Login

Email
Password


Mylooks

MENGENAL DOUBLE CLEANSING

09 Mei 2017

Kita pasti udah sering baca atau mendengar tentang double cleansing, entah itu dari temen atau review blog. Tapi sebenarnya double cleansing itu apa sih dan kita butuh nggak ya, yuk cari tahu lebih dalam di sini.

 

Apa itu double cleansing?

Double cleansing ini dasarnya adalah teknik atau ritual membersihkan wajah dengan 2 kali tahapan, supaya sisa-sisa makeup, sunblock, minyak atau pun kotoran yang nempel di kulit wajah kita benar-benar terangkat dengan sempurna. Selain itu juga supaya pori-pori kita nggak tersumbat oleh kotoran yang masih tersisa dan supaya juga skin care yang akan kita pake selanjutnya bisa terserap di kulit dengan baik.

Istilah double cleansing ini pertama kali diperkenalkan di Jepang dan sampe saat ini jadi beauty regimenya orang Jepang, kemudian meluas ke Korea Selatan dan sekitarnya. So, kalo kita suka kagum kenapa kulit orang Jepang atau Korea mulus bebas jerawat, nah ini dia perawatannya.

 

Kapan kita melakukan double cleansing dan kenapa kita butuh?

Malam sebelum tidur atau sesudah kita melakukan aktivitas seharian. Terus, kenapa kita butuh double cleansing? Banyak yang menyepelekan cleansing atau membersihkan wajah karena menganggap produknya nggak stay di muka dan berpikir membersihkan wajah itu cukup dibilas dengan air aja. Jangan salah lho Happy Females. Justru cleansing adalah tahapan paling dasar yang nggak kalah penting dari skin care. Karena gimana skin care kita bisa berfungsi dengan sempurna kalo kulit kita masih kotor atau pori-pori kita masih tersumbat sama produk makeup. Yang ada malah kulit kita jadi bruntusan atau break-out. Makanya penting untuk kita melakukan double cleansing, terutama yang suka pake makeup atau seharian di luar ruangan.

 

Tahapan double cleansing

First cleansing, pembersih wajah / makeup remover

Pembersih pertama ini gunanya adalah untuk membersihkan atau mengangkat sisa makeup, foundation, sunscreen, minyak atau kotoran yang ada di wajah kita setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Karena pembersih pertama bertugas mengangkat kotoran jadi biasanya teksturnya lebih thick. Di first cleansing ini mungkin ada beberapa produk yang harus dibersihkan pake handuk basah dengan air hangat atau kapas.

Produk:

Ada beberapa produk yang bisa mengangkat makeup, biasanya jenisnya terbagi jadi: cleanser berbentuk cleansing oil, balm, wipes, atau lotion.

Recommendation: The Body Shop Chamomile Cleansing, Bioderma Sensibio H20, The Saem, Loreal paris micellar water.   

Tips for first cleansing:

Perhatikan kondisi kulit. Kalo kulit sedang breakout mungkin produk cleansing yang dipake harus diganti dulu dengan produk khusus kulit sensitive atau jerawat.

Hindari produk yang mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate), kandungan SLS akan bikin kulit wajah kita terlalu kering (atau terasa tertarik) biarpun pas pake kita ngerasa bersih karena kasat. Usahakan pilih produk yang bisa melembapkan kulit.

 

Second cleansing, facial wash / Lotion or cream.

Pembersih kedua ini tugasnya adalah lebih mengangkat kotoran atau sisa-sisa pembersihan dari first cleansing. Jadi, walaupun kita udah ngebersihin wajah pake makeup remover, tetap wajib ngebersihin wajah pake facial wash.

Produk:

Cetaphil, Su:M37 Miracle Rose Cleansing Stick, The Body Shop Seaweed

 

Nah setelah double cleansing selesai, baru deh kita bisa mulai lanjut ke proses selanjutnya yaitu pengaplikasian skin care yang kita pakai. Last but not least, pastikan pilih produk yang sesuai dengan kulit kita ya Happy Females. Dan its okay kok kalo punya lebih dari 1 produk, entah itu untuk first cleanser atau second cleanser, karena seperti yang dibilang di atas pembersihnya harus disesuaikan juga dengan kondisi kulit kita.


Foto: berbagai sumber

Related Articles

Gaya fashion Athleisure

13 April 2016

Berasal dari kata “athletic’ dan ‘leisure’, artinya; pakaian untuk berolahraga yang juga cukup gaya untuk dipakai buat jalan-jalan. Gaya fashion ini cukup populer

CHIC CHOKERS

03 Februari 2016

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Cushion

13 April 2016

Cushion adalah salah satu trend kecantikan yang sedang trend di kalangan anak muda di Korea saat ini. Cushion merupakan sejenis foundation dalam bentuk compact

Gaya Fashion Jeans Denim

13 April 2016

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.