat ngasih kritik secara sopan (tapi nusuk dan nge-jlebb ke yang dituju). Misalnya “imho aja nih ya, tu cowok kan belum jadi pacar lo jadi kayaknya lo nggak berhak buat baper deh.” nge-jlebb bukan?  

 

JLEBB

Ini adalah ungkapan kalo ada sesuatu yang bikin kita serasa ditusuk sembilu. Contohnya kayak yang di point IMHO tadi. Atau misalnya kayak kita berasa kita tuh nggak boros, tau-tau teman bilang “tapi kan lo baru aja belanja diskonan sampe ngabisin tabungan lo!”, kita ngejawab “omg, nge-jlebb banget sih omongan lo...”

 

HOAX

Kalo ini artinya berita palsu. Diambil dari kata bahasa Inggris yang artinya bohong. Paling sering ditujuin buat post-post Facebook atau broadcast whatsapp yang gaje. Makanya penting sebelum nyebarin berita cek dulu ya kebenarannya.

 

TFL dan F4F

Kalo ini biasanya sering ada di Instagram. TFL artinya Thanks For Likes, yang biasanya diikutin dengan F4F atau Follow for Follow. F4F artinya secara tersirat adalah “kan gue udah follow lo, lo follow gue dong sekarang!” biasanya netizen Indonesia nyebutnya “haus follower”.

 

Nah, kata-kata di atas adalah kata gaul yang sering diucapin di remaja (ataupun orang) kekinian. Sebenarnya masih banyak lagi tapi seenggaknya kalo udah tahu basic-nya kita terlepas dari julukan mahluk kudet alias kurang update.


Foto: Shutterstock

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

03 Februari 2016

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

03 Februari 2016

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.