Login

Email
Password


Mylooks

BAG ENCYCLOPEDIA

24 Maret 2017

Yang namanya cewek, pasti nggak cukup deh punya satu jenis tas aja. Tergantung acaranya, tipe dan fungsi tiap tas itu beda-beda. Nah biar nggak cuma bisa nge-koleksi, baca di bawah jenis dan fungsi tas kita.

 

CLUTCH
Clutch adalah strapless (tas tanpa tali) yang berbentuk segi empat dan dibawa tangan (hand carry). Clutch ini bentuknya tipis makanya cuma bisa masuk barang essential aja, kayak uang, handphone, atau barang kecil lainnya. Clutch biasanya dipake kalo kita datang ke acara yang nggak butuh bawa banyak barang, misalnya ke acara resepsi kawinan atau cuma sekedar jalan aja. Sekitar 4-5 tahun lalu, clutch hanya dipake ke acara resmi tapi sekarang modelnya udah macem-macem dengan banyak modifikasi. Seperti clutch bag "Carry Me" dari GoodMoodMoon (Etsy) yang ditambah strap.

Mau itu gaya kita edgy, preppy, atau pun androgynous, clutch instantly akan bikin style kita terlihat lebih simple dan nggak berlebihan.

 

WRISTLET
Wristlet sebenarnya nggak beda jauh dengan clutch, hanya aja wristlet lebih dikenal sebagai dompet dibanding tas. Makanya kebanyakan ukurannya lebih kecil daripada clutch dan fungsinya lebih compact lagi. bahkan kadang cuma bisa bawa maksimal 2 benda. Seperti namanya, wristlet adalah strap (tali) kecil yang lebarnya pas dengan ukuran pergelangan tangan cewek.

 

SATCHEL
Awalnya tas satchel adalah tas yang dipake oleh para pelajar, seperti di Oxford atau Cambridge (kalo di Jepang namanya 'Randoseru'). Ciri khas satchel bag yaitu bentuknya persegi panjang, ada strap sling bag dan dua strap penutup di depannya (kadang ada pocket atau pegangan di atas tas), dengan struktur yang kokoh supaya bisa bawa banyak buku. Dan umumnya pake bahan kulit dengan warna klasik coklat. Kalo dulu mostly pake strap sling bag, sekarang satchel udah banyak tipenya seperti satchel backpack dan handbag. Pas buat nyempurnain style nerdy atau preppy look kita.

 

HOBO BAG
Terinspirasi dari tas atau kantung para pengembara jaman dulu, Hobo bag ini bisa muat banyak barang. Bentuknya setengah lingkaran menyerupai bulan sabit. Biasanya dikasi tali kuat buat dikaitin di bahu supaya bisa nahan beban banyak. Tapi, sayangnya hobo bag ini ada beberapa kelemahan. Karena bahannya slump atau 'jatuh' kadang kita suka ribet nyari benda yang kita butuhin di dalem. Dan nggak semua hobo bag pake retsleting, jadi musti ekstra hati-hati.

 

TOTE BAG
Bisa dibilang tote bag adalah tas yang paling sederhana tapi multifungsi dibanding tas lainnya. Kita bisa pake buat bawa belanjaan, pake untuk ke kuliah, sampe untuk bawa peralatan olah raga. Tote bag juga pembuatannya paling mudah, dengan motif dan statement design. Saking multifungsinya, orang-orang bisa pake tote bag untuk mengkampanyekan sesuatu. Seperti 'no plastic bag'. Kita juga bisa bikin tote bag sendiri lho!

 

MESSENGER / POST MAN BAG
Terinspirasi dari tas-nya Pak Pos, messenger bag adalah tas yang diperuntukkan untuk memuat barang-barang besar atau bulky. Biasanya messenger bag dipake buat orang-orang yang aktif kayak traveller, designer, atau director. Makanya untuk konstruksi tasnya lebih stabil, kokoh dan bahannya terbuat dari canvas, nylon, etc. Bahkan sebagian ada yang waterproof. Fungsinya sebenarnya kurang lebih sama kayak backpack, hanya aja messenger bag dipake dengan disilangkan ke tubuh atau dipake di bahu, jadi kalau ngambil barang lebih mudah.

