Login

Email
Password


Mylife

TIPS NGOBROL DENGAN SI SEDIH HATI

06 Februari 2018

Yang namanya hidup, nggak semua selalu berjalan mulus dan hepi-hepi aja. Ada kalanya kita harus ngalamin kesedihan dan kesusahan yang terkadang mendalam dan susah banget buat move on dari perasaan itu. Buat beberapa orang, nggak jarang kesedihan bikin mereka depresi berkepanjangan.  Dan nggak gampang lho ngedeketin mereka yang lagi mengalami fase ini. Tapiii, nggak gampang bukan berarti nggak bisa buat dicoba ya. Gini nih caranya.

MENGERTI PERASAAN MEREKA

Sebelum mendekatkan diri dan nanya lebih jauh ke mereka, ingetin ke diri kita sendiri kalo apapun penyebab yang membuat mereka sedih, marah ataupun depresi bukanlah hal yang remeh. Kalo kita sendiri sampe meremehkan penyebabnya, besar kemungkinan kita akan sulit mendekatkan diri dan memberikan dukungan ke mereka.

KENALI GEJALANYA

Kondisi yang berat pada akhirnya membuat mereka menjauhi orang-orang terdekatnya, bisa dengan nggak lagi mau ngobrol, males chatingan, atau nggak mau keluar rumah buat waktu yang lama.

DON’T PRETEND EVERTYHING JUST FINE

Denial mengenai keadaan yang dihadapi nggak akan mengeluarkan kita dari keadaan yang sebenarnya udah terjadi dengan orang terdekat kita tersebut. Jangan juga nutup-nutupin keadaan dan menganggap semuanya akhirnya akan baik-baik aja.

DON’T BE HURRY

Namanya orang lagi mengalami masa-masa berat, pasti butuh proses untuk sembuh dari keadaan tersebut. Dan sama kayak sembuh dari penyakit fisik, sakit psikis juga memerlukan waktu penyembuhan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Jadi jangan menuntut mereka untuk keluar cepet-cepet dari keadaan mereka tersebut, instead, biarkan mereka merasakan kesedihan mereka dulu. Dan yang pasti selalu dampingi mereka setiap saat.

DON’T TRY TO BE THEIR DOCTOR

Selalu inget kalo kita ada sebagai support system mereka, dan bukannya jadi dokter mereka. Jadi nggak usah ngerasa berdosa kalo mereka belum bisa ‘sembuh’ dari keadaan sedih mereka secepat kilat. Sometimes, they just need us to listening them, no more no less. Simpel kan?

I’LL BE THERE FOR YOU

Percaya deh, yang paling penting saat seseorang lagi bersedih adalah kehadiran seseorang yang ngasih support di samping mereka. Tanpa kata-kata yang panjang dan berlibet, saat mereka aware ada seseorang ngerti akan kondisi mereka, it’s more than enough lho.

WHAT SHOULD WE SAY

Kalo kadang kita masih bingung harus ngomong saat berada di samping mereka, mungkin kita bisa nyoba beberapa kalimat kayak gini buat memulai pembicaran dengan mereka:

Timing juga jadi concern utama saat kita mau ngedeketin mereka yang lagi berada dalam keadaan kayak gini. Cari waktu yang tepat dan memungkinkan buat kita ngobrol suatu hal panjang lebar. Nggak lucu kan pas mereka udah mau ngebuka diri, tiba-tiba harus kepotong gitu aja.

 

Kalo mereka udah mau ngebuka diri, selalu ajukan pertanyaan netral tanpa menghakimi, kita bisa coba dengan pertanyaan kayak gini:

Beberapa kalimat yang disaranin para ahli saat kita menghadapi mereka yang lagi bersedih:


Dan yang paling penting, make sure kita nggak pernah ngomong kayak gini ke mereka yang lagi ngadepin masa-masa sulit:

Related Articles

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.