Login

Email
Password


Whatsnow

BRING IT ON PENSI!

31 Juli 2018

Ngomongin kegiatan sekolah yang seru pastinya nggak bisa dilepasin dari kegiatan pensi. Pensi adalah ajang kreativitas siswa di mana kita bisa bebas berekspresi menunjukkan bakat di luar bidang akademik.

 

APA SIH PENSI ITU?

Pensi atau pentas seni sekolah, adalah ajang tahunan yang jadi wadah para siswa sekolah buat unjuk gigi. Entah itu nyanyi, ngeband, dance, art performance, bahkan akting sekalipun bisa ditunjukkan di panggung pensi. Simplenya, pensi adalah konser yang diadakan oleh sekolah dengan konsep terbuka untuk umum. Nggak cuma siswa yang bisa tampil, pensi juga kerap mengundang artis-artis terkenal untuk tampil di acaranya.

 

MANFAAT PENSI BUAT SEKOLAH, SISWA, DAN JUGA COMMUNITY DI SEKITARNYA.

Untuk sekolah, suksesnya pensi akan mengangkat nama sekolah mereka. SMA seperti Pangudi Luhur Jakarta, SMA DeBritto Yogyakarta, SMA Tarakanita Jakarta, atau SMAN 70 Jakarta adalah nama-nama yang selain terkenal dengan akademiknya juga jadi favorit karena pensi yang mereka adakan.

 

Buat siswa, pensi ngelatih soft skill mereka. Mulai dari mengorganisir jalannya panggung, bikin rundown atau timeline, ngemanage keuangan (budget), bikin proposal untuk sponsor, nyari dana, kordinasi antara penonton, keamanan, dl. Dengan jadi panitia pensi, para siswa belajar gimana bekerja untuk mensukseskan suatu event. Apalagi karena pensi ini membutuhkan dana yang nggak sedikit dan juga performer, siswa harus bertemu orang-orang dari kalangan profesional yang nggak mungkin diajak bercanda atau main-main. So, ini ngelatih mental para siswa untuk bertindak serius. Kelebihan lainnya, jadi panitia pensi itu lumayan banget nambah portfolio kita di saat kita nanti mencari pekerjaan. Karena menurut beberapa HRD dari perusahaan Event Organizer atau pun Agency, mereka akan memilih orang yang punya pengalaman soft skill seperti ini dibandingkan yang nggak punya pengalaman sama sekali.

 

Sedangkan untuk community sendiri. Menurut VICE, pensi punya andil ngebangun komunitas dan kancah musik independen Indonesia. Pensi itu jodohnya band independen. Pensi berfungsi nggak hanya sebagai tempat buat nemuin band-band yang benar-benar nyambung dengan aspirasi siswa. Sebut aja band kayak Goodnight Electric, The Brandals, The Upstairs, dll. Band RAN yang saat ini sedang tour ke Jepang juga adalah salah satu band yang besar lewat pensi.

 

TIPS SUPAYA PENSI KITA SUKSES!

Kurang pengalaman untuk bikin pensi, jangan takut, ikut 5 langkah berikut!

LAKUKAN PERSIAPAN MAKSIMAL 3 BULAN SEBELUM.

Persiapan adalah masa yang paling krusial dan penting. Untuk bikin pensi yang sukses dan menarik, waktu sebulan atau dua bulan itu nggak cukup. Bikin To Do List penting yang harus dikerjakan. Mulai dari:

 

CERMATI PEMILIHAN DAN PEMBENTUKAN PANITIANYA

Tim panitia adalah inti utama penggerak pensi kita sukses atau nggak. Jangan bikin kepanitian hanya berdasarkan pertemanan, tapi harus tahu dan yakin sama kemampuan mereka, sehingga setiap orang yang terlibat bisa menjalankan dengan baik tugas dan perannya. Lalu, bikin tim panitia yang proporsional. Jangan kebanyakan dan jangan juga terlalu sedikit.

Jangan lupa, jaga komunikasi dengan baik. Bikin pensi pasti tekanannya memuncak, apalagi kalo ada hal di luar rencana, jadi jangan sampe ada salah paham dan ngeganggu jalannya kepanitiaan.

