Login

Email
Password


Mylife

TIPS ATUR ULANG KAMAR UNTUK MOOD BOOSTER

29 September 2017

Mood booster itu bisa dateng dari mana aja. Dari musik, makanan, jalan-jalan, atau bahkan situasi dan interior kamar yang diatur ulang. Inget-inget deh, kapan terakhir kali kita ngedekor ulang kamar kita? Atau jangan-jangan malah sama sekali nggak pernah kita apa-apain lagi letak dan posisi setiap benda-bendanya karena males dan nggak mau ribet? Duh, padahal nata ulang kamar penting banget buat kondisi psikologi kita nih girls.

 

Banyak yang nggak tau kalo kualitas tidur dan istirahat kita di dalam kamar, ditentuin juga sama kondisi kamar tidur kita. Kalo kita selama ini rada susah tidur dan nggak nyaman istirahat, mungkin salah satunya karena kita udah kelamaan nggak ngeberesin dan atur ulang kamar kita. Coba yuk, cari waktu di akhir pekan buat bikin kamar kita cantik lagi. Bisa dimulai dari ngikutin tips-tips berikut ini.

 

VISUAL IT

Sebelum ribet mindah-mindahin barang, kita harus punya rencana bentuk baru kamar kita bakalan kayak apa. Lebih bagus lagi kita sketch di kertas, posisi tempat tidur, lemari, meja rias sampe computer kita. Nggak perlu keren-keren amat, yang penting kita punya gambaran kayak apa kamar baru kita nanti. Nggak mau ribet? Di Play Store atau Apple Store udah banyak aplikasi gratis yang bisa kita download dan ngebantu kita buat ngedekor ulang kamar kita kok. Cari ide di Pinterest, Istagram atau Thumblr juga nolong kita banget lho!

 

PILIH TEMA KAMAR YANG SESUAI KEPRIBADIAN ATAU STYLE KITA

Kamar dengan tema bikin kita lebih gampang buat menghias dan milih perabotan nantinya. Misalnya temanya monokrom (hitam & putih), perpaduan warna elegan ini bikin mood kita lebih stabil. Tapi supaya lebih dinamis, usahain pilih pattern yang pas dan paduin dengan warna kontras kayak merah atau biru terang kayak di gambar pertama. Atau pingin bikin mood kita lebih homey dan solemn, kita bisa pilih kombinasi warna putih, pink dengan pattern gold polkadot seperti gambar kedua (kiri). Sedangkan bright cocok buat bikin mood lebih bubbly seperti gambar kedua (kanan).

 

ORGANISIR BARANG-BARANG SESUAI FUNGSI & KEBUTUHANNYA

Nah sekarang kita sampe ke bagian yang paling melelahkan, yaitu nyortir dan beresin barang! Percaya deh, pas ngeberesin pasti kita bakal kaget dengan banyaknya barang printilan yang kita punya. Pertama, sediain dulu beberapa kotak dan tulis di kotak misalnya aksesori, makeup, stationary, etc. Baru deh kita mulai menyortir barang-barang. Jangan lupa sediain satu kotak/kardus/kantong plastik buat sampah. 

Begitu udah masukin barang-barang ke kardus/kotaknya masing-masing, cek apa yang harus disimpan, disumbangin, dan dibuang. Ini termasuk baju-baju yang ada di lemari kita ya. Yang musti banget diinget, kalo ada barang yang udah lama nggak kita pake (max. 1 tahun) tapi masih berfungsi dengan baik, hibahkanlah ke adik atau sumbangkan. Mungkin aja lho mereka lebih membutuhkan barang tersebut.

Kalo udah disortir, letakkan semua barang-barang tadi ke posisinya masing-masing. Pembagian di awal ngemudahin kita buat meletakkan kembali barang-barang tersebut tanpa harus bingung barang yang mana berasal dari spot yang mana. Dan dengan pembagian gini, kamar kita pun akan lebih fresh dan rapi.

