Login

Email
Password


Mylife

5 PRINSIP SEDERHANA BUAT MENCINTAI DIRI SENDIRI

28 Agustus 2018

Buat sebagian orang, mencintai diri sendiri justru lebih susah daripada mencintai orang lain. Takut dibilang narsis, egois, atau nggak peduli sama orang lain. Padahal kalo dipikir lagi, orang terdekat yang paling bisa diandalkan dalam keadaan apapun ya diri kita sendiri. Takut terkesan lebay? Ada banyak kok cara simple yang bisa kita lakukan untuk memupuk rasa cinta pada diri sendiri!

 

CARI TAU APA KELEBIHAN KITA

Salah satu faktor yang bikin kita susah buat mencintai diri sendiri adalah karena terlalu fokus sama hal-hal jelek di diri kita. Nggak pede karena wajah jerawatan, insecure dan takut gagal buat masuk ke kampus impian, sampe rela ngelewatin kesempatan bagus buat jadi ketua pensi hanya karena takut buat nyoba. Padahal, semakin kita fokus sama hal yang kita nggak suka dari diri justru makin bikin kita percaya sama hal-hal jelek yang kita pikirkan. It will grow inside us.

Perlu diinget kalo segala sesuatu yang kita jalanin berasal dari pikiran dan apa yang kita percaya. Coba untuk mikir positif dan mulai cari tahu apa kelebihan kita sendiri. We will realize how amazing we already are. Dengan begitu, kita jadi tau kalo diri kita punya value yang besar.

 

LAKUKAN SESUATU YANG KITA SUKA LEBIH SERING

Setiap orang pasti punya suatu hal yang paling disuka. Mau itu fotografi, menggambar, mix and match outfit, semua hal yang disuka pasti bikin kita tergerak untuk menjadi lebih jago lagi. Coba untuk bikin list tentang hal yang kita merasa cukup jago untuk melakukannya, dan selalu sisihkan waktu untuk melakukan hobi kita itu berulang-ulang kali. Karena untuk jadi sesuatu yang bisa dibanggain emang butuh waktu, jadi jangan buang kesempatan kita cuma buat scrolling feed Instagram di atas kasur atau pas lagi bosen. Because loving ourself isn’t a one time thing, but an endless process that starts with realizing our values.

 

TANTANG DIRI KITA MELAKUKAN HAL DI LUAR KEBIASAAN

Self love bukan berarti selalu ngebiarin diri kita bermanja-manja di comfort zone. Justru kita harus selalu tertantang mencoba hal baru untuk jadi orang yang lebih baik lagi. Dapet tawaran nyoba ambil beasiswa di luar negeri? Go ahead. Dapet kepercayaan untuk dekor ultah sepupu karena kita dikenal jago desain dan arrange acara? Do it! Jalanin semua tantangan dengan keyakinan kalo kita bisa melakukannya. Bukan 50, 80, tapi 100% yakin.

Selain itu, kalo selama ini kita bergantung sama pendapat orang lain dalam memutuskan sesuatu, start to trust our own guts. Ambil keputusan kita sendiri, latih pemikiran kita sama kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi.

Percaya deh, kalo kita yakin bisa bertahan di luar comfort zone, semesta pun bakal mendukung kelancarannya. Kalopun gagal jangan malah nyerah, jadikan pengalaman ini sebagai pelajaran untuk coba dan coba lagi.

 

BERANI BILANG ‘NGGAK’ UNTUK HAL YANG KITA NGGAK SUKA

Karena rasa nggak enakan sama orang lain, susah banget buat nolak hal yang sebenernya bertentangan sama batin kita. Misalnya, temen ngajak hangout sampe malem pas kita lagi kurang tidur dan butuh istirahat banget. Tapi karena ngerasa nggak enak dan fear of missing out, kita mengiyakan ajakan tersebut. Begitu udah drop, kita sendiri yang ngerasain gimana nggak enaknya badan yang lagi nggak fit. Well, jangan kejam-kejam amat lah sama badan sendiri. Bilang ‘nggak’ ke orang lain saat kita lagi nggak mau atau nggak bisa bukan hal yang salah kok. Justru kalo temen yang baik, mereka nggak akan maksa dan ngerti atas pilihan kamu.

 

KURANGI MEMBANDINGKAN DIRI DENGAN ORANG LAIN

Saat kita fokus ngebandingin diri kita sama orang lain, goals kita adalah menjadi orang lain, tanpa tau apa kapasitas yang kita punya. Kita jadi gampang down saat orang yang kita bandingkan lebih sukses, jadi kesel karena kita nggak bisa ngedapetin achievement yang sama seperti yang dia lakukan.

 

It’s okay to have a role model, but don’t extremely compare ourself to them. Karena biar bagaimanapun, ngebandingin diri sendiri dengan orang lain sampe ingin sama persis adalah hal yang nggak adil buat diri kita. Perlu diinget kalo cara tiap orang untuk sukses pun berbeda, dan kita nggak tau struggles yang mereka hadapi sampe jadi kayak sekarang. And one more thing, be grateful for what we have now. Ketika kita melatih pikiran untuk menghargai diri sendiri dan bersyukur, kita bakal sadar kalo diri kita sendiri udah sangat cukup, we have our own path and we will create our own battle.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.