Login

Email
Password


Mylife

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Ada yang bilang teman itu kayak keluarga yang kita pilih, makanya kalo nggak ada teman hidup berasa flat alias datar aja. Bayangin, kalo nggak ada teman, berarti nggak ada yang bisa kita ajak hangout, curhat atau pun doing fun or crazy things. 

 

GOOD FRIENDS ARE ALWAYS THERE FOR US... 

 

But at some cases, ada teman yang terlalu tergantung or clingy ke kita. Kalo kamu mulai ngerasa kita harus selalu ngejawab sms atau chat si teman, di-tag hampir puluhan foto dia di Path, dan dia bakal marah kalo kamu nggak komen or likes di Instagramnya. Or worse, dia sampe mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun, well then we may have an overly attached friends..... Gimana ngatasinnya?

 

HOW TO SPOT THEM

Selain tanda-tanda di atas, ada juga ciri-ciri lain tipikal teman yang overly attached ke kita, kayak gini nih: 

 

HOW TO DEAL WITH THEM

First, coba pikir-pikir dulu dengan tenang, apakah di balik kekurangannya itu, dia tetap worth it buat tetap dijadiin teman? 

 

Ask tough question for yourself: is this person a good fit in your life? 

 

Kalau iya, do these things:

Do an intervention a.k.a Serious Talk.

Ngomong langsung. Mungkin terdengar klise but believe us ini adalah cara yang paling susah dilakuin. Pasti awalnya kita akan sulit ngomong karena ngerasa nggak enak tapi kalo nggak gitu, baik kita maupun dia akan terus-terusan ngerasa kebeban. Kalo dia tersinggung pas kita intervensi, make sure bilang  kalo tujuan kita ajak ngomong seperti ini bukan berarti mau mengakhiri persahabatan. Tapi mencari alasan kenapa dia terlalu attached sama kita dan cari solusinya bareng-bareng. Bisa aja lho dia nggak ngerasa dia terlalu attached sama kita. 

Bantu dia untuk lebih independen.

Temen yang terlalu attached sama kita bisa jadi dia nggak kerasa pede untuk berhubungan dengan orang selain kita. Banyak alasannya, mungkin karena nggak cocok atau obrolannya nggak bisa masuk. Nah di sini kita bisa bantu dia untuk sama-sama cari teman baru, misalnya ajak dia untuk ikutan kegiatan yang punya interest sama. Sedikit demi sedikit biarkan dia mandiri tanpa perlu lagi ke-attached sama kita. 

Say No.

Overly attached friends cenderung needy. Apa-apa dia butuh pendapat kita untuk mutusin sesuatu. Kalo ada yang menurut kita kurang penting dan dia bisa ambil keputusan itu sendiri, say 'NO'. Bukan berarti kita bukan teman yang baik, justru sebaliknya.

 

Tapi kalau nggak, pelan-pelan lakukan hal ini:

Set some boundaries

Bisa mulai dengan kurangi porsi waktu ngumpul bareng dengan dia. Kalo biasanya kita hangout seminggu sekali tiap Sabtu, jadiin sebulan sekali. Kalo tiap hari chatting, kita bisa set waktu kapan bisa nge-chat karena kita juga butuh waktu "me time". Penting buat diingat, jangan nyembunyiin apapun dari teman seperti ini. If we say we want to hang out with other friends, say it! Jangan sampe clingy friend kita malah jadi miss-communication dan berujung permusuhan. We don't want another drama.

Ubah "kita" jadi "lo" dan "gue"

Kalau biasanya membahasakan diri dengan kata “kita”, ubah dengan cara memecahnya jadi “lo dan gue”. Secara psikologis, pemecahan kata itu akan bikin dia jadi terbiasa bahwa kalian bukan sebuah unit, melainkan dua individu yang beda. Siapapun yang dijauhi pasti ngerasa, apalagi teman atau sahabat kita sendiri. So, siapin alasan yang logis dan jelas, yang bakal susah didebat olehnya.

Friend Break

Kalo semua cara di atas nggak ngaruh, ini saatnya ambil batasan. Nggak semua teman bsia dicap "BFF forever", semakin bertambah dewasa prioritas kita pun juga berubah. Masing-masing akan ngelajanin path yang beda-beda jadi jangan terpaku sama masa lalu. Teman yang baik adalah teman yang ada di saat sama-sama saling membutuhkan, bukan saling ngandelin satu sama lain dan bikin kita nggak maju. 

A strong friendship doesn't need daily conversation, doesn't always need togetherness. As long as the relationship lives in the heart, true friends will never part... 

 


Sumber foto : Shutterstock

Related Articles

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

Share Article To

Leave a Comment
2 comments
You must be logged in to post a comment.

Erlina


Oct 20, 2018 22:06 PM

Erlina


Thx info dan tipsnya

Oct 20, 2018 22:06 PM