Nggak cuma penempatan aksesoris dan stationary aja tapi ada satu yang penting cuma sering dilupain. Yaitu tempat penyimpanan pembalut. Baik itu di kamar mandi atau menyimpan di lemari kamar, sediain tempat semacam storage box seperti gambar di atas. Supaya pembalut cadangan kita tetap rapi dan nggak tercecer.

 

DECORATE OUR WALL

Jangan cuma fokus ke tempat tidur dan meja belajar/makeup, dekor juga dinding kamar kita supaya terlihat lebih hidup. Kita bisa ngedekornya dengan lampu hias, foto-foto kita, dan kalo punya kain dengan motif keren coba dipasang aja sebagai pengganti wallpaper.

 

YANG MUSTI DIPERHATIIN:

Mulai geser/angkat barang berat ke posisi barunya.

Tugas yang paling berat, yaitu mindahin atau menggeser perabotan berat ke posisinya yang baru yang udah kita tentuin di bagian point Visual It tadi. Pastiin kita minta bantuan orang lain ya, daripada badan kita encok atau keseleo karena sok kuat ngedorong lemari sendirian. Untuk lemari, ada baiknya dikosongin terlebih dahulu supaya lebih ringan saat mendorong atau mengangkatnya. Ini juga bertujuan supaya kita bisa sekalian mensortir lagi baju-baju mana yang udah nggak lagi kita pake.

Bersihkan kamar dari debu dan kotoran.

Pas perabotan berat dipindahin, pasti keliatan deh debu-debu yang ada di bawah lemari, di bawah tempat tidur, atau bahkan sarang laba-laba yang ada di atas lemari. Hiiii! Make sure kita bersihkan dan pel semua kotoran itu sampe kinclong ya! Buat yang alergi, jangan lupa pake masker hidung dan buka jendela lebar-lebar supaya ada pergantian udara.

Pastiin kalo kita udah oke dengan interior baru tersebut.

Udah selesai bebersih, coba liat sekeliling kamar kita, apakah kita udah oke dengan letak setiap barang-barang yang ada di situ? Apakah tempat tidurnya sudah menghadap ke posisi yang kita inginkan? Atau malah kita kurang sreg sama posisi meja rias kita karena nggak dapet cukup banyak cahaya pas dandan? Karena kadangkala sketch yang udah kita buat di atas kertas belum tentu sempurna dipraktekkin. Makanya selalu make sure apakah kita udah sreg dengan lay out yang baru atau belum.

Pastikan semua pintu dan jalan keluar masuk tidak terhalang apapun.

Liat lagi deh, apakah pintu dan jalan kita buat berlalu-lalang terhalang atau tidak dengan perabotan besar yang ada di posisi barunya. Nggak lucu dong kalo kita harus melipir setiap kali jalan ke pintu karena letak tempat tidur kita yang menghalangi jalan. Kalo ternyata menghalangi lalu lalang kita di dalam kamar, berarti kita harus pikirin lagi letak baru buat barang-barang tersebut.

Sesuain sama budget.

Nge-dekor kamar udah pasti ada beberapa barang yang kita beli supaya makin oke, walaupun kecil. Biar kantong kita nggak jebol, tentuin dulu berapa budget yang mau kita keluarin. Nggak perlu memaksakan sama banget banget dengan foto inspirasi kamar yang kita save dari internet, masih ada beberapa opsi lain seperti DIY.

Where we can buy the stuff?

Store: IKEA, ACE HARDWARE, HOME DECOR, DAISO, MINISO.

Website: DEKORUMA, FABELIO,

Gimana, udah oke kan penampilan kamar baru kita? Supaya mood kita makin oke pas haid dan bebas worry, pake Softex Comfort 36 cm. Pembalut slim yang punya panjang 36cm ini oke banget dipake pas kita lagi banyak-banyaknya, plus wide backguardnya akan mencegah bocor bagian belakang bikin tidur kita lebih nyenyak dan nyaman di kamar baru. Dijamin nggak ada lagi deh bad mood waktu haid.


Foto: berbagai sumber

Related Articles

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.