Login

Email
Password


Mylooks

MENGENAL TIPE CLEANSER / PEMBERSIH WAJAH

17 Februari 2018

Selama ini kita mengenal cleanser atau pembersih wajah cuma untuk membersihkan wajah dari kotoran. Ternyata pembersih wajah yang baik itu nggak cuma harus bisa membersihkan aja lho, tapi juga harus bisa menjaga kelembapan dan elastisitas kulit wajah kita. Ada banyak jenis tipe pembersih wajah di pasaran dari foaming facial wash sampe cleansing oil, apa aja sih artinya dan mana yang bagus buat kulit remaja kita? Yuk baca lebih lanjut di bawah.

 

FOAMING FACIAL WASH

Seperti namanya pembersih wajah ini adalah pembersih dengan bentuk foam (busa). Biasanya pembersih wajah tipe ini ngasih sedikit efek kering atau kasat, makanya disarankan untuk kita yang punya kulit berminyak, seperti The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Foaming Cleanser atau Clean & Clear Acne Triple Clear Bubble Foam Acne Cleanser.

Menurut beberapa beauty blogger dari Jepang, pembersih wajah dengan bentuk foam adalah pembersih wajah yang paling baik karena idealnya mencuci muka tangan kita jangan sampe menyentuh wajah. Kita bisa pake sponge untuk membuat busa sebelum diaplikasikan ke wajah.

Untuk yang punya kulit kering atau kombinasi, mungkin bisa coba Senka Perfect Whip dari Shiseido.

 

GEL FOAMING FACIAL WASH

Pembersih wajah yang ini bentuknya gel. pembersih wajah ini disaranin buat kita yang punya kulit berminyak, sensitif, ataupun berjerawat. Gel punya formula yang lembut pada kulit sehingga aman, ada sensasi dingin, dan nggak akan nambah iritasi di kulit. Terutama kalo kulit lagi meradang. Cobain Bioderma Sebium Foaming Gel

 

NON-FOAMING FACIAL WASH

Kalo yang ini jenisnya pembersih wajah tanpa busa yang cocok untuk mereka yang punya kulit normal. Walaupun busa sangat bagus untuk membersihkan wajah, tapi ada beberapa jenis kulit (terutama yang sangat sensitif) nggak kuat untuk menerima formula busa. Kalo kita punya kulit yang sangat sensitif, bisa coba Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

 

CLEANSING BALM

Pembersih wajah bentuk balm ini biasanya kita pake di step double cleansing sebelum mencuci wajah. Gunanya untuk membersihkan kotoran atau makeup secara tuntas. Tektsturnya kental karena terbuat dari minyak, cocok untuk kita yang punya kulit kering. Untuk cleansing balm bisa coba Banila Co. Clean It Zero Purity.

 

CLEANSING OIL

Sesuai namanya, pembersih wajah ini dipake saat double cleansing dan fungsinya untuk membersihkan kotoran dan makeup waterproof. Cocok buat kulit kering karena mengandung kadar minyak tinggi dan sangat gentle di kulit. Kalo kita kesusahan dan bingung mau pake produk cleansing oil seperti apa karena takut nggak cocok, kita bisa kok pake virgin coconut oil (atau virgin oil lainnya) sebagai cleansing oil. Perlu diingat, karena cleansing oil ninggalin residu jadi setelah pake cleansing oil langsung bersihkan dengan cleanser atau pembersih wajah yang dibilas dengan air hangat ya.

 

CLEANSING MILK

Nah kalo yang ini cocok untuk kulit kering maupun berminyak dan dipake untuk step double cleansing juga. Tapi sayangnya kebanyakan cleansing milk nggak begitu bagus sebagai pembersih makeup terutama yang waterproof, tapi karena formulanya sangat ringan bisa untuk membersihkan kotoran setelah beraktivitas sehari-hari. Opsi lain buat yang punya kulit berminyak bisa pake cleansing makeup yang bentuk gel.

 

MICELLAR WATER

Micellar water adalah pembersih wajah berbentuk air dan dipake saat double cleansing (atau kalo misalnya kita kecapean dan males cuci muka, minimal pake ini deh!). Bentuknya berupa air, nggak mengandung alkohol, dan bisa membersihkan kotoran sekaligus sisa makeup (termasuk yang waterproof). Micellar water biasanya dipake pas lagi travelling karena bentuknya simple kayak toner, dan nggak perlu dibilas karena nggak ninggalin residu. Cocok dipake untuk semua jenis kulit sampe ke kulit paling sensitif.

 

Kalo udah tahu fungsi setiap jenis cleanser atau pembersih wajah ini, jadi nggak bingung lagi kan pilih produknya yang tepat buat wajah kita.

Buat yang belum tau apa itu double cleansing, yuk baca artikelnya di MENGENAL DOUBLE CLEANSING


Foto: berbagai sumber

Related Articles

Gaya Fashion Jeans Denim

13 April 2016

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

13 April 2016

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

CLING DENGAN CONTOURING

28 Februari 2016

Teknik mempertegas struktur tulang wajah supaya kelihatan lebih tirus.

DOPE LAYERS

05 April 2016

Let’s bundle up in these cool outerwears.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.