Login

Email
Password


Mylooks

GIMANA CARA JADI BEAUTY BLOGGER?

31 Juli 2018

Nggak bisa dipungkiri, industri beauty saat ini sedang naik daun dan beauty blogger salah satu profesi yang jadi idaman setiap cewek. Sebut aja Abel Cantika, Sarah Ayu, dan Rachel Goddard yang jadi idola di dunia beauty blogger. Pingin jadi kayak mereka? Yuk simak tips untuk memulai beauty blog kita sendiri!  

 

Memulai suatu beauty blog itu gampang-gampang susah. Its exciting tapi juga perlu konsistensi dan kerja keras yang tinggi. This is simpel rules we needs to follow if we want to start our own beauty blog.

 

FIND A NICHE

Temukan apa yang jadi spesialisasi kita. Ada begitu banyak sub beauty yang bisa kita fokuskan. Dari rambut, makeup, skincare, dan nails. Pilih apa yang akan jadi spesialisasi kita yang 90% akan kita bahas di blog nantinya.

Punya spesialisasi akan membantu kita untuk membedakan kita dengan blog beauty lainnya yang udah ada, sekaligus untuk menarik viewers atau readers, sehingga mereka akan kembali lagi dan lagi ke blog kita.

 

WHAT SHOULD I BLOG?

Setelah menemukan apa speciality kita, lanjut pikirin apa yang akan kita fokuskan. Punya fokus dalam blogging akan bikin kita nggak keluar arah dan membingungkan pembaca dan viewers. Contoh konten blog menurut blog Crueltyfreekitty:

Review: kalo kita suka coba-coba produk beauty, kita bisa bikin review yang akan membantu viewers dan pembaca blog.

Makeup artistry: punya kemampuan makeup yang mumpuni, jangan ragu untuk tunjukin step by stepnya buat viewers dan pembaca blog kita.

Swatches: bisa termasuk ke review, tapi lebih ke dupes (versi kantong friendly aka murah tapi kualitas bagus).

Budget beauty: nggak banyak yang fokus ngebahas produk drugstore dan affordable brands, mungkin ini bisa jadi fokus blog kita.

Nails: nail art saat ini jadi trend lho, kalo kita suka nail polish dan punya bakat di nail art, ini bisa jadi main focus blog kita.

Jane-of-all-trades: nah kalo kita SUKA semua hal tentang beauty, kita bisa bahas semuanya tapi tetap tentukan proporsinya.

 

WHAT PLATFORM?

Nah ini yang nggak kalah penting. Platform apa yang ingin kita gunakan. Apakah blogging, youtube, atau Instagram. Ketiga platform ini adalah favoritnya para beauty blogger. Kita bisa menjalankan semuanya tapi tetap fokuskan mana yang akan jadi main platform kita.

 

PILIH NAMA YANG MENARIK

Memilih nama yang memorable dan menarik adalah salah satu elemen penting untuk memulai jadi seorang beauty blogger. Dari nama itu pembaca dan viewers akan punya insight siapa kita, blog kita tentang apa, dan kenapa mereka harus membaca atau melihat blog kita. Kalo nama kita sendiri sudah menarik dan unik, boleh langsung dipake tapi pastikan nama kita standout. Kalo misalnya nama kita Lisa, tapi ternyata udah ada beauty blogger dengan nama yang sama, kita harus pikirkan tambahan gimmick yang lebih menarik. Ada baiknya sebelum mutusin nama apa yang mau kita pakai, kita survey beauty blogger lainnya.

 

KONSISTEN DAN PLAN OUR POST REGULARLY

Ketika semua materi sudah kita siapkan, pastikan kita memplanning kapan kita akan post semua kontennya. Konsistensi adalah kuncinya. Jangan sampe ada kekosongan waktu apalagi kalo kita masih terhitung baru, dan hindari pula last-minute posts supaya post kita nggak keliatan kurang prepare. Lalu, aktif ikutan forum atau komunitas beauty yang punya link ke brand, jadi ketika brand akan meluncurkan produk baru untuk dicoba kita bisa mengajukan untuk jadi salah satu reviewer.

 

PUBLISH AND BUILD OUR FAN BASE

Let the people know about our beauty blog! Publikasikan blog kita supaya orang-orang datang untuk melihat, setelah itu kembangkan fan base kita. Yup, nggak cuma celeb aja lho yang perlu fan base, beauty blogger juga perlu. Terutama kalo kita mau start earning money dari post dan mendapatkan uang dari setiap produk yang kita review. Untuk meningkatkan viewers dan pembaca blog, kita harus mengerti apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka suka dan nggak suka.

Jangan lupa untuk berinteraksi dengan mereka, encourage mereka buat ningggalin komen dan kasih feedback yang membangun. Untuk mengattract followers, rajin-rajin juga tampil di acara atau event untuk mengupdate konten post kita.

 

Good luck!


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Gaya Fashion Jeans Denim

13 April 2016

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

13 April 2016

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

CLING DENGAN CONTOURING

28 Februari 2016

Teknik mempertegas struktur tulang wajah supaya kelihatan lebih tirus.

DOPE LAYERS

05 April 2016

Let’s bundle up in these cool outerwears.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.