Login

Email
Password


Mylooks

WOMEN'S SHOES 101

25 April 2017

"Give a girl the right shoes and she can conquer the world"

Marylin Monroe

Can't agree more. Sepatu buat cewek udah jadi hal yang sakral banget. Bahkan ada yang bilang, mau se-enggak propernya outfit kita, selama kita pake sepatu yang keren kita udah jadi kayak the coolest girl on the planet. Nah buat nyari sepatu yang benar itu gampang-gampang susah tapi kita bakal jadi ahli selama tau aja jenisnya. Yuk cek di bawah!

 

BROGUE SHOES

Kita mungkin mengenalnya sebagai Oxford, Chelsea, atau Derby shoes. Ciri khas sepatu Brogue adalah pola perforasi atau jahitan dekoratif di bagian depan dengan beberapa layer. Sepatu yang berasal dari Irlandia dan Skotlandia ini biasanya punya heels yang rendah, tapi sekarang udah banyak modifikasi jadi kita bisa menyesuaikan dengan style kita. Menurut fashion insider, Brogue akan ngasih image smart look can cocok buat dipake ke acara semi formal.

 

BOOT 

Sepatu dengan model leher tinggi, umumnya setinggi betis tapi nggak jarang ada juga yang sampe paha. Dulunya boot banyak dipakai oleh para pekerja untuk ngelindungin kaki mereka -dari salju, lumpur atau hal berbahaya lainnya- dan umumnya terbuat dari kulit. Sekarang banyak macam material dan model yang bisa kita pilih. Oia, boot akan menyesuaikan bentuk kaki kita dan membuatnya terlihat ramping lho.

 

ANKLE BOOTSS

Beda sama boot yang punya leher tinggi, ankle boot hanya sebatas bagian mata kaki atau di bawah celana panjang. And did you know, ankle boot ini satu-satunya sepatu yang tetap populer sejak abad ke-19! Ankle boot cocok buat kita yang mau menghadiri acara semi-formal.

 

ESPADRILLES

Sepatu asal Spanyol ini udah banyak seliweran di mana-mana tapi nggak banyak yang tahu sama istilahnya, kalo di kita orang sering nyebutnya dengan sepatu tali goni di bagian sol yang jadi ciri khasnya. Biasanya bagian atasnya terbuat dari bahan kaos atau katun dan banyak dipake di negara tropis karena bahannya yang nyaman.

 

COURT SHOES (PUMP)

Di Amerika sepatu dengan model runcing dan low cut di bagian depannya ini lebih dikenal dengan Pump shoe. Walaupun biasanya dipake oleh cewek, tapi secara tradisional Court shoe juga dipake oleh cowok untuk acara-acara formal yang disebut Opera Slipper (Patent Pump). Sepatu ini juga jadi salah satu favorit-nya Princess Kate MIddleton untuk datang ke acara-acara formal kerajaan dan bikin dia jadi semakin terlihat elegan.

 

CLOG

Awalnya material Clog dibuat seluruhnya dari kayu dengan dekorasi atau ornamen bunga. Yang paling familiar sering kita lihat adalah Clog asal Belanda dan digunain untuk mleindungi kaki pekerja yang bekerja di ladang, pabrik, atau tambang. Selain itu Clog juga dipake unttuk menarikan beberapa tipe tarian. Di dunia fashion sendiri, Clog dicombined dengan material lainnya -mostly kulit- dengan berbagai macam model. Clog bisa dimix-match dengan gaya apapun.

 

MARY JANE

Ciri khas sepatu ini ada di low cut dan strapnya. Mary Jane masih satu kategori dengan Court shoe and did you know kalo asal muasal nama Mary Jane adalah dari nama karakter komik Buster Brown, "Father of the Sunday Comic Strip" yang bernama sama. Sama kayak karakternya, Mary Jane ngasih image sweetheart, innocent, dan cute. Di Jepang sendiri, sepatu ini jadi salah satu item wajib untuk Lolita Fashion.

 

LOAFER

Atau lebih dikenal dengan Slip-on, awalnya sepatu ini adalah sepatu casual tapi sejalannya waktu sepatu ini semakin sering dipake di acara lounge, makanya Loafer atau Slip-on lebih banyak dipake untuk acara semi-formal. Di Jepang, Loafer jadi sepatu yang banyak dipake sekolah-sekolah sebagai bagian dari seragam.

 

GLADIATOR SANDAL

Seperti namanya, sepatu/sandal ini terinspirasi dari para gladiator dengan ciri khas simpul tali. Model yang paling umum adalah boot panjang, tapi kalo nggak nyaman bisa pilih yang ankle boot. Model ini sempet booming sekitar awal tahun 2006 - 2008.

 

PLATFORM

Mau badan keliatan lebih tinggi, nah pake aja sepatu ini. Platform punya sol yang tebal dan tinggi, biasanya sekitar 4cm tapi ada juga yang sampe 20cm, biasanya ini dipake oleh musisi-musisi Jepang atau cosplayer. Walaupun bikin kaki kita keliatan lebih jenjang tapi Platform adalah salah satu sepatu yang rentan bikin kaki terkilir. Hati-hati memakainya ya.

 

PEEP TOES

Seperti namanya, sepatu ini punya lubang di bagian depan yang seakan-akan jari kaki kita lagi "ngintip".

 

MULE 

Kalo orang Indonesia ngenalnya lebih kayak sepatu nenek/kakek kali ya hehe. Ciri khas Mule adalah backless dengan model tertutup di depan dan rata, tapi sekarang banyak yang dimodifikasi jadi peep toe atau ditambahin heels.

 

SLING BACK

Sepatu ini masuk kategori Court Shoe, kayak namanya Sling back punya strap di belakang dengan variety look yang bisa disesuaikan dengan style kita.

 

SNEAKER

Siapa sih yang nggak tau atau nggak punya sneaker. Sepatu yang awalnya buat olah raga ini sekarang jadi bagian penting dari fashion cewek dan nggak jarang banyak yang lebih milih pake sneaker dibanding sepatu resmi lainnya karena sangat nyaman.

 

SANDAL

Nggak kalah populer dari sneaker, pasti kita semua punya 1- 2 jenis sandal di rumah (and sandal jepit is a must!). Sandal adalah tipe footwear terbuka. Umumnya kita mengenal sandal dengan sol rata yang tipis atau tebal, tapi jangan salah, sandal pun ada yang diberi high-heels walaupun jadinya tetep terlihat casual.

 

Nah dari semua tipe footwear buat cewek ini, mana yang favorit kamu Happy Females?


Foto: berbagai sumber

Related Articles

Membentuk alis dengan Stensil Alis

13 April 2016

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

CLING DENGAN CONTOURING

28 Februari 2016

Teknik mempertegas struktur tulang wajah supaya kelihatan lebih tirus.

DOPE LAYERS

05 April 2016

Let’s bundle up in these cool outerwears.

MEET ME AT THE FASHION SHOW

27 Maret 2016

But first, let’s follow the rules.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.