 

SUSUN RUNDOWN ACARA DENGAN DETAIL

Ini juga jadi bagian yang krusial di pensi. Tentuin tema acara pensi yang menarik dan plotting waktunya. Jangan bikin rundown yang mepet, usahain kasih spare waktu 3-5 menit, in case ada kebutuhan mendadak. Misalnya artisnya butuh set panggung, dll. Buat nyusun rundown acara, bentuk divisi dengan orang-orang yang teliti, proaktif, kreatif, dan detail oriented.  

Tentuin juga deadline setiap divisi, ini tujuannya supaya tugas dari setiap divisi bisa tepat waktu dan kita juga bisa memonitor kemajuan tiap divisi.

 

PROMOSI DAN PUBLIKASIKAN PENSI KITA

Kita pasti mau dong pensi kita didatangi banyak orang, so promosiin acara pensi kita di mana-mana. Gunakan media apapun secara efektif supaya pensi kita bisa diketahui oleh orang lain. Bisa dari bikin sosial media (Instagram, Facebook, Path, LINE, etc.), bikin poster, flyer atau spanduk, kita bisa juga promosiin pensi kita lewat radio.   

 

GANDENG SPONSOR UNTUK MENSUPPORT PENSI KITA

Berkaitan dengan point sebelum ini, promo dan publikasi tentu aja nggak gratis dan kita memerlukan budget. Untuk hal, coba gandeng sponsor. Yakinkan kepada sponsor dengan mereka mendukung pensi kita, maka mereka pun akan dapat promosi dan feedback yang menguntungkan.

Kasi fasilitas ke sponsor buat ngiklanin produk mereka. Buat menggandeng sponsor itu agak tricky, bahkan bisa aja proposal yang udah kita bikin sebagus apapun ditolak.

Ketika mengajukan penawaran sponsorship kepada media atau brand, bikin paket-paket sponsorship yang menarik supaya calon sponsor kita paham dan tertarik. Cari sponsor yang punya interest dan target market yang sama dengan pensi kita. Shht... Kalo brand yang target marketnya sama kayak pensi kita, mereka pasti nggak akan melewatkan kesempatan buat ketemu langsung kok sama target marketnya.

Lalu usahain untuk sebar proposal kita ke banyak pihak dan jangan mepet. Walaupun media atau brand punya target yang sama kayak pensi kita, tetap aja sponsor butuh waktu untuk mempelajari dan mempersiapkan kebutuhan mereka sendiri. Kirim penawaran sponsorship setidaknya 1-2 bulan sebelum.

 

PILIH GUEST STAR YANG COCOK BUAT NGISI LINE UP PENSI.

Penampilan artis, apalagi artis yang kekinian dan favorit bisa jadi daya tarik dan nilai plus buat pensi kita. Tapi kalo kita mau ngundang guest star, perhatikan budget pensi kita. Pastiin budget yang ada masih aman. Dalam arti, kita masih punya dana cadangan atau dana darurat yang tersedia apabila kita mau ngundang guest star.

Satu hal yang perlu diingat, buat ngedatengin guest star itu nggak mudah. Coba cari info dahulu tentang guest star yang mau kita undang, kalo udah yakin, coba kontak manajemen atau menajernya. Tanyakan berapa rates dan riders-nya. Riders ini termasuk technical riders dan rideres buat kebutuhan artis itu sendiri. Apabila ada yang nggak paham, usahain dikomunikasikan di awal, negosiasi itu juga penting apabila ada hal yang nggak bisa dipenuhi. Usahakan jaga komunikasi kita dengan sang manajer sehingga proses negosiasi kita pun bisa lancar.

 

Itu dia tips-tips yang musti kita perhatiin supaya pensi kita lancar. Good luck!


Foto: Shutterstock   

Related Articles

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

HAPPY CHINESE NEW YEAR WITH SANRIO

11 Februari 2016

Yuk datang ke Kota Kasablanka dari tanggal 28 Januari - 14 Februari 2016. See you there Happy Females!

The Lucky Fifty Winner

16 Februari 2016

The Lucky Fifty Winner for Januari 2016

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.