Login

Email
Password


Mylife

CARA NGATASIN RASA INSECURE DALAM BERPACARAN

29 Agustus 2018

Dikit-dikit curiga pacar bakal selingkuh, dikit-dikit ngambek pas dia pergi sama temen-temennya. Pernah ngalamin hal kayak gini? Wah, bisa jadi tandanya kamu insecure berat nih sama pacar.

Perasaan cemas atau insecure dalam pacaran sebenernya wajar, karena pada dasarnya menjaga hubungan antara kita dan pacar itu susah-susah gampang. Rasa insecure juga rentan dialami kalo kita punya trauma kekecewaan sama hubungan sebelumnya.

Tapi jadi salah kalo kita terus-terusan memupuk rasa insecure, dan jadi berlebihan. Menurut psikolog khusus OCD, Dr Stephen Brodsky, insecure berlebihan tergolong sebagai gangguan psikologis yang disebut relationship obsessive-compulsive disorder (ROCD). Soalnya, hal ini timbul dari rasa nggak nyaman dan pikirian yang berulang-ulang, bikin seseorang  ngelakuin hal-hal tertentu (mostly impulsive and negative) untuk membuatnya reda.

Sadar atau nggak, rasa insecure kadang datang dari kelakuan kita sendiri. Jadi untuk menguranginya, kita juga harus terbiasa melakukan 5 hal berikut sampai benar-benar terbiasa!

 

NGGAK PERLU NGECEK SMARTPHONE DIA TIAP WAKTU

Gara-gara penasaran dan takut, kita jadi punya hasrat besar buat cek setiap aktivitas yang ada di hapenya. Terakhir chat sama siapa, abis nge-like foto cewek apa nggak di Instagram, we are totally become a police for him. Padahal walaupun diizinin, terus-terusan menginvasi privasi pacar juga bakal bikin kita capek pikiran. Kita selalu mencari bukti untuk ketakutan dan dugaan kita sendiri. Toh dugaan kitapun selalu berakhir salah kan? Daripada memancing emosi dan bikin pacar kabur, kurangin rasa ‘kepo’ untuk tau urusan yang ada di smartphone-nya dengan bertahap, mulai dari satu minggu, satu bulan, sampai kamu terbiasa melepas dugaan-dugaan ini.

 

KASIH DIA KESEMPATAN UNTUK BERSOSIALISASI SAMA TEMAN-TEMANNYA

Ngerasa gelisah karena dia ada janji hangout bareng temen-temennya? Kenapa harus setakut itu? Menurut Psychology Today, salah satu alasan kita insecure adalah rasa kurang percaya terhadap pacar. Kalo kita susah percaya pacar nggak akan macem-macem saat lagi nggak sama kita, kayaknya perlu diteliti lagi deh, it’s just our feeling or the relationship as a whole? Kita juga bisa cari kesibukkan untuk meredakan rasa insecure tersebut, misalnya girls night out bareng sahabat, pergi ke salon, atau bahkan ngobrol bareng Papa Mama yang selama ini jarang ketemu karena super sibuk.

 

BICARAKAN PERASAAN INSECURE KITA KE PACAR

Kalo selama ini kita menghindar karena takut ribut tapi di rasa insecure nggak kunjung reda, berarti udah saatnya kita dan pacar duduk bareng dan omongin apa yang selama ini kita rasakan terhadap dia. Awalnya emang bakal ngerasa aneh dan sedikit emosi, tapi kalo dibicarain dengan cara baik-baik dan masih sama-sama sayang, kita dan pacar pasti bakal nemuin solusi terbaik supaya hubungan ini masih tetap bisa berjalan .

 

HE’S NOT YOUR EX, SO GIVE HIM CHANCES

Kita mungkin trauma sama hubungan di masa lalu dan nggak pengen kejadian itu terulang lagi. But hey, we are dating a different guy right? Nggak semua cowok akan ngelakun hal sama kayak yang pernah kita alamin. Kecuali... kalo kita adalah faktor penyebabnya.

 

Ketika kita udah memulai hubungan barusama orang lain, jangan pernah langsung berpatokan kalo pacar bakal melakukan hal yang sama ke kita. Tujuan mencari yang baru pastinya untuk memulai hubungan baru yang lebih baik kan? Kalo kita terus-terusan insecure karena terjebak perasaan trauma masa lalu, bisa jadi sebenernya kita yang belum siap sama hubungan baru. Nggak heran kita putus melulu karena selalu membandingkan hubungan baru dengan masa lalu.

 

JANGAN GANTUNGKAN KEBAHAGIAAN KITA KE PACAR

Ini nih yang paling penting, dan selalu jadi alasan umum kenapa kita selalu ngerasa insecure. Rasa takut kehilangan pasti bikin kita cemas berlebihan, ngerasa kalo kita nggak bakal bisa hidup tanpanya. Pacar emang ada untuk bikin hari-hari kita berwarna, tapi bukan berarti kita jadi bergantung banget. Self love jadi hal yang penting banget buat menghindari kasus ini, kita jadi nggak perlu bergantung sama orang yang mencintai kita. Because happiness is start with ourself, not with a relatioship with our significant others.


Foto: Shutterstock

Related Articles

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.