 

KELLY BAG
Tas yang punya sejarah panjang ini awalnya adalah hasil remade menantu laki-laki Hermes, Robert Dumas sebelum akhirnya namanya berubah jadi Kelly Bag. Sebelum menikah dengan Pangeran Monaco, Rainier III, Grace Kelly main filmnya Alfred Hitchcock dan tas ini jadi salah satu property film. And she's instantly loved it, bahkan selalu dibawa kemana-mana setelah menikah. Dari situ publik langsung mengasosiasiin tas ini dengan Grace Kelly. Ciri khas tas ini adalah pegangannya yang kecil dan hanya muat untuk hand carry. Walaupun ngasih kesan formal, tapi tas ini bisa dipake untuk acara yang semi-formal sekalipun. Fyi. walaupun high demand tapi Hermes hanya memproduksi tas ini dengan jumlah terbatas, apapun variasinya. Makanya Kelly Bag susah banget untuk dipurchased.

 

BACK PACK
Siapa sih yang nggak tau back pack? Tas multifungsi dengan berbagai variasi model ini bahkan udah kita pake dari kecil. Back pack adalah tas punggung dengan dua strap melewati bahu. Menurut beberapa orang, back pack adalah tas paling praktis karena membiarkan tangan penggunanya bebas bergerak. Menurut backtracks.com, backpack adalah tas paling sehat buat penggunanya karena dipake seimbang di dua bahu, dan bisa bantu perbaiki postur tubuh jadi tegap karena nggak miring kiri atau kanan.

 

BAGUETTE
Sebelum terkenal berkat Carrie Bradshaw (Sarah Jessica Parker) di serial Sex and the City. Baguette tas compact kecil dengan strap di bagian atas yang pendek ini sebenarnya udah dibikin dari tahun 1997 oleh Fendi. Fungsi baguette sebenarnya nggak banyak karena kompartemenya yang ekstra kecil, tapi design tas-nya yang berkarakter itu lah yang bikin tas ini jadi the 'It' bag.

 

BARREL
Barrel punya bentuk kayak tabung dan terlihat kokoh. Dulu, barrel bag ini biasanya sama olahragawan, gymnastic atau tentara (army), untuk nyimpen benda-benda yang punya bentuk khusus. Dengan desain yang udah dimodifikasi, barrel jadi bisa dipake buat sehari-hari dan nggak cuma ngasih kesan sporty aja.

 

BUCKET BAG
Sama kayak namanya, tas ini nyerupain ember (bucket) dengan serutan yang ada di bagian atas sebagai penutupnya. Tas ini populer di era tahun 1960 - 1970-an, banyak yang bilang bucket bag juga disebut hippie bag karena waktu itu para hippie lah yang mempopulerkan tas ini. Biarpun bentuknya sedikit bulky tapi ada berbagai macam ukuran dan variasi bucket bag yang bisa kita sesuaiin dengan acara dan style kita.

 

QUILTED BAG
Quilted bag adalah nama tas yang punya teknik jaitan herringbone pattern di bagian luarnya. Dan yang paling terkenal dari jenis tas ini adalah keluaran brand premium, Chanel, yang dikenal sebagai Chanel 2.55 (diambil dari tanggal diredesignnya). Awalnya quilted bag ini diciptakan Coco Chanel tahun 1920 karena dia capek dan nggak bebas karena harus membawa tas tangan. Terinspirasi dari tas tentara, akhirnya dibuatlah tas dengan sling bag tipis. Sampe akhirnya tahun 1955, tas ini diredesign dan diluncurkan untuk publik. Hebatnya, walaupun udah lebih dari 62 tahun sejak diciptain tapi modelnya yang klasik tetap jadi trend bahkan sampe jadi icon di dunia fashion sampe sekarang.

 

SADDLE
Saddle bag terinspirasi dari saddle alias pelana kuda, dan menyerupai setengah lingkaran. Biasanya saddle bag nggak ada motif tertentu, cuma ditambahkan aksen atau aksesoris. Fungsinya sendiri sama kayak pouch, kompartemennya compact dan tight, hanya muat barang-barang essentials kita aja. Walaupun gitu, pas buat dibawa hangout.

Nah dari semuanya, yang mana tipe tas favorit kamu?


Foto: berbagai sumber

Related Articles

Membentuk alis dengan Stensil Alis

13 April 2016

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

CLING DENGAN CONTOURING

28 Februari 2016

Teknik mempertegas struktur tulang wajah supaya kelihatan lebih tirus.

DOPE LAYERS

05 April 2016

Let’s bundle up in these cool outerwears.

MEET ME AT THE FASHION SHOW

27 Maret 2016

But first, let’s follow the rules.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.