Login

Email
Password


Mylife

UBAH NGGAK BISA JADI BISA DENGAN GROWTH MINDSET

10 Mei 2018

Pernah nggak ketemu sama situasi di mana kita udah ngerasa nggak mampu, ngerasa mustahil dan nggak mungkin duluan padahal belum mencoba? Kalo iya, berarti secara nggak sadar kita termasuk ke kategori pribadi yang nggak mau berubah atau nggak bisa nerima perubahan. Entah karena nggak pede duluan, pasrah aja, denial, excused, atau banyak alasan lainnya. Padahal nyatanya, pola pikir itu mengarahkan kita ke aksi (perbuatan) dan aksi menghasilkan suatu hasil. Nah kalo berpikir aja kita nggak mau, gimana kita bisa ngarepin hasil?

 

Pernah denger power of mind nggak? Power of mind atau kekuatan pikiran punya kendali gimana kita bisa memandang dan menjalani hidup kita. Kekuatan pikiran akan ngelahirin sugesti yang bikin kita melakukan sesuatu hal di bawah alam sadar kita. Dan kalo dilakukan berulang-ulang, sugesti di pikiran alam bawah sadar akan berubah jadi keyakinan diri. Makanya ada pepatah ‘When there’s a will, there’s a way”. Pepatah ini ada bukan tanpa alasan, karena kalo kita udah berpikir pasti bisa dan yakin sama diri sendiri plus dibarengin doa dan usaha keras, coba bayangin hasil terbaik yang bakal kita dapetin.

 

Kalo begitu peran growth mindset itu apa dong?

Nyatanya berpikir positif aja nggak cukup, kita juga harus punya mindset yang bisa terus mendorong kita buat berkembang. Di sinilah growth mindset itu kita butuhin.

 

GROWTH MINDSET VS FIXED MINDSET.

Di buku Mindset: The New Psychology of Success, Carol S. Dweck Ph.D (hal ini juga diceritakan di website mindsetworks.com), Dr. Dweck nemuin kalo ternyata ada dua jenis mindset yang mendasari pemikiran kita yaitu fixed mindset dan growth mindset. Istilah ini dia temuin setelah meneliti sikap ratusan para siswa ketika mereka menghadapi kegagalan, ada yang down tapi ada juga yang langsung segera bangkit.

Orang dengan growth mindset percaya kalo mereka bisa jadi lebih baik dengan melakukan usaha yang lebih daripada sebelumnya. Makanya, orang-orang growth mindset ngasih waktu dan usaha ekstra dan akhirnya bisa ngeraih achievement yang lebih tinggi. Sebaliknya, orang dengan fixed mindset punya pola pikir kalo karakter, talent, kecerdasan dan kemampuan lainnya itu adalah sesuatu yang dikasih dari lahir dan nggak bisa diubah. Buat orang-orang fixed mindset, kesuksesan adalah pembuktian (pengakuan) dari kemampuan yang mereka punya, karena itu pas dihadapin sama kegagalan mereka bisa super down banget.

 

GROWTH MINDSET CENDERUNG PUNYA KEINGINAN UNTUK BELAJAR DAN BELAJAR, MAKANYA MEREKA PUNYA SIFAT/SIKAP SEBAGAI BERIKUT:

Sementara, fixed mindset punya pola pikir yang berbeda. Kalo liat gambar di atas keliatan banget kan bedanya. Kalo ternyata selama ini pola pikir kita adalah fixed mindset, its okay kok karena kita bisa mengubahnya. Menurut Dr. Dweck nggak ada orang di dunia ini yang punya 100% growth mindset ataupun fixed mindset. Kita bisa mengusahakan untuk punya growth mindset dengan melakukan step-step berikut:

 

 

So, udah jelaskan sehebat apa kekuatan pikiran dan growth mindset? Penting buat diingat kalo setiap orang punya kekuatan buat mengubah jalan hidupnya dan dirinya sendiri. Karena hidup kita ya ada di tangan kita, bukan di tangan orang lain. It’s just a matter of choice, either kita mau atau nggak mau ngelakuinnya.


Foto: Shutterstock, Wisemovement, Inverse

Related Articles

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.