Login

Email
Password


Mylooks

UNIFORM OF THE DAY, JAPAN VER.

27 Juli 2017

Buat kita yang sering liat drama Jepang, anime atau manga yang bertema sekolah, pasti udah nggak asing lagi sama seragam sekolah siswa-siswi Jepang yang lucu banget. And did you know, seragam sekolah di Jepang itu nggak cuma sekedar seragam lho, tapi juga sebagai simbol generasi muda Jepang dan jadi bagian tersendiri dari budaya kawai lho!

 

SEJARAH SERAGAM JEPANG

Kanan - kiri: Sailor Fuku for summer - Sailor Fuku for winter

Menurut JapanUni.jp seragam sekolah Jepang udah mulai dipakai kurang lebih sekitar 150 tahun. Ide awalnya sendiri diambil dari baju main anak-anak bangsawan Eropa di zaman dahulu. Menurut warga  Jepang baju itu keliatan lucu banget buat diadopsi jadi seragam sekolah, selain juga gampang buat dijahit. Tapi ada juga yang bilang kalo seragam ini asalnya terinspirasi dari seragam militer Jepang. Yang manapun cerita yang bener, seragam model kelasi ini resmi digunain sama sekolah-sekolah publik dan juga swasta di Jepang sejak abad ke-19, dan disebut dengan seifuku.

 

SERAGAM YANG DISESUAIKAN DENGAN MUSIM

Atas - bawah: seragam untuk summer - winter

Karena Jepang merupakan negara dengan 4 musim, maka pemakaian seragamnya pun disesuaikan dengan musim yang ada. Pada musim panas dengan kapasitas sinar matahari yang banyak, seragam yang dikenakan pun biasanya terdiri dari rok pendek dan kemeja putih dengan dasi kelasi sebagai pelengkap. Sementara di musim dingin, seragam yang digunakan jauh lebih tebal dengan atasan yang berlengan panjang dengan bahan yang lebih tebal. Nah kalo di musim gugur atau semi, siswa pake vest atau sweater yang berwarna putih, hitam, abu-abu, dan beige. Salah satu brand sweater yang populer di kalangan siswa adalah UNIQLO. Dan pas UNIQLO ngeluarin vest dan cardigan warna warni yang disukain siswa cewek, akhirnya seragam sekolah di Jepang pun jadi lebih colorful dan stylish.

 

PUBLIC DAN PRIVATE SCHOOL

Blazer biasanya dpake untuk private school

Seragam sekolah Jepang punya banyak tipe, tergantung dari sekolah yang mereka hadiri. Biasanya public school seragamnya lebih simple daripada siswa yang bersekolah di private school. Tapi ada juga sekolah yang membolehkan siswanya pake baju bebas, seperti yang diterapkan sekolah-sekolah barat.

 

ATRIBUT SERAGAM   

Lihat deh aksesori tas mereka, lucu banget!

Kanan - kiri: standar kaos kaki, sekarang ukuran kaos kaki middle sampe short adalah yang paling populer

Atribut pelengkap seragam sekolah di Jepang juga nggak kalah lucunya. Mulai dari sepatu flatform, mary jane, atau loafers. Kaos kaki yang panjangnya below the knee dan pendek, kadang loose socks yang jadi item wajibnya gyaru (gal). Pita atau dari seragam dengan berbagai warna dan motif yang bisa dipilih. Dan tas. Buat tas, kadang beberapa sekolah sudah punya standar tasnya sendiri, tapi saat ini siswa boleh pake tas dari yang enamel bag sampe backpack. Dan lucunya, tas ini suka mereka hias dengan pin, boneka, sampe akesoris buat ngasi liat signature stylenya.

 

TRADISI YANG BERKAITAN DENGAN SERAGAM SEKOLAH

Seragam cowok yang disebut gakuran. (tengah) cara pake normal umumnya, (kiri) sejak banyak drama sekolah seperti dari CROWS ZERO dan Gokusen, cara pake gakuran seperti ini mulai digemarin karena terlihat 'cowok banget'.

Seragam sekolah juga bisa jadi signature khususnya buat siswa cowok. Beda dengan siswa cewek, siswa cowok yang setingkat SMP dan SMA bagian kemejanya dilengkapin dengan kancing collar yang biasanya punya design logo sekolah masing-masing (buat kamu yang pernah nonton GOKUSEN, siswa cowok disitu ngubah kancing collar-nya jadi personal logo). Selain sebagai logo, ada juga tradisi legenda yaitu ngasih kancing kedua teratas di tahun terakhir sekolah ke cewek yang disukai sebagai simbol confession atau pengakuan atas perasaan suka. Kenapa kancing kedua dari atas? Karena posisinya emang yang paling deket  sama hati, dan menyimbolkan emosi yang terkumpul selama 3 tahun sekolah. Duuuuh, kok romantis banget sih!

 

RULES

Sebenernya nggak beda jauh sama sekolah di Indonesia, Jepang juga memberlakukan peraturan yang sama ke murid-muridnya soal gimana seharusnya berpenampilan di sekolah. Misalnya:

Semua murid harus make seragam ke sekolah termasuk atribut pelengkap kayak dasi, sepatu seragam dan juga pin.

Murid harus berpenampilan senatural mungkin ke sekolah, dan nggak boleh ngubah penampilan aslinya. Makanya ngecat rambut, make contact lens, make kutek dan juga makeup juga dilarang buat murid-muridnya. Mungkin ini juga sebabnya banyak produk makeup di Jepang yang packaging-nya dibuat seperti peralatan sekolah, jadi bisa tetep dibawa saat pergi ke sekolah.

Nggak boleh pake perhiasan ke sekolah.

Cuma boleh pake kaos kaki putih, biru navy, hitam atau stocking buat ceweknya

Kalo mau ngiket rambut, cuma dibolehin pake karet rambut warna hitam, coklat atau biru navy yang bentuknya karet biasa (bukan scrunchie).

Kemeja yang dipake di bagian dalem harus berwarna putih polos, abu-abu polos atau krem polos.

Pas musim dingin, cuma boleh pake sweater atau jaket berwarna abu-abu, navy atau hitam, dan nggak boleh make yang berwarna terang.

Cowok nggak boleh punya rambut gondrong.

Panjang rok harus 15cm diatas lutut. Tapi ada juga beberapa sekolah yang mengharuskan panjang rok sampe semata kaki.

Related Articles

Trend Kecantikan: Cushion

13 April 2016

Cushion adalah salah satu trend kecantikan yang sedang trend di kalangan anak muda di Korea saat ini. Cushion merupakan sejenis foundation dalam bentuk compact

Gaya Fashion Jeans Denim

13 April 2016

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

13 April 2016

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

CLING DENGAN CONTOURING

28 Februari 2016

Teknik mempertegas struktur tulang wajah supaya kelihatan lebih tirus.

Share Article To

Leave a Comment
1 comments
You must be logged in to post a comment.

Ajeng Nindi Pertiwi


Pengen bgt sekolah di Jepang.

Aug 20, 2017 15:32